Ini Pilihan Program Studi Buat Kamu yang Ingin Berkarier Di Dunia Penerbangan (Bagian 1)

Saat ini, di Indonesia telah banyak lembaga pendidikan yang menghasilkan tenaga-tenaga kerja di dunia penerbangan. Karena menyangkut keselamatan banyak orang, pekerjaan prestige ini harus dibekali dengan kemampuan dan pendidikan khusus.

Nah, ternyata dunia penerbangan nggak cuma membutuhkan Pilot, Kopilot dan Ahli Penerbangan serta Kru Kabin (Pramugari/Pramugara), aja, gaes. Ada buuanyak pilihan program studi yang menunjang kelancaran dalam dunia penerbangan. Penasaran apa aja? Simak lebih lanjut berikut ini.

1. Penerbang (Pendidikan Pilot) 

Siapa sih, yang nggak kenal sama profesi Pilot? Nope. Bisa dibilang, profesi ini adalah profesi paling populer di dunia penerbangan. Dengan seragam dan topi khasnya, membuat sosok Pilot kelihatan gagah banget kalau lagi jalan atau melakukan tugasnya dari balik kaca jendela Kokpit.

pilot

Program studi ini menerima lulusan dari SMA (IPA) ataupun SMK. Bahkan, di sekolah pilot swasta, bisa dari lulusan manapun, lho—yang penting kamu lolos seluruh tes seleksinya.

Pendidikannya juga nggak main-main, gaes. Ada seleksi ketat yang harus kamu jalani. Diantaranya adalah TPA, tes kesamaptaan (kesiapan fisik), tes psikologi, tes ketahanan fisik, tes kesehatan organ dalam, tes bakat, wawancara serta administrasi.

Program studi Penerbang akan melatih peserta didik menjadi Pilot dengan kualifikasi Commercial Pilot License (CPL), Multy Engine (ME), dan Instrument Rating (IR).

Terdapat 3 program studi yang bisa kamu ambil untuk menjadi pilot, antara lain:

- Program Studi Penerbang Sayap Tetap

- Program Studi Penerbang Sayap Putar

- Program Studi Flight Operation Office (FOO) atau Operasi Pesawat Udara

Oyaaa, program studi penerbang memiliki prospek yang bagus, lho. Karena di Indonesia sendiri kebutuhan akan Pilot masih sangat besar.

2. Manajemen Penerbangan

manajemen penerbanganManajemen Penerbangan berhubungan dengan pengelolaan asuransi, administrasi hingga manajemen bandara. Program studi ini meyerap dari berbagai lulusan dari SMA/SMK dan sederajat—baik IPA, IPS ataupun Bahasa.

Lulusan profesi ini memiliki prospek yang menjanjikan karena dapat bekerja di semua bidang pekerjaan yang berhubungan dengan manajemen ke-udara-an, seperti AirNav Indonesia, Angkasa Pura (AP) I & II, Asuransi Penerbangan, tambang minyak lepas pantai, dan sebagainya.

Pilihan program studi yang bisa kamu ambil untuk bekerja di maskapai, antara lain:

- Program Studi Operasi Bandar Udara

- Program Studi Administrasi Perhubungan Udara

- Program Studi Manajemen Transportasi Udara (MTU)

3. Lalu Lintas Udara  

Sebuah pesawat itu butuh petugas pemandu buat ngatur lalu lintas di udara. Nggak seperti jalan raya yang rutenya udah terlihat jelas dan bisa dipasangi rambu-rambu. Nah, orang yang memadu itu dinamakan tim pemandu lalu lintas udara atau yang biasa dikenal dengan Air Traffic Controller/ATC (pemandu lalu lintas udara).

ATC

Tim pemandu ini bertugas memantau titik koordinat pesawat saat terbang, kondisi cuaca dan mengatur keluar-masuknya pesawat ke bandara. Mereka bekerja di menara bandara. Kamu yang sering melakukan penerbangan atau menjemput dan mengantar kerabatmu, pasti pernah melihatnya, ‘kan?

Kalau kamu tertarik masuk ke prodi ini, kamu harus punya kemampuan Bahasa Inggris aktif yang baik. Karena beberapa bandara ada yang bertaraf internasional—sehingga awak pesawatnya pun menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

Program studi ATC menerima lulusan dari SMA (IPA/IPS), SMK dan sederajat. Tentunya dengan hanya lulusan dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik, ya!

Seiring dengan adanya penambahan bandara, pemindahan pegawai, atau pegawai yang telah pensiun. Setiap tahunnya, AirNav Indonesia selalu membutuhkan banyak tenaga dari lulusan ATC.

Nggak hanya di AirNav Indonesia aja, lulusan ATC juga bisa bekerja di perusahaan asing yang bergerak dalam bidang industri penerbangan, lho.

4. Aeronautika dan Astronautika (Teknik Penerbangan) 

teknik penerbangan

Gaes, prodi ini nih, cocok buat kamu yang suka banget utak-atik peralatan elektronika. Profesi ini juga bagian vital dari sistem penerbangan yang nggak kalah penting dari awak pesawat, lho.

Seluruh siswa lulusan program studi kuliah teknik penerbangan ini juga diambil oleh Perusahaan AirNav Indonesia, dan Perusahaan AP I &  II. TNU di AirNav, bekerja di Ground aka stay di daratan, selalu siaga untuk merawat peralatan navigasi di bandara (seperti RADAR, VOR, ILS, alat komunikasi radio, NDB, AMSC dan VSAT).

Sementara jika di AP I & II akan bekerja untuk perawatan, perbaikan dan maintenance peralatan elektronika bandara (seperti X-Ray, CCTV, FIDS, WTMD, Master Television dan Master Clock).

Untuk menjadi Teknisi Penerbangan, kamu bisa memilih 5 program studi, antara lain:

-Teknik Pesawat Udara

-Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara (TNU)

-Teknik Kelistrikan Bandara

-Teknik Mekanikal Bandara

-Teknik Bangunan Landasan.

5. Keselamatan Penerbangan

keselamatan penerbanganNggak ada satu orang pun yang siap dan mau celaka saat menempuh perjalanan—apalagi dalam dunia penerbangan yang risikonya emang lebih besar. Untuk itulah ada program studi Keselamatan Penerbangan—yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang handal di bidang keselamatan transportasi udara.

Buat yang mau bekerja di bidang Keselamatan Penerbangan, kamu bisa memilih 4 program studi, antara lain:

- Program Studi Pemandu Lalu Lintas Udara (ATC)

- Program Studi Penerangan Aeronautika

- Program Studi Komunikasi Penerbangan

- Program Studi Pertolongan Kecelakaan Penerbangan

6. Teknik Pesawat Udara (TPU)

teknik pesawat udara

Program studi kuliah ini cocok banget buat yang pengen jadi Teknisi Pesawat. Program studi TPU menerima lulusan SMA (IPA) atau SMK dan sederajat.

Teknisi Pesawat kebanyakan bekrja di daratan seperti di hanggar pesawat, standby di appron bandara, dan ikut terbang dengan pesawat sebagai Engineer Pesawat. Eitss, mengenai prospek kerja, jangan khawatir, gaes. Program studi TPU selalu menjadi incaran seluruh maskapai di Indonesia, lho.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: kttz.org, taufiqurokhman.com, airacademyindia.com, thelocal.es, gla.ac.uk, .ainonline.com, kansas.com)

LATEST COMMENT
Mira Puspita | 6 hari yang lalu

Mas Andreas Gandhi, jujur saat ini saya adalah seorang ibu yang sedang mendoakan putranya karena takut kalo putra saya tinggal kelas dia akan di DO dari JB.

Cerita Seorang “Veteran”: Dari Nggak Naik Kelas Sampai Sukses Tembus PTN Impian
Fransiska Oktaviani | 10 hari yang lalu

open pp/endorse ig/tiktok bisa bayar seikhlasnya email ke [email protected] terimakasih

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Nindi Dwi Oktova | 10 hari yang lalu

Permisi aku mau nanya kalau murid pindahan jurusan ipa dari sekolah asal ke sekolah baru tapi berbeda pada mata pelajaran minat apakah bisa mengikuti SNMPTN? Ex:matpel minat sekolah asal ekonomi dan b.Inggris minat tapi di sekolah pindahan tidak ada matpel ekonomi dan pindah nya pada saat semester 2…

Tanya-Jawab Seputar SNMPTN 2021: Kriteria Penilaian dan Lainnya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1