Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Rencanamu
2 tahun yang lalu

Hai! Waw senang sekali pertanyaan nya sangat antusias :)

Kesemua bidang ilmu tersebut (geodesi, geologi, geofisika) adalah cabang ilmu yg berfokus pada penggambaran Bumi. Bedanya apa?

Geodesi, adalah ilmu untuk membuat sebuah pemetaan rupa bumi berdasarkan data spasial. Contoh gampangnya, Google Maps atau google earth yang sekarang kamu liat, itu adalah produk nya anak Geodesi.

Lalu Geologi, adalah cabang ilmu yg berfokus pada penggambaran Bumi melalui unsur batuannya. Kenapa penting? Karena setiap daerah punya karakteristik persebaran batuan yang berbeda, dan persebaran batuan ini akan menjadi indikator apakah di area tersebut ada minyak/tambang atau tidak.

Nah kalau Geofisika apa? Hmmmm pernah lihat hasil USG untuk Ibu2 hamil? Nah darisana kamu bisa liat sesosok bayi kan, dengan kelaminnya dan bentuk fisiknya. Padahal kamu belum liat langsung loh, hanya dari alat2 aja. Gampangnya itulah Geofisika. Kita adalah cabang ilmu yg melihat isi Bumi menggunakan ilmu2 fisika. Contohnya kaya USG tadi

By : Wahyu - Alumni Jurusan Geofisika UGM

Baca selengkapnya
0 5291
Salwa difahna
3 tahun yang lalu

Bisa tapi harus ikut utbk saintek 

Baca selengkapnya
0 1312
meutiya
5 tahun yang lalu

Halo Meutiya!

Sebelum menentukan strategi kamu perlu tahu dulu mau masuk jurusan dan perguruan tinggi itu lewat jalur apa. SNMPTN,SBMPTN, atau ujian mandiri? Kalau sudah tahu, carilah informasi selengkap mungkin tentang jalur masuk itu. Nah, setelah itu baru deh tentukan strategi bagaimana agar bisa masuk ke jurusan yang kamu inginkan lewat jalur tertentu.

Kalau mau lewat SNMPTN, kamu bisa baca tipsnya di http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/mau-lolos-snmptn-tahun-2017-nanti-perhatikan-7-hal-ini-dari-sekarang. Kalau mau lewat SBMPTN, tipsnya di sini ya:

Tips di atas dibuat berdasarkan SNMPTN dan SBMPTN yang lalu. Sebentar lagi akan ada update dari panitia SNMPTN dan SBMPTN 2017, jadi pantau terus Youthmanual.com yaa :)

Semoga sukses!
Baca selengkapnya
0 521
Satria Muhammad Nur Lase
5 tahun yang lalu

Halo Satria!

Wah saya senang sekali nih karena kamu sudah punya jurusan yang diinginkan dan sudah cari tahu tentang jurusan itu :) Berdasarkan informasi yang kamu dapat, apakah mata kuliah di semester-semester selanjutnya tidak berkaitan dengan Matematika, Fisika, dan Kimia? Kalau mata kuliah di semester berikutnya merupakan terapan dari Fisika, Kimia, dan Matematika maka bisa jadi kamu akan kesulitan menjalaninya.

Ada baiknya kamu tanya-tanya ke senior yang kuliah di jurusan itu. Tanyakan mengenai mata kuliah-mata kuliahnya dan tips belajarnya. Kalau kamu yakin bisa, tentu kamu tidak perlu berpaling dan memilih jurusan lain. 

Di sisi lain, tidak ada salahnya juga kamu mulai mengeksplorasi jurusan lain yang kira-kira menarik minatmu.

Semoga membantu ya :)

Baca selengkapnya
0 385
Nanda Yudha Ikhwan Pradana
5 tahun yang lalu

Hi Nanda, hmmm agak bingung nih memahami pertanyaan kamu. Tapi asumsi saya kamu bertanya tentang pelajaran2 yang diambil di kedua jurusan itu. Kalo bener mungkin bisa coba2 buka berikut:

Jurusan Geologi:
http://www.youthmanual.com/cari-jurusan/teknik/teknik-geologi

Jurusan Geografi:
http://www.youthmanual.com/cari-jurusan/mipa/geografi


Baca selengkapnya
0 730
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1