Menu

5 Jurusan dari Pendidikan Vokasi yang Lulusannya Banyak Dicari di Dunia Kerja

Hayoo... Siapa disini yang masih bingung antara mau masuk pendidikan vokasi atau nggak? Well, kalau kamu masih bingung antara mau masuk pendidikan vokasi atau nggak, coba deh baca dulu artikel yang ini 5 Kelebihan Memilih Pendidikan Vokasional yang Harus Kamu Ketahui. Dengan membaca artikel tersebut, kamu akan jadi tahu, nih, apa saja, sih, kelebihan dari pendidikan vokasi sehingga kamu memiliki preferensi untuk menentukan pilihanmu.

Nah, buat kamu yang sudah menetapkan pilihan untuk memilih pendidikan vokasi sebagai pendidikan lanjutanmu, selamat! Kamu sudah menetapkan tujuanmu untuk beberapa tahun ke depan! Untuk membuatmu lebih yakin dengan pilihanmu, kamu harus tahu bahwa lulusan pendidikan vokasi pun banyak dicari oleh perusahaan, lho. Artinya, kalau kamu lulus dari pendidikan vokasi, kamu pun punya daya saing yang sama dengan lulusan pendidikan sarjana.

Kamu tahu nggak, ada beberapa lulusan jurusan tertentu dari pendidikan vokasi yang sering dicari oleh berbagai perusahaan, lho. Penasaran? Cek dulu, yuk, lulusan jurusan apa saja yang sering dicari oleh perusahaan di artikel berikut!

1.  Penyiaran (Broadcasting) 

Jurusan Broadcasting a.k.a Jurusan Penyiaran sebenarnya masuk ke dalam bidang komunikasi. Hal yang dipelajari dalam jurusan penyiaran ini masiih berhubungan tentang komunikasi, namun, komunikasi yang digunakan ialah komunikasi melalui media massa elektronik seperti televisi, radio dan internet.

Kamu akan mempelajari banyak hal disini, gaes, diantaranya yaitu keahlian dan keilmuan. Untuk keahlian, kamu akan mempelajari tentang dasar-dasar presenting dan wawacara, teknik vocal dasar untuk menunjang presenting televisi dan radio, teknik kamera (video) dasar, teknik editing gambar dasar, teknik produksi dan editing audio (radio) dasar, pengenalan operasi master control room televisi dan sebagainya.

Nah, kalau untuk pengetahuan atau hal-hal teoritis, kamu akan mempelajari dasar-dasar ilmu komunikasi. Membuat konsep program televisi dan radio. Riset dan marketing televisi dan radio, pengembangan industri penyiaran, peraturan seputar penyiaran, teknologi yang digunakan dalam industri penyiaran, dasar-dasar jurnalistik dan sebagainya.

Kalau kamu masuk jurusan vokasi yang satu ini, kamu tentunya memiliki prospek kerja yang cemerlang, nih, gaes! Setelah lulus, kamu bisa bekerja menjadi Penyiar Berita , Produser Konten Kreatif (TV), Floor Director, Produser Konten Kreatif (TV), Penyiar Televisi/Presenter/Pembawa Acara, Pengarah Musik Radio, Editor (Artikel/Tulisan), Editor Film dan Video dan masih banyak lagi!

Kalau begitu, kampus apa saja, sih, yang menyediakan jurusan yang satu ini untuk jenjang vokasi? Kampus-kampus tersebut adalah:

2. Pariwisata 

Tahu kah kamu, lulusan vokasi jurusan pariwisata pun banyak dicari oleh berbagai perusahaan, lho. Kenapa seperti itu? Karena, jumlah tenaga ahli yang ada pada saat ini, nggak berimbang dengan potensi pariwisata yang ada di Indonesia. Selain itu, banyaknya orang yang membangun hotel, restaurant, tempat wisata dan sebagainya, mengakibatkan melonjaknya permintaan terhadap tenaga ahli untuk mengatur hal tersebut.

Di vokasi jurusan pariwisata, kamu akan mempelajari banyak hal, nih, gaes, diantaranya kamu akan belajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan pariwisata seperti manajemen destinasi, tour and travel dan perhotelan. Lebih tepatnya, kamu akan mempelajari hal-hal seperti sistem informasi pariwisata, geografi pariwisata nasional, manajemen seni pertunjukkan, manajemen pengolahan makanan dan minuman, MICE (mengatur meeting, Incentive, Conference dan Exhibition) dan masih banyak lagi!

Kalau kamu masuk jurusan vokasi yang satu ini, kamu tentunya memiliki prospek kerja yang cemerlang, nih, gaes! Setelah lulus, kamu bisa bekerja menjadi Pemandu Wisata, Perencana Meeting, Convention dan Acara, Barista , Pemandu Tur, Agen Perjalanan, Chef dan Kepala Koki (Chef and Head Cook), Baker (Pembuat Roti), Manajer Pusat Rekreasi dan sebagainya

Kalau begitu, kampus apa saja, sih, yang menyediakan jurusan yang satu ini untuk jenjang vokasi? Kampus-kampus tersebut adalah:

3. Administrasi Perkantoran (Kesekretariatan) 

Yap, jurusan sekretaris atau bisa juga disebut sebagai jurusan administrasi perkantoran merupakan jurusan yang lulusannya banyak dicari, lho. Kenapa, sih, kok, lulusan jurusan yang satu ini banyak dicari, ya? Jawabannya karena setiap perusahaan baik itu perusahaan kecil maupun perusahaan besar, pasti membutuhkan seseorang yang dapat mengurus berkas-berkas atau mengurus keperluan-keperluan dari atasan suatu kantor atau perusahaan.

Dengan masuk ke vokasi jurusan administrasi kantor atau kesektariatan, kamu akan mempelajari banyak hal, nih, gaes, diantaranya adalah belajar tentang azas managemen, stenografi, manajemen perkantoran, praktek komputer, teknik penulisan laporan, manajemen kearsipan dan masih banyak lagi.

Kalau kamu masuk jurusan vokasi yang satu ini, kamu tentunya memiliki prospek kerja yang cemerlang, nih, gaes! Setelah lulus, kamu bisa bekerja menjadi seorang Petugas Hakim Hukum Administratif, Juri, dan Sidang, Sekretaris Legal, Administrasi, Sekretaris Eksekutif, General Affairs, Pegawai Yudisial , Asisten Legal dan Paralegal dan sebagainya

Kalau begitu, kampus apa saja, sih, yang menyediakan jurusan yang satu ini untuk jenjang vokasi? Kampus-kampus tersebut adalah:

4. Hubungan Masyarakat 

Jurusan Hubungan Masyarakat atau Public Relation, sering juga disingkat menjadi jurusan Humas atau PR. Jurusan yang satu ini akan mengajarkan mahasiswanya bagaimana membentuk serta memelihara citra suatu organisasi atau perusahaan di tengah masyarakat. Nah, dengan begitu, kamu akan terbiasa untuk berkomunikasi dan menjadi penghubung antara perusahaan dan juga sasaran dari perusahaan seperti investor, masyarakat, pemerintah dan sebagainya.

Kalau kamu masuk ke vokasi jurusan hubungan masyarakat, kamu akan mempelajari hal-hal seperti pengantar ilmu komunikasi, psikologi komunikasi, teori komunikasi, manajemen humas, marketing public relation, teknik MC dan protokoler, hubungan media, lobby dan negosiasi dan masih banyak lagi.

Kalau kamu masuk jurusan vokasi yang satu ini, kamu tentunya memiliki prospek kerja yang cemerlang, nih, gaes! Setelah lulus, kamu bisa bekerja di bidang event organizer, konsultan kehumasan, MC, pegawai pemerintah, organisasi atau perusahaan yang membutuhkan humas dan sebagainya.

Kalau begitu, kampus apa saja, sih, yang menyediakan jurusan yang satu ini untuk jenjang vokasi? Kampus-kampus tersebut adalah:

5. Administrasi Fiskal (Perpajakan) 

Pendidikan vokasi jurusan perpajakan pun menjadi jurusan yang dimana para lulusannya banyak dicari oleh perusahaan, lho. Kenapa, sih, kok lulusan jurusan perpajakan banyak dicari oleh perusahaan? Karena, apapun perusahaannya, pasti, membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan dalam mengatur pajak yang harus dibayar oleh perusahaan tersebut.

Kalau kamu masuk ke pendidikan vokasi jurusan perpajakan, kamu tentunya akan belajar tentang banyak hal seperti ketentuan umum dan tata cara perpajakan (KUP), PBB, bea materai dan BPHTB, akuntansi pajak, akuntansi pajak, menghitung PPh dan masih banyak lagi.

Kalau kamu masuk jurusan yang satu ini, kamu bisa banget bekerja di instansi pemerintahan dan berbagai perusahaan lainnya karena semua perusahaan pasti memiliki pajak yang perlu mereka atur. Nah, pastinya, kalau kamu masuk pendidikan vokasi perpajakan, kamu mampu dalam mengurus hal-hal seperti ini.

Kalau begitu, kampus apa saja, sih, yang menyediakan jurusan yang satu ini untuk jenjang vokasi? Kampus-kampus tersebut adalah:

***

Nah, dari kelima jurusan dari pendidikan vokasi di atas, adakah salah satunya yang menarik minatmu, gaes?

Baca juga:

(Sumber gambar: rebeccajones.biz)

LATEST COMMENT
Genius Revanza | 17 jam yang lalu

Wahhhh bagus ni kak artikel nya next sma sama smk kak hehe

5 Kemampuan yang Sama-Sama Dimiliki Anak IPA dan IPS
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©