Arm-Chair

Teknisi Pengairan/Limbah Air

Sumber Daya Alam


  • Gaji rata-rata

    3.3jt - 4.6jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Teknisi Pengairan/Limbah Air?

Teknisi Pengairan/Limbah Air adalah seseorang yang bertugas merancang atau mengawasi proyek yang melibatkan penyediaan air minum, pembuangan air limbah dan limbah, atau pencegahan kerusakan akibat banjir. Menyiapkan dokumentasi lingkungan untuk sumber air, regulasi program, manajemen data dan analisis, dan kerja lapangan. Melakukan pemodelan hidraulik dan desain pipa.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

3.3jt - 4.6jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Direktur Air dan Pelayanan Limbah
Surface Water Manager
Manajer Program Daur Ulang Air

Tugas Teknisi Pengairan/Limbah Air

Melakukan studi kelayakan untuk pembangunan fasilitas, seperti sistem pasokan air bersih, jaringan pengumpulan limpasan, pabrik pengolahan air limbah dan air limbah, atau sistem pengumpulan air limbah
Merancang sistem pemompaan, stasiun pemompaan, jaringan pipa, kabel listrik, atau selokan untuk pengumpulan air limbah
Merancang instalasi pengolahan air atau air domestik atau industri, termasuk fasilitas canggih dengan sequencing batch reactors (SBR), membran, lift, headworks, surge overflow basins, ultraviolet disinfection systems, aerobic digesters, sludge lagoons, atau bangunan kontrol
Menganalisis sistem drainase air hujan atau drainase banjir untuk mengendalikan erosi, menstabilkan tepian sungai, memperbaiki aliran saluran, atau jembatan perancangan

Pengetahuan

Biologi

Pengetahuan tentang organisme tanaman dan hewan, jaringannya, sel, fungsi, saling ketergantungannya, dan interaksinya dengan lingkungan dan satu sama lain.

Pembangunan dan Konstruksi

Pengetahuan tentang material, metode, dan peralatan konstruksi atau perbaikan rumah, bangunan, serta struktur lainnya, seperti jalan raya.

Kimia

Pengetahuan tentang komposisi, struktur dan properti kimiawi dari zat serta proses dan transformasi kimiawi yang terjadi. Termasuk penggunaan bahan kimiawi dan interaksinya, tanda bahaya, teknik produksi dan metode pembuangan

Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

Mekanis

Pengetahuan tentang mesin dan peralatan, termasuk desain, fungsi, perbaikan, dan perawatan.

Fisika

Pengetahuan dan prediksi tentang prinsip fisika, hukum, hubungan antar keduanya, dan aplikasi untuk memahami cairan, bahan, dinamika atmosfer, mekanik, listrik, atom, sub struktur atom dan prosesnya.

Produksi dan Pengolahan

Pengetahuan tentang bahan mentah, proses produksi, kontrol kualitas, biaya, dan teknik lainnya dalam memaksimalkan keefektifan manufaktur dan distribusi barang.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Sains

Menggunakan peraturan dan metode ilmiah untuk menyelesaikan masalah.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Analisis Sistem

Menentukan bagaimana sistem seharusnya bekerja dan bagaimana pengaruh perubahan kondisi, operasional, dan lingkungan bagi hasil yang dicapai.

Menulis

Mengkomunikasikan dengan efektif melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan audiens

Matematika

Menggunakan atematika untuk menyelesaikan masalah

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 3

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 4

    Penalaran Matematika - Kemampuan untuk memilih metode dan formula matematika yang tepat untuk menyelesaikan masalah.

  • 5

    Penglihatan Jarak Dekat - Kemampuan untuk melihat detil dalam jarak dekat (jarak beberapa kaki dari objek).

  • 6

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 7

    Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan

  • 8

    Pemahaman Pembicaraan - Kemampuan untuk mengidentifikasi dan memahami pembicaraan orang lain.

  • 9

    Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

  • 10

    Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti

Diskusi terkait profesi Teknisi Pengairan/Limbah Air

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Jurusan Terkait

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2023 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1