5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Jurusan Animasi

Industri animasi semakin berkembang dengan maraknya film dan tayangan animasi. Peluang sebagai animator kian terbuka lebar. Apakah kamu tertarik menjadi mahasiswa program studi Animasi/DKV Animasi‍? Kenali dulu seputar jurusan Animasi di Indonesia di artikel ini, gaes.

Mata kuliah yang akan kamu temui

Selama di jurusan Animasi kamu akan menemui mata kuliah yang pastinya berhubungan dengan gambar. Mata kuliah Penulisan Cerita membekali mahasiswa untuk merancang alur cerita dari suatu animasi. Supaya unik, cerita harus ada karakternya, dong. Nah, mahasiswa animasi akan belajar membuat karakter yang unik melalui mata kuliah Character Design. Sementara untuk konsep dan teknik pembuatan animasi bisa dipelajari dari mata kuliah Animasi 2D dan Animasi 3D.

Oh iya, untuk animasi 3D, mahasiswa Animasi akan berhubungan dengan konsep-konsep pemodelan. Pemodelan ini membutuhkan kemampuan hitung-hitungan dan kemampuan bangun ruang, gaes. Jadi, masih ketemu Matematika.

Disney style

Ada empat style yang jadi kiblat di dunia animasi yaitu Disney, Marvel, Anime, dan Europe. Animasi Indonesia sampai saat ini masih belum memiliki style-nya sendiri. Kalau kamu yang suka serba Jepang, pasti kamu lebih familiar dengan Anime. Nah, untuk perkuliahan di jurusan Animasi sebenarnya lebih banyak berkiblat pada Disney style.

Tapi, bukan berarti gaya gambar anime yang kamu punya langsung dibuang ya, gaes. Mungkin nantinya kamu bisa mengembangkan dan mengkolaborasikan gayamu dengan gaya Disney.

Menggambar dengan berbagai perangkat

Ada orang yang suka gambar tapi cuma mau gambar di kertas. Apakah kamu termasuk orang ini? Kalau iya, sebaiknya kamu pikir-pikir lagi niatmu untuk masuk jurusan Animasi. Kuliah di jurusan Animasi nggak cukup skill jago menggambar, tapi  menggambar dengan tools, alias berbagai perangkat.

Mahasiswa Animasi biasanya memakai software Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Autodesk, dan lainnya. Mahasiswa Animasi juga akrab dengan pen tablet untuk media menggambar.

Jurusan Animasi di beberapa perguruan tinggi

Di Indonesia, keabanyakan studi Animasi jadi satu di jurusan Desain Komunikasi Visual, seperti di Institut Teknologi Bandung dan Universitas Sebelas Maret. Mahasiswa DKV yang memiliki minat di animasi bisa memilih jalur minat Multimedia saat semester 6.

Kampus lain yang memiliki program studi animasi antara lain D3 Animasi di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, S1 DKV Animasi Universitas Bina Nusantara, dan S1 Film dan Animasi di Universitas Multimedia Nusantara.

Prospek karir jurusan Animasi

Yang pasti, tujuan perkuliahan dari jurusan Animasi adalah menciptakan animator. Lingkup kerja animator sendiri sekarang sudah luas karena teknologi digital yang semakin berkembang.

Selain bekerja di industri perfilman, animator juga dibutuhkan di industri periklanan. Lihat aja tuh iklan-iklan di TV, hampir semuanya memakai animasi, 'kan? Animator juga diperlukan di industri broadcasting, seperti jadi Desainer Visual Efek gaes. Kamu yang berminat menjadi animator dan suka main game, juga bisa banget untuk terjun ke animasi game, lho.

Tertarik masuk jurusan Animasi?

(sumber gambar : marionettestudio.com, pinterest.com, imgur.com, vsbattles.wikia.com, fiesta.city, animasi.isi.ac.id, koreatimesus.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Sasi Kirana Zahrani | 1 bulan yang lalu

izin bertanya kak,, kira" Prodi" yang akan kita pelajari di okupansi terapi apa" ajah ya ka? terus masuk okupansi terapi UI tu minimal snbp nya berapa ya kak atau kalau utbk nilainya minimal berapa ya kak?

Mengenal Lebih Dekat Program Studi Okupasi Terapi
Dunia Malam semarang | 2 bulan yang lalu

Pp murah meriah @Dugem_semarang_official Follower 40k Hub,089617969997

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Bagus Salman Al farizi | 2 bulan yang lalu

Bagi yg punya kendala dengan gigi seperti gigi ada yg rusak, apa ada kesempatan untuk mendaftar

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Sel Sihombing | 3 bulan yang lalu

Untuk sekolah pilot bisa kah menggunakan kacamata

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2023 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1