Arm-Chair

Spesialis Pengairan

Sumber Daya Alam


  • Gaji rata-rata

    3.4jt - 4.9jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Spesialis Pengairan?

Spesialis Pengairan adalah seseorang yang merancang serta melaksanakan program dan strategi yang terkait dengan masalah sumber daya air seperti masalah pasokan, kualitas, dan kepatuhan peraturan.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

3.4jt - 4.9jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Hydrogeologist
Research Hydraulic Engineer
National Stormwater Leader
Senior Hydrogeologist
Senior Water Resourse Engineer

Tugas Spesialis Pengairan

  • Melakukan, atau mengawasi pelaksanaan, investigasi mengenai hal-hal seperti penyimpanan air, pembuangan air limbah, polutan, izin, atau masalah kepatuhan dan peraturan lainnya
  • Membangkan strategi untuk operasi Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk memenuhi tujuan penyediaan air bersih
  • Menulis proposal, laporan proyek, brosur informasi, atau dokumen lain tentang pemurnian air limbah, pasokan air dan permintaan, atau sumber daya air lainnya
  • Meninjau atau mengevaluasi desain untuk fasilitas penahanan air, saluran air hujan, fasilitas pengendalian banjir, atau struktur hidrolik lainnya
  • Melakukan pemodelan hidrologi, hidrolik, atau air
  • Pengetahuan

    Administrasi dan Manajemen

    Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

    Kimia

    Pengetahuan tentang komposisi, struktur dan properti kimiawi dari zat serta proses dan transformasi kimiawi yang terjadi. Termasuk penggunaan bahan kimiawi dan interaksinya, tanda bahaya, teknik produksi dan metode pembuangan

    Komputer dan Elektronik

    Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

    Layanan Pelanggan dan Personal

    Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

    Desain

    Pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar dan model.

    Rekayasa dan Teknologi

    Pengetahuan tentang aplikasi praktis dalam ilmu rekayasa dan teknologi. Hal ini termasuk penerapan prinsip, teknik, prosedur, dan peralatan untuk mendesain dan memproduksi berbagai barang dan jasa.

    Bahasa Inggris

    Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

    Geografi

    Pengetahuan tentang prinsip dan metode dalam menjelaskan fitur daratan, laut, dan massa udara, termasuk karakteristik fisiknya, lokasi, hubungan timbal-balik, dan distribusi kehidupan tanaman, hewan, maupun manusia.

    Matematika

    Pengetahuan tentang aritmatika, aljabar, geometri, kalkulus, statistik, dan aplikasinya.

    Fisika

    Pengetahuan dan prediksi tentang prinsip fisika, hukum, hubungan antar keduanya, dan aplikasi untuk memahami cairan, bahan, dinamika atmosfer, mekanik, listrik, atom, sub struktur atom dan prosesnya.

    Keterampilan

    Aktif Mendengarkan

    Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

    Penyelesaian Masalah yang Kompleks

    Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

    Berpikir Kritis

    Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

    Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

    Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

    Pemahaman Membaca

    Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

    Berbicara

    Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

    Analisis Sistem

    Menentukan bagaimana sistem seharusnya bekerja dan bagaimana pengaruh perubahan kondisi, operasional, dan lingkungan bagi hasil yang dicapai.

    Evaluasi Sistem

    Mengidentifikasi langkah atau indikator kinerja sistem dan tindakan yang dibutuhkan untuk mengembangkan atau memperbaiki kinerja, relatif terhadap tujuan sistem.

    Manajemen waktu

    Mengatur waktu pribadi dengan waktu orang lain

    Menulis

    Mengkomunikasikan dengan efektif melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan audiens

    Kemampuan

    • 1

      Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

    • 2

      Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

    • 3

      Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

    • 4

      Penglihatan Jarak Dekat - Kemampuan untuk melihat detil dalam jarak dekat (jarak beberapa kaki dari objek).

    • 5

      Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

    • 6

      Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan

    • 7

      Pemahaman Pembicaraan - Kemampuan untuk mengidentifikasi dan memahami pembicaraan orang lain.

    • 8

      Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

    • 9

      Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti

    • 10

      Artikulasi Berbicara - Pengucapan huruf/kata yang jelas

    Diskusi terkait profesi Spesialis Pengairan

    Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

    Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2023 PT Manual Muda Indonesia ©
    Rencanamu App

    Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1