Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Muthi ishlah rizky
3 tahun yang lalu

Hai Muthi,

hal yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui pengalaman mahasiswa yang berkuliah di jurusannya adalah menanyakan langsung ke kakak-kakak alumni sekolahmu yang berkuliah di jurusan yang mungkin juga kamu incar. Selain bisa mendapatkan jawaban yang objektif, kamu pun bisa mengulik informasi apapun yang kamu butuhkan terkait jurusan berdasarkan pengalaman pribadi mereka.

Tapi, pasti nggak semua orang punya jejaring alumni yang luas ataupun kenalan yang berkuliah di jurusan incaranmu. Jangan khawatir, kamu bisa eksplorasi review ratusan jurusan kuliah di www.youthmanual.com/cari-jurusan langsung dari mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di Indonesia.

Jangan sampai malas untuk mencari tahu, ya. Sebenarnya, semua informasi yang kamu butuhkan ada di internet, tinggal tergantung kamu yang mau berusaha untuk mencari tahu atau cuma mau nunggu dibantuin (dan nggak tau kapan bakal dibantu) :)

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 693
Freya
3 tahun yang lalu

Halo Freya, perkenalkan aku Hasna Nadiyah, kali ini aku akan menjawab pertanyaan kamu ya.

Untuk menemukan jurusan yg cocok, kamu harus mengenali dirimu sendiri dengan baik. Mulai dari kepribadian, minat, serta kemampuan. Youthmanual bisa menjadi sarana kamu untuk menemukan ketiga hal tersebut loh.

Apakah kamu sudah mengisi semua asesmen Youthmanual? Jika sudah, kamu dapat mengamati kembali hasil asesmen yg kamu peroleh, ya. Kamu juga dapat membaca rekomendasi jurusan sesuai minat dan kemampuanmu di https://www.youthmanual.com/cari-jurusan

Semangat! Semoga kamu menemukan jurusan terbaikmu bersama youthmanual!

Baca selengkapnya
0 2160
Aziz Dwi Yulianto
3 tahun yang lalu

Halo Aziz, perkenalkan aku Hasna Nadiyah. Kali ini aku akan menjawab pertanyaan kamu, ya.

Ada banyak pilihan jurusan untuk orang yang berbakat di bidang seni/desain. Salah satu yang populer adalah jurusan desain komunikasi visual (DKV). Lebih lengkapnya mengenai jurusan ini, kamu bisa melihatnya di sini ya; https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/seni/desain-komunikasi-visual

Eits, tapi tak hanya jurusan DKV, kamu bisa memilih jurusan lainnya. Youthmanual pernah membahasnya dalam artikel https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/10-pilihan-jurusan-kuliah-buat-kamu-yang-kreatif-dan-estetik-abis, kamu dapat cek artikel tersebut untuk menemukan varian jurusan lainnya.

Oh ya, youthmanual juga dapat membantu kamu dalam memilih jurusan yang tepat dengan minat dan kemampuanmu, loh. Semangat!

Baca selengkapnya
0 1480
Desfika Stevania
3 tahun yang lalu

Izin menjawab ya.

silahkan orientasikan dengan cita-cita mau jadi apa

semakin spesifik jurusannya semakin baik. 

contoh jika mau jadi seorang hakim, maka ambillah jurusan hukum

jika mau jadi seorang diplomat, ambillah jurusan hubungan internasional 

jika mau menjadi pebisnis unggul ambillah jurusan ekonomi atau sejenisnya 

berkaitan dengan pertanyaan keperawatanmu itu, silahkan kembali pada dirimu mau jadi apa dan niatmu jadi perawat apa,

nah, cari tau lagi prospek/kemungkinan-kemungkinan kerja yang bisa diambil kadang-kadang kita terbatas pada profesi tertentu, jika memang harus menjadi perawat, maka jadilah perawat yang memiliki prestasi dan multi talent, maka kamu akan tetap diutamakan, 

 niatkan yang baik, karena selalu ada jalan bagi orang-orang yang mau berbuat baik 

Baca selengkapnya
0 770
deby Widiastuti
3 tahun yang lalu

Halo! Perkenalkan aku Hasna Nadiyah, kali ini aku akan menjawab pertanyaan tersebut.

Konsentrasi pemasaran untuk jurusan manajemen sangat cocok untuk orang yang kreatif dan memiliki ide-ide baru. Kemampuan utama yang diperlukan adalah kemampuan memasarkan produk/jasa. Jika kamu belum memiliki keterampilan berbicara, kamu bisa mengaplikasikan ide-ide baru atau keterampilan-keterampilan lainnya dalam konsentrasi ini.

Namun, ada baiknya kalau keterampilan berbicara serta berkomunikasi terus dilatih, karena hal tersebut sangat diperlukan untuk berinteraksi dengan rekan kerja nantinya. Skill ini sangat penting dan harus dimiliki oleh semua orang.

Ada banyak cara untuk melatih kemampuan tersebut, di antaranya adalah dengan menyiapkan bahan dan berlatih di depan cermin untuk memperluwes kemampuan kamu dalam menyampaikan materi.

Kamu bisa membaca lebih lengkap tips berlatih public speaking dalam artikel Youthmanual yang satu ini ya; 

https://www.youthmanual.com/post/life/how-to/tips-public-speaking-dan-bagaimana-menyusun-bahan-pidato-dengan-baik





Baca selengkapnya
0 1937
Ivo dinara putri
3 tahun yang lalu

Halo, Ivo!

Rasanya hampir semua pekerjaan ada timeline serta hak dan kewajibannya ya. Nggak bisa kalau suka-suka sendiri mau melakukan apa. Bisa aja sih kamu jadi entrepreneur yang timeline, deadline, dan goals-nya kamu ciptakan sendiri. Tapi tetap aja, kalau kamu nggak bisa buat target yang benar, bisnis belum tentu bisa berjalan.

Begitupun jurusan kuliah. Tidak ada kuliah yang tidak punya tugas dan deadline. Kecuali, ya kamu mau mengabaikan itu semua dan nanti nggak lulus-lulus lho!

Jadi, saran saya sih yang penting kamu memilih jurusan yang sesuai minat dan kemampuan. Pasti enjoy ngejalaninnya. Deadline dan tugas-tugas jadi tidak terasa beban kok.

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 1496
abidah
3 tahun yang lalu

Halo! Mengasumsikan bahwa "berhubungan dengan komputer" yang kamu maksud adalah programming, sejauh ini saya tidak menemukan jurusan kuliah interdisiplin seperti ini. Karena jurusan ilmu komputer maupun teknik komputer tidak menggunakan pelajaran kimia, tapi benar-benar programming dan sebagian fisika (untuk teknik komputer).

Namun, jika "berhubungan dengan komputer" yang kamu maksud adalah bukan programming (seperti menggunakan software), jurusan terdekat yang bisa diambil adalah teknik kimia, teknologi bioproses, rekayasa hayati, dan sejenisnya. Dalam jurusan ini, kamu akan menggunakan software komputer untuk berbagai tujuan, misalnya menggambar teknik atau mensimulasikan suatu proses yang terjadi pada suatu pabrik.

Sebenarnya, ada sedikit 'coding' dalam jurusan yang saya sebutkan di atas, namun fungsinya hanya untuk melakukan perhitungan yang terlalu rumit jika dihitung dengan kalkulator saja atau secara manual. Software yang digunakan juga tidak sama seperti yang digunakan pada jurusan ilmu komputer (jika penasaran software-nya seperti apa, coba cari apa itu VBA excel, polymath, dan matlab).

Semoga apa yang saya bagikan di sini cukup untuk menjawab pertanyaan kamu. :)

Baca selengkapnya
0 1554
Jibran Hady
3 tahun yang lalu

Hai Jibran, perkenalkan saya Irfan tim Mentor Youthmanual.

Sebelum menjawab saya ingin bertanya, menurut Jibran, Jibran berbakat di bidang komputer itu dalam hal apa? Bidang komputer itu luas, ada kemampuan menggunakan aplikasi, seperti aplikasi Microsoft Office, ada kemampuan melakukan konfigurasi networking, kemampuan konfigurasi server, kemampuan database, kemampuan programming, kemampuan analisis sistem dan banyak lagi yang lain belum tersebut disini,

Jika menghindari matematika, bisa memilih jurusan-jurusan yang lebih dekat dengan analisa dan manajemen seperti sistem informasi dan manajemen sistem informasi. 

Jibran bisa mencoba fitur assessment Youthmanual untuk mengetahui minat dan bakat Jibran, ikuti perjalanannya dan coba lihat hasilnya. Dari sana Jibran bisa melihat kelemahan dan kelebihan, serta minat dan bakat Jibran. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa membantu Jibran dalam menentukan pilihan.

Baca selengkapnya
0 947
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1