Arm-Chair

Barista

Perhotelan, Pariwisata dan Event


  • Gaji rata-rata

    2.3jt - 4.9jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Barista ?

Mempersiapkan atau menyajikan minuman berbasis kopi serta minuman lain seperti espresso, latte, cappucino dan minuman lainnya dengan teknik dan keahlian khusus dalam membuat kopi. Dapat membuat dan mempersiapkan kopi secara manual (manual brewing) atau menggunakan mesin pembuat espresso. Menyajikan menu makanan yang tersedia.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

2.3jt - 4.9jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Barista
Manajer Barista
Peracik Kopi
Koki Kopi

Tugas Barista

Mengolah dan menyajikan minuman panas atau dingin berbasis kopi
Memasang, menggunakan dan merawat mesin kopi dan perlengkapan lainnya
Menjaga kebersihan pada area kerja, peralatan, atau perlengkapan
Menggunakan teknik-teknik dan keahlian khusus dalam menyajikan kopi untuk mejaga karakter dari jenis kopi Teknik-teknik seperti tamping, steaming dan manual brewing
Menjelaskan jenis dan karakter kopi, termasuk menu lainnya untuk pelanggan atau menyarankan produk yang mungkin menarik bagi mereka Maka, barista perlu memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai kopi
Menerima pembayaran pelanggan

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Penjualan dan Pemasaran

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Orientasi Melayani

Secara aktif mencari cara yang tepat untuk membantu orang lain.

Kepekaan Sosial

Menyadari reaksi orang lain, kemudian memahami mengapa mereka bertindak seperti itu.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Kemampuan

  • 1

    Kestabilan Lengan dan Tangan - Kemampuan untuk menjaga tangan dan lengan tetap stabil ketika lengan bergerak atau ketika memegang lengan dan tangan dalam satu posisi.

  • 2

    Penglihatan Jarak Dekat - Kemampuan untuk melihat detil dalam jarak dekat (jarak beberapa kaki dari objek).

  • 3

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 4

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 5

    Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan

  • 6

    Pemahaman Pembicaraan - Kemampuan untuk mengidentifikasi dan memahami pembicaraan orang lain.

Diskusi terkait profesi Barista

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1