Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Diana
5 tahun yang lalu

Penelitian kalau di Unpad itu yaa tiap hari makanan sehari-hari. Menelitinya itu caranya nanti diajarin kok mulai dari cari masalah di masyarakatnya apa, kebutuhannya apa, dllnyaa. Ada juga yang langsung mengamati orang, ada yang risetnya gak perlu mengamati krang. Aku merasa perubahannya itu jadi lebih peka dan objektif sama semua cerita temenku karena memang dibangun karakternya untuk jadi Psikolog! Untuk materinya detail banget kok, kalau di Unpad Fapsi itu salah satu fakultas paling sibuk dan padet jadwal kuliahnya.

(Gaby - MahaPsiko UNPAD)

Baca selengkapnya
0 5041
Diana
5 tahun yang lalu

Kalau menurutku jurusan apapun itu susah kok masuknya tapi asalkan tekun dan rajin pasti bisaa! Persiapannya mungkin bisa mengenali apa yang akan dipelajari di jurusan tersebut, prospek selama kuliahnya gimana, dll gituu.

(Gaby - MahaPsiko UNPAD)

Baca selengkapnya
0 3867
Diana
5 tahun yang lalu

Iyaa! Jadi kalau di Unpad itu dasar Psikologinya adalah Psikologi Eksperimen dimana kita memang banyak eksperimen mengenai perilaku manusia, kenapa harus IPA? Karena yang ingin diambil itu cara berpikirnya anak IPA yang rinci, konsep, dllnya ituu

(Gaby - MahaPsiko UNPAD)

Baca selengkapnya
0 4893
Tasya Anastasya
5 tahun yang lalu

Halo Tasya,

Untuk program sarjana di tiap kampus yang menyediakan program studi psikologi menyediakan program yang berbeda-beda. Kamu perlu mencari tahu perguruan tinggi yang kamu incar apakah menyediakan peminatan atau tidak. Di beberapa perguruan tinggi ada yang menyediakan peminatan untuk program sarjana (S1) yang bisa di tahun kedua atau ketiga kuliah. Sementara di perguruan tinggi lain tidak menyediakan peminatan di program sarjana. Bagi mahasiswa yang ingin mengambil peminatan atau kekhususan biasanya diarahkan untuk melanjutkan ke program pascasarjana.

Semoga membantu ya!


Baca selengkapnya
0 1851
Luthfi Yanti
5 tahun yang lalu

Halo Luthfi,

Sebelumnya, apakah kamu sudah cari tahu tentang jurusan psikologi maupun bimbingan konseling di fitur Cari Program Studi Youthmanual? Kalau belum, yuk cari tahu dulu di sini ya:

Psikologi: https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/humaniora/psikologi

BImbingan Konseling: https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/pendidikan/pendidikan-bimbingan-konseling

Nah, soal mana yang lebih cocok dengan kamu, coba lihat tingkat kecocokan tiap jurusannya dengan minat, kemampuan, dan dirimu secara keseluruhan. Kecocokan ini bsia kamu ketahui setelah menyelesaikan asesmen minat dan kemampuan ya. Dari psikologi dan bimbingan konseling, yang bisa disimpulkan adalah kalau bimbingan konseling termasuk jurusan pendidikan, artinya kamu akan mengikuti program bimbingan konseling di lingkungan pendidikan atau sekolah.

Semoga membantu ya :)

Baca selengkapnya
0 1730
Ariesty Harlan
5 tahun yang lalu

Halo Ariesty, perkenalkan aku Hasna Nadiyah. Kali ini aku akan menjawab pertanyaan kamu ya.

Ada banyak sekali prospek kerja jurusan psikologi, di antaranya adalah psikologi bidang tertentu, terapis, peneliti, human resource development, dan masih banyak lagi.

Lebih lengkapnya mengenai jurusan psikologi kamu dapat membacanya di sini ya; https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/humaniora/psikologi


Baca selengkapnya
0 1688
Habibah Erfani
5 tahun yang lalu

Halo herf!

Sebagai lulusan SMK, kamu bisa banget kok kuliah di bidang apapun termasuk psikologi. Cuma, kalau karena rasa penasaran sih, sayang banget ya. Mendingan kamu pastikan dulu apakah jurusan psikologi memang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Kalau masih ragu, kamu bisa mencoba ikut asesmen di Youthmanual untuk melihat kecocokanmu.

Setelah yakin bahwa jurusan psikologi cocok untukmu, berikut ada tips untuk anak SMK yang mau kuliah:

https://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/peluang-smk-lulus-snmptn-sbmptn-atau-ujian-mandiri-serba-serbi-yang-harus-jadi-catatan-sebelum-berjuang-masuk-perguruan-tinggi-negeri

https://www.youthmanual.com/post/panduan-masuk-smk/panduan-persiapan-kuliah-untuk-lulusan-smk/apa-yang-harus-dipersiapkan-anak-smk-sebelum-memasuki-dunia-kuliah

https://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/lulusan-smk-masuk-perguruan-tinggi-negeri-bisa-kok-lakukan-hal-hal-berikut-ini

Baca selengkapnya
0 2417
Sabrina Ummu Hanifah
5 tahun yang lalu

Halo Sabrina! Perkenalkan, aku Shania. Izin menjawab yaa. Kamu bisa kok masuk jurusan Psikologi walaupun dari program IPA. Ada 2 pilihan:

1. Mengambil jurusan Psikologi di perguruan tinggi yang menerima calon mahasiswa dari program IPA (contohnya UNPAD dan UNS) untuk selengkapnya bisa kamu cek di http://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/5-ptn-dengan-prodi-psikologi-saintek-anak-ipa-wajib-cek.

2. Mengaikuti ujian SOSHUM untuk masuk jurusan psikologi di luar perguruan tinggi yang tercantum di atas.

Oh iya, ini juga ada informasi mengenai perbedaan jurusan psikologi SAINTEK dan SOSHUM yang sabi banget buat dicekk http://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/bedah-jurusan-psikologi-soshum-ips-dan-psikologi-saintek-ipa-beserta-pilihan-kampusnya

Semoga membantu yaa:)

Baca selengkapnya
0 1431
Ammaraa Asyaa
5 tahun yang lalu

Halo, Ammaraa!

Menurut saya, pilihlah jurusan yang paling kamu minati di pilihan pertama. Daripada diterima di jurusan yang kamu kurang cocok, nanti malah repot kuliahnya.

Baca selengkapnya
0 2579
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1