Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Sulthan Dimas
4 tahun yang lalu

Hai Sulthan,

anak SMK punya kesempatan yang sama dengan anak SMA/sederajat lainnya dalam mengikuti SNMPTN. Tapi, merujuk ke masalah peluang diterima atau tidaknya, ada banyak faktor yang akan menentukan berupa:

  • rata-rata nilai rapor semester 1-5
  • rekam jejak alumni sekolahmu yang diterima berkuliah di PTN terkait
  • prestasi akademin&non akademik lainnya yang relevan
  • pilihan jurusan kuliah yang serumpun dengan jurusan SMK
  • pertimbangan lain selain hal di atas yang berlaku di masing-masing PTN

Perihal temanmu yang tidak diterima SNMPTN meskipun punya nilai yang tinggi, mungkin saja hal tersebut berdasarkan pertimbangan-pertimbangan lainnya yang berlaku di PTN tersebut (seperti memprioritaskan putra daerah atau lainnya). Makanya, peluang kamu untuk menembus PTN impian lewat SNMPTN tidak bisa diprediksi karena masing-masing PTN tidak pernah memberikan transparansi terhadap sistem penilaian.

Tapi, asal kamu sudah punya cita-cita dan tujuan yang jelas, kesempatan yang bisa kamu ikuti nggak hanya SNMPTN doang, kok. Kalau mau berusaha, ada banyak jalan menuju Roma.

Jangan lupa baca panduan dan serba-serbi kuliah untuk anak SMK di bawah ini agar kamu nggak sampai salah informasi. Cari tahu juga kira-kira jurusan kuliah apa yang paling cocok dengan minan dan kemampuanmu (dan sejalan dengan jurusan SMK-mu) di www.youthmanual.com ya.

https://www.youthmanual.com/post/panduan-masuk-smk/panduan-persiapan-kuliah-untuk-lulusan-smk/apa-yang-harus-dipersiapkan-anak-smk-sebelum-memasuki-dunia-kuliah

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 2284
Hanif Rabbani Zubair
4 tahun yang lalu

Halo, Hanif!

Bisa banget kok. Yang terpenting adalah bagaimana kamu mempersiapkan diri agar bisa mengerjakan soal-soal soshum di SBMPTN. berikut adalah beberapa tipsnya:

https://www.youthmanual.com/post/panduan-masuk-smk/panduan-persiapan-kuliah-untuk-lulusan-smk/apa-yang-harus-dipersiapkan-anak-smk-sebelum-memasuki-dunia-kuliah

https://www.youthmanual.com/post/panduan-masuk-smk/panduan-persiapan-kuliah-untuk-lulusan-smk/lulusan-smk-lanjut-kuliah-bisa-kok

Kalau kamu masih bingung memilih jurusan, ada baiknya kamu jangan asal-asalan memilih. Coba ikuti asesmen yang ada di youthmanual hingga kamu bisa melihat kecocokan minat dan kemampuanmu pada jurusan ti/si/komunikasi. Pokoknya pilihlah sesuai minat dan kemampuanmu. Jangan hanya terpaku pada karena kamu lulusan TKJ, maka kamu harus mengambil komputer.

Baca selengkapnya
0 4119
Fadchul Khoirul Riski
4 tahun yang lalu

Halo Fadchul! Namaku Shania, seorang mahasiswi tingkat satu. Izin menjawab yaa, menurutku, sebenarnya ketiganya pilihan yang baik, dan jawabannya tergantung pada diri kamu sendiri, apakah kamu masih ingin melanjutkan pendidikan, atau engga? atau mungkin mau keduanya? Semuanya baik jika dilakukan dengan senang hati dan sungguh-sungguh. Tapi, ini ada sedikit pendapat yang mungkin bisa turut masuk menjadi pertimbangan kamu:

1. (Berdasarkan pengalaman pribadi) Dengan kuliah, kamu bisa mendapat wadah untuk belajar lebih banyak lagi mengenai bidang/jurusan yang kamu pilih. Oh iya, bisa dibilang kuliah juga cukup menyita waktu, pikiran, dan mungkin biaya; karena terdapat juga tugas dan ujian yang harus dipersiapkan di luar waktu belajar di kelas. Tapi selama kuliah itu enggak melulu tentang pencapaian akademik kok, karena ada juga berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (seperti ekstrakulikuler di sekolah) dan Organisasi Kemahasiswaan yang dapat menjadi tempat penyaluran minat, dan sekaligus jadi wadah untuk memperluas relasi, membangun jejaring dengan banyak orang, dan mempelajari softskills.

2. Dengan bekerja, kamu bisa terjun langsung ke dalam realita dunia kerja untuk mempraktekkan ilmu dan keahlian yang telah kamu pelajari dan latih selama belajar di SMK. Kamu bisa semakin mengasah kemampuan kamu dalam bidang tersebut, hingga dalam jangka panjang kamu bisa menjadi tenaga ahli dalam bidang tersebut.

3. Kuliah sambil bekerja agaknya menjadi keinginan banyak orang karena kita bisa belajar sambil mempunyai penghasilan sendiri. Namun tentu, kemampuan mengatur waktu sangat diperlukan untuk pilihan ini. (Tapi bisa kok! Banyak juga yang berhasil dalam akademik sambil berwirausaha/bekerja selama masa kuliahnya)^^


Semoga membantu yaah :)

Baca selengkapnya
0 2026
Lang Buana
4 tahun yang lalu

Halo Lang Buana,

Cari tahu jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu dengan menyelesaikan asesmen di Youthmanual. Ketahui minat dan kemampuanmu, lalu cek kecocokkannya dengan berbagai jurusan kuliah.

Kalau kamu sudah tau ingin memilih jurusan kuliah apa, kamu bisa melihat kecocokkan minat dan kemampuanmu dengan minat dan kemampuan yang dibutuhkan di jurusan tersebut. Kamu bisa mengetahui apa saja minat dan kemampuan yang perlu kamu kembangkan lagi untuk kuliah di jurusan yang kamu inginkan.

Selamat merancang masa depan ya!

Baca selengkapnya
0 820
Windi Romadhona_X KGSP 1
4 tahun yang lalu

Halo Windi,

Terdapat banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih program studi kuliah. Sebagai siswa SMK, kesesuaian kompetensi keahlian/jurusan di SMK dengan program studi di perguruan tinggi dapat menjadi pertimbangan. Namun, hal yang terpenting dalam memilih program studi kuliah adalah kecocokkan jurusan dengan kepribadian, minat, hingga kemampuan. 

Sebelum menentukan jurusan kuliah, kenali terlebih dahulu kepribadian, minat, dan kemampuanmu agar kamu bisa memilih jurusan yang sesuai dengan dirimu.

Cari tahu lebih lanjut tentang persiapan kuliah untuk anak SMK:

https://www.youthmanual.com/post/sekolah-menengah-kejuruan-101/panduan-persiapan-kuliah-untuk-lulusan-smk/lulusan-smk-lanjut-kuliah-bisa-kok


Semoga membantu ya!

 
Baca selengkapnya
0 826
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1