Arm-Chair

Seniman, Termasuk Pelukis, Pemahat, dan Illustrator

Seni dan Desain


  • Gaji rata-rata

    3.5jt - 7.7jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Seniman, Termasuk Pelukis, Pemahat, dan Illustrator?

Seorang seniman menciptakan karya seni orisinil, dengan menggunakan berbagai media dan teknik. Dalam membuat karya, seorang seniman harus memiliki gaya atau ciri khas tertentu. Seorang seniman bisa bertindak sebagai pengusaha ketika dia memasarkan dan menjual karyanya sendiri, tapi dia juga bisa menyerahkan urusan bisnisnya kepada orang lain.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

3.5jt - 7.7jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Seniman
Seniman Murni
Illustrator
Pelukis
Pemahat
Pelaku Seni

Tugas Seniman, Termasuk Pelukis, Pemahat, dan Illustrator

Mencari ide, termasuk melakukan riset, sebelum membuat karya
Menggunakan berbagai material—seperti pena dan tinta, cat warna, arang, cat minyak, pahatan, kayu, besi, software komputer, dan sebagainya—untuk menciptakan karya seni
Mengintegrasikan dan mengembangkan elemen-elemen visual—seperti garis, ruang, massa, warna, dan perspektif—untuk menciptakan efek yang diinginkan, seperti ilustrasi ide, emosi, atau suasana hati
Berunding dengan klien, editor, penulis, sutradara seni, dan berbagai pihak lain yang tertarik dengan karyanya, mengenai bentuk dan nuansa karya seni yang dia ciptakan
Saat membuat karya seni "pesanan", dalam prosesnya, seorang seniman perlu berunding dengan kliennya untuk meminta persetujuan, lalu melakukan perubahan jika diperlukan
Saat membuat karya seni sendiri, setelah sudah selesai, seorang seniman perlu aktif mempromosikan karyanya lalu menegosiasikan harganya dengan pihak-pihak yang berminat
Membuat portfolio yang terdiri dari karya-karya seninya, untuk mewakili gaya, minat, dan skill seni sang seniman
 

Pengetahuan

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Desain

Pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar dan model.

Penjualan dan Pemasaran

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.

Seni Murni

Pengetahuan tentang teori dan teknik yang dibutuhkan untuk menciptakan, memproduksi, dan melakukan karya musik, tarian, seni visual, drama, dan pahatan.

Keterampilan

Aktif Belajar

Memahami implikasi dari informasi baru untuk dasar pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah sekarang maupun masa datang.

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Kreatif

Kemampuan berimajinasi dan menciptakan ide-ide orisinil terutama terkait pekerjaan yang bersifat artistik.

Kemampuan

  • 1

    Kestabilan Lengan dan Tangan - Kemampuan untuk menjaga tangan dan lengan tetap stabil ketika lengan bergerak atau ketika memegang lengan dan tangan dalam satu posisi.

  • 2

    Kelancaran Ide - Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide adalah yang terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas).

  • 3

    Ketangkasan Manual - Kemampuan dengan cepat memindahkan tangan, tangan dan lengan secara bersamaan, atau kedua tangan untuk menggenggam, memanipulasi, dan memasang objek.

  • 4

    Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan ke sekeliling atau ketika bagian-bagiannya dipindahkan atau diatur ulang.

  • 5

    Orisinalitas - Kemampuan untuk mendatangkan ide-ide yang tidak biasa atau ide cemerlang terhadap topik atau situasi yang diberikan, atau untuk mengembangkan cara-cara kreatif dalam memecahkan masalah.

Diskusi terkait profesi Seniman, Termasuk Pelukis, Pemahat, dan Illustrator

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1