Arm-Chair

Desainer Visual Efek

Seni dan Desain


  • Gaji rata-rata

    4jt - 7jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Desainer Visual Efek?

Visual effects designer bertugas membuat special effects untuk kebutuhan industri kreatif seperti film, acara televisi, iklan, music video hingga video games. Visual effects designer biasanya bekerja di post-produksi dalam industri kreatif namun terkadang juga harus bekerja di saat pre-produksi yaitu melihat script dimana seorang VFX Designer harus menempatkan effect, berdiskusi dengan tim lightning, set designer, costume designer, dan lainnya.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

4jt - 7jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

VFX artist
Special Effects Designer
animator
concept artist
digital preparation
vfx producer
technical director
VFX supervisor
lead compositor
senior CG
Digital Artist
Roto Department

Tugas Desainer Visual Efek

Ikut dalam proses pre-produksi, yang bertujuan untuk melihat kondisi set yang digunakan sehingga seorang VFX Designer bisa memperkirakan  atau mengkalkulasi efek/motion graphic yang akan diimplementasikan
Berdiskusi dengan department head dan tim desain lain mengenai gambaran efek apa yang akan digunakan
Harus memastikan bahwa efek visual yang dikerjakan dalam post-produksi tereksekusi dengan baik sehingga terlihat real dan rapih di mata penonton
Mengatur cahaya, warna dan efek visual untuk memastikan efek tersebut menyatu dengan scene yang di edit
Dalam bidang advertising/branding akan sangat mungkin untuk membuat efek/motion graphic yang bertujuan membangun sebuah nama dan menciptakan brand image

Pengetahuan

Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

Desain

Pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar dan model.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Gradasi Warna

Mengetahui perkembangan/perubahan 2 atau lebih warna yang berbeda

Keterampilan

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Kreatif

Kemampuan berimajinasi dan menciptakan ide-ide orisinil terutama terkait pekerjaan yang bersifat artistik.

Kemampuan

  • 1

    Kelancaran Ide - Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide adalah yang terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas).

  • 2

    Kecepatan Persepsi - Kemampuan secara cepat dan akurat membandingkan persamaan dan perbedaan dari seperangkat huruf, angka, objek, gambar, dan pola. Hal yang dibandingkan dapat disajikan dalam waktu yang bersamaan maupun bergiliran. Kemampuan ini juga termasuk membandingkan objek yang disajikan dengan objek yang diingat.

  • 3

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 4

    Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan ke sekeliling atau ketika bagian-bagiannya dipindahkan atau diatur ulang.

Diskusi terkait profesi Desainer Visual Efek

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1