Arm-Chair

Pengontrol Lalu Lintas Udara

Transportasi, Distribusi dan Logistik


  • Gaji rata-rata

    -

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Pengontrol Lalu Lintas Udara?

Mengontrol lalu lintas udara dalam dan sekitar bandara, dan gerakan lalu lintas udara antara sektor ketinggian dan pusat kontrol sesuai dengan prosedur dan kebijakan yang ditetapkan. Mengizinkan, mengatur, dan mengontrol maskapai penerbangan komersial sesuai dengan peraturan pemerintah atau perusahaan untuk mempercepat dan memastikan keselamatan penerbangan.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Spesialis Kontrol Lalu Lintas Udara
Spesialis Kontrol Lalu Lintas Udara
Terminal
Spesialis Kontrol Lalu Linta Udara/Profesional Pengontrol Bersertifikat
Pengontrol Lalu Lintas Udara
Pengontrol Lalu Lintas Udara/Pilihan Perjalanan
Pengontrol Lalu Lintas Udara/Opsi Menara
Pengontrol Lalu Lintas Udara
Pusat
Pengontrol Profesional Bersertifikat
Operator Menara Kontrol
Pengontrol Radar Lalu Lintas Udara

Tugas Pengontrol Lalu Lintas Udara

Menginformasikan pilot tentang pesawat terdekat atau potensi kondisi berbahaya, seperti cuaca, kecepatan dan arah angin, atau masalah visibilitas
Mengeluarkan otorisasi atau instruksi pendaratan dan lepas landas
Memindahkan kontrol dari pemberangkatan penerbangan ke pusat kontrol lalu lintas dan menerima kontrol penerbangan tiba
Menyediakan perubahan jalur atau arah penerbangan di area pendaratan darurat ketika pilot bepergian dalam cuaca buruk atau dalam situasi darurat
Menyiagakan layanan darurat bandara dalam kasus-kasus darurat atau ketika pesawat mengalami kesulitan

Pengetahuan

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Pendidikan dan Pelatihan

Pengetahuan tentang prinsip dan metode dalam mendesain kurikulum, pelatihan, pengajaran, dan instruksi untuk individu dan kelompok, serta pengukuran efek pelatihan.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Keselamatan dan Keamanan Publik

Pengetahuan tentang peralatan, kebijakan, prosedur, dan strategi yang relevan untuk mendukung operasi razia/patroli yang efektif bagi keamanan lokal, provinsi, dan nasional, serta melindungi orang, data, properti, dan institusi.

Transportasi

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk memindahkan orang atau barang melalui udara, rel kereta, laut, atau jalan raya, termasuk perkiraan biaya dan manfaat.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 3

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 4

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 5

    Perhatian Selektif - Kemampuan untuk berkonsentrasi pada tugas dalam periode tertentu tanpa mudah terganggu.

Diskusi terkait profesi Pengontrol Lalu Lintas Udara

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1