Arm-Chair

Manajer Fasilitas

Manajemen dan Bisnis


  • Gaji rata-rata

    7.7jt - 11.6jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Manajer Fasilitas?

Mengatur dan memastikan fasilitas dan gedung tempat kerja dapat memenuhi kebutuhan karyawan. Manajer fasilitas juga memastikan bahwa suatu perusahaan memiliki tempat kerja yang nyaman dan aman bagi karyawannya

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

7.7jt - 11.6jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Manajer Fasilitas
Facility Manager
Building Manager
Manajer Gedung
Facility Operations and Maintanance Manager

Tugas Manajer Fasilitas

Mengatur alokasi dan utilitas ruangan serta sumber daya di gedung baru atau mereoganisir gedung yang sedang ditempati
Mengatur dan memimpin perubahan fasilitas atau gedung di perusahaan untuk meminimalisir gangguan terhadap aktivitas perusahaan
Mengarahkan, mengatur, dan merencanakan berbagai layanan pendukung perusahaan seperti resepsionis, keamanan, pemeliharaan, surat, fungsi penyimpanan, pembersihan, pengaturan sampah dan daur ulang
Memastikan bahwa gedung  dan fasilitas perusahaan mematuhi persyaratan kesehatan dan keamanan

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Pembangunan dan Konstruksi

Pengetahuan tentang material, metode, dan peralatan konstruksi atau perbaikan rumah, bangunan, serta struktur lainnya, seperti jalan raya.

Personil dan Sumber Daya Manusia

Pengetahuan tentang prinsip dan prosedur dalam merekrut personil, seleksi, pelatihan, kompensasi dan keuntungan, hubungan pekerja dan negosiasi, serta sistem informasi personil.

Keselamatan dan Keamanan Publik

Pengetahuan tentang peralatan, kebijakan, prosedur, dan strategi yang relevan untuk mendukung operasi razia/patroli yang efektif bagi keamanan lokal, provinsi, dan nasional, serta melindungi orang, data, properti, dan institusi.

Keterampilan

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Perawatan Peralatan

Melakukan perawatan peralatan rutin dan menentukan kapan dan perawatan seperti apa yang diperlukan.

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Memantau

Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.

Evaluasi Sistem

Mengidentifikasi langkah atau indikator kinerja sistem dan tindakan yang dibutuhkan untuk mengembangkan atau memperbaiki kinerja, relatif terhadap tujuan sistem.

Kemampuan

  • 1

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 2

    Orientasi Spasial - Kemampuan untuk mengetahui lokasi anda dalam kaitannya dengan lingkungan atau, untuk mengetahui di mana benda-benda lain dalam kaitannya dengan anda.

  • 3

    Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan ke sekeliling atau ketika bagian-bagiannya dipindahkan atau diatur ulang.

Diskusi terkait profesi Manajer Fasilitas

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1