5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Jurusan Animasi

Industri animasi semakin berkembang dengan maraknya film dan tayangan animasi. Peluang sebagai animator kian terbuka lebar. Apakah kamu tertarik menjadi mahasiswa program studi Animasi/DKV Animasi‍? Kenali dulu seputar jurusan Animasi di Indonesia di artikel ini, gaes.

Mata kuliah yang akan kamu temui

Selama di jurusan Animasi kamu akan menemui mata kuliah yang pastinya berhubungan dengan gambar. Mata kuliah Penulisan Cerita membekali mahasiswa untuk merancang alur cerita dari suatu animasi. Supaya unik, cerita harus ada karakternya, dong. Nah, mahasiswa animasi akan belajar membuat karakter yang unik melalui mata kuliah Character Design. Sementara untuk konsep dan teknik pembuatan animasi bisa dipelajari dari mata kuliah Animasi 2D dan Animasi 3D.

Oh iya, untuk animasi 3D, mahasiswa Animasi akan berhubungan dengan konsep-konsep pemodelan. Pemodelan ini membutuhkan kemampuan hitung-hitungan dan kemampuan bangun ruang, gaes. Jadi, masih ketemu Matematika.

Disney style

Ada empat style yang jadi kiblat di dunia animasi yaitu Disney, Marvel, Anime, dan Europe. Animasi Indonesia sampai saat ini masih belum memiliki style-nya sendiri. Kalau kamu yang suka serba Jepang, pasti kamu lebih familiar dengan Anime. Nah, untuk perkuliahan di jurusan Animasi sebenarnya lebih banyak berkiblat pada Disney style.

Tapi, bukan berarti gaya gambar anime yang kamu punya langsung dibuang ya, gaes. Mungkin nantinya kamu bisa mengembangkan dan mengkolaborasikan gayamu dengan gaya Disney.

Menggambar dengan berbagai perangkat

Ada orang yang suka gambar tapi cuma mau gambar di kertas. Apakah kamu termasuk orang ini? Kalau iya, sebaiknya kamu pikir-pikir lagi niatmu untuk masuk jurusan Animasi. Kuliah di jurusan Animasi nggak cukup skill jago menggambar, tapi  menggambar dengan tools, alias berbagai perangkat.

Mahasiswa Animasi biasanya memakai software Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Autodesk, dan lainnya. Mahasiswa Animasi juga akrab dengan pen tablet untuk media menggambar.

Jurusan Animasi di beberapa perguruan tinggi

Di Indonesia, keabanyakan studi Animasi jadi satu di jurusan Desain Komunikasi Visual, seperti di Institut Teknologi Bandung dan Universitas Sebelas Maret. Mahasiswa DKV yang memiliki minat di animasi bisa memilih jalur minat Multimedia saat semester 6.

Kampus lain yang memiliki program studi animasi antara lain D3 Animasi di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, S1 DKV Animasi Universitas Bina Nusantara, dan S1 Film dan Animasi di Universitas Multimedia Nusantara.

Prospek karir jurusan Animasi

Yang pasti, tujuan perkuliahan dari jurusan Animasi adalah menciptakan animator. Lingkup kerja animator sendiri sekarang sudah luas karena teknologi digital yang semakin berkembang.

Selain bekerja di industri perfilman, animator juga dibutuhkan di industri periklanan. Lihat aja tuh iklan-iklan di TV, hampir semuanya memakai animasi, 'kan? Animator juga diperlukan di industri broadcasting, seperti jadi Desainer Visual Efek gaes. Kamu yang berminat menjadi animator dan suka main game, juga bisa banget untuk terjun ke animasi game, lho.

Tertarik masuk jurusan Animasi?

(sumber gambar : marionettestudio.com, pinterest.com, imgur.com, vsbattles.wikia.com, fiesta.city, animasi.isi.ac.id, koreatimesus.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 23 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1