Ke halaman sebelumnya
Foto Freya
Freya
3 tahun yang lalu

Bagaimana cara menentukan jurusan kuliah yang cocok?

Saya cuma tahu saya suka pelajaran apa, hobi apa dan pelajaran apa saja yang saya tidak sukai. Jadi bagaimana saya tahu jurusan kuliah mana yang cocok untuk saya? Faktor apa saja yang perlu saya pertimbangkan dalam menentukan jurusan kuliah yang cocok? Tolong bantu ya, kak supaya nggak salah jurusan

3 Jawaban
Fella Rossy
Mentor Youthmanual
3 tahun yang lalu

<p>Halo, Freya!</p><p>Kalau menurutku, menentukan jurusan kuliah yang cocok itu adalah sebuah proses. Bagus kalau kamu sudah sadar mata pelajaran apa saja yang kamu suka, apa hobimu dan apa yang kamu kurang sukai. Artinya kamu sudah perlahan menyadari tentang diri kamu nih. Tapi menentukan jurusan yang cocok, bukan berdasarkan dari situ aja. Banyak faktornya.</p><p><b>1. Faktor Minat</b></p><p>Minat ini bisa lebih spesifik lagi dari pelajaran dan aktivitas yang kamu sukai. Bisa saja kamu suka di semua pelajaran, aktif di kegiatan, aktif di kelas dan membuatmu bingung, jadi sukanya yang mana nih. Nah, siapa tahu yang membuatmu senang bukan objek pelajarannya, tapi mungkin kamu punya minat di kepemimpinan makanya kamu suka menjadi bagian atau bahkan memimpin sebuah kegiatan atau kelompok.</p><p>Untuk mengetahui lebih pasti, kamu bisa ikut asesmen Minat yang ada di Youthmanual. Kamu akan bisa lebih memahami minat kamu ke arah mana yang menjadi salah satu dasar menentukan jurusan yang cocok.</p><p><b>2. Faktor Kemampuan</b></p><p>Nah, jangan dipikir kalau sudah tau sukanya apa, minatnya apa, terus masalah langsung selesai dan sudah tahu mau jurusan apa ya. Kamu juga harus memperhatikan faktor kemampuan. Coba bayangkan, kalau kamu suka, tapi nggak mampu, gimana tuh? Pasti ngejalaninnya beraaaat. Tapi tenang aja, kurangnya kemampuan bukan berarti membuat kamu membatasi jurusan tertentu. Kalau ada jurusan yang kamu mau tapi kurang di kemampuan, artinya kamu perlu meningkatkan kemampuan itu sebelum masuk kuliah supaya kamu nggak kesulitan waktu proses kuliah.</p><p>Kemampuan seperti apa sih yang dimaksud? Udah, kamu ikut aja lanjutin asesmen di Youthmanual sampai ke asesmen Kemampuan. Nanti kamu akan mendapatkan hasil kemampuan penalaran deduktif, induktif, logika matematika, visualisasi, pemahaman bacaan, hingga kecepatan dan ketelitian. Cukup banget untuk dasar kamu memilih jurusan.</p><p><b>Terus, kalau udah tahu minat dan jurusan, milihnya gimana? jurusan kan ada banyaaak. </b><br>Enaknya kalau di Youthmanual, kamu akan langsung dapat rekomendasi jurusan yang sesuai minat dan kemampuan, bahkan kamu juga bisa melihat kecocokan jurusan yang kamu mau sesuai nggak dengan minat dan kemampuanmu. Kalau belum, apa yang perlu ditingkatkan.</p><p>Yang perlu kamu ingat, proses menemukan jurusan yang cocok itu seru kok! Jadi jangan dianggap beban ya. Pelan-pelan pahami apa yang kamu minati dan perhatikan juga kemampuanmu. Aku sendiri menikmati banget proses menemukan passion, bahkan sampai aku kuliah pun, proses ini masih berlanjut.</p><p>Semoga membantu!</p>
Hasna Nadiyah
Mentor Youthmanual
3 tahun yang lalu

<p>Halo Freya, perkenalkan aku Hasna Nadiyah, kali ini aku akan menjawab pertanyaan kamu ya. </p><p>Untuk menemukan jurusan yg cocok, kamu harus mengenali dirimu sendiri dengan baik. Mulai dari kepribadian, minat, serta kemampuan. Youthmanual bisa menjadi sarana kamu untuk menemukan ketiga hal tersebut loh.</p><p>Apakah kamu sudah mengisi semua asesmen Youthmanual? Jika sudah, kamu dapat mengamati kembali hasil asesmen yg kamu peroleh, ya. Kamu juga dapat membaca rekomendasi jurusan sesuai minat dan kemampuanmu di <a href="https://www.youthmanual.com/cari-jurusan">https://www.youthmanual.com/cari-jurusan</a></p><p>Semangat! Semoga kamu menemukan jurusan terbaikmu bersama youthmanual!</p>
Wira Wicaksana
Mentor Youthmanual
3 tahun yang lalu

<p>Halo Freya, disini aku mau bagi pendapat sama kamu.</p><p>Kamu sudah punya pelajaran dan hobi yang kamu miliki, lalu apa kamu ada gambaran seperti apa kamu nanti? Seperti cita-cita atau impian? </p><p>Pasti kamu susah atau takut salah jurusan, kecuali kamu memilih jurusan yg sudah akan menjadi profesi.</p><p><br></p><p>Nah kamu bisa tanya-tanya jurusan yg menurut kamu sesuai. Bagaimana pembelajaranya dan bagaimana prospek kerjanya.</p><p>Disini Mentor 'Tanya YM' pasti bantu jawab pertanyaanmu.</p>
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1