Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Diana
3 tahun yang lalu

Kalau kamu mau cari jurnal2 kamu bisa search di google scholar disitu biasanya banyak jurnal2 internasional juga, kalau ebook aku suka dapet dari line square farmasi atau dari dosen dan kating hehe

By : Agustina - Alumni PoltekKes Kemenkes Bandung 

Baca selengkapnya
0 657
Aria Krismadani
3 tahun yang lalu

Hai Aria,

Aku bantu jawab ya. Kebetulan aku kuliah jurusan sastra.

Kalau tips sih sebenernya ga ada yang mutlak selain: kamu emang minat,suka, dan bisa.

udah coba kepoin kedua jurusan itu belum? coba cari di https://www.youthmanual.com/cari-jurusan ya.

semua informasi yang perlu kamu tahu untuk mempersiapkan diri kamu menjadi mahasiswa jurusan multimedia/sastra bisa kamu baca disana.


Untuk Sastra sendiri, kamu juga mesti suka banyak baca literatur-literatur sastra. tugas-tugas anak sastra biasanya banyak banget analisis bacaan dll. Jadi dari sekarang juga mesti latihan skill analisisnya. Sastra ga cuma belajar bahasa tapi budaya. Jadi anak sastra (dan harusnya semua jurusan kuliah) harus open minded dan kritis. Jangan kaget kalau kamu nanti dapet mata kuliah filsafat yang ngejlimet di awal semester, karena ya memang kamu dipersiapkan untuk menajamkan analisis dan mempertanyakan banyak hal. Keliatan abstrak ya? namanya juga seni. hehehehe.

yang penting kalau mau masuk sastra banyak-banyak baca buku, bukan cuma novel ya. asah kemampuan menulis juga. menuangkan gagasan melalui tulisan, dll.

lengkapnya bisa baca sharingku tentang jurusan sastra di sini ya: https://www.youthmanual.com/post/profil/jurusanku-sastra-indonesia-universitas-negeri-jakarta-triani-agustini-nainggolan

Semoga menjawab ya, dan sangat terbuka untuk diskusi lebih lanjut ;)

Good luck Aria!

Baca selengkapnya
0 817
Jodi
3 tahun yang lalu

Halo, Jodi!

Berhitung seperti apa nih yang kamu kurang suka?

Kalau entrepreneur atau technopreneur, pasti ada hitungannya, tapi bukan hitungan rumit seperti di teknik sih. Lebih ke logika dan statistik aja. Saranku sih, kalau kamu memang ingin jadi entrepreneur, nggak perlu takut untuk belajar matematika bisnis. Nggak serumit itu kok. Kalau kamu menghindari hitungan, coba bayangkan, bagaimana seorang pengusaha bisa menghuting keuntungan dan kerugian dari bisnisnya?

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 921
Salsabila disa
3 tahun yang lalu

Halo, Salsabila!

Kalau kamu mau masuk ke jurusan desain interior, kamu perlu mulai belajar menggambar teknik supaya nanti nggak kesulitan semasa kuliah. Kamu juga perlu banget mulai membiasakan dan meningkatkan kemampuan visual 3 dimensi dan kreativitas.

Kalau dari pelajaran sekolah, yang dominan perlu kamu fokuskan adalah matematika, seni/budaya, juga prakarya. Fisika ada sih, tapi nggak terlalu berat kok fisika di desain interior.

Jangan lupa, banyak-banyakin wawasan dan referensi tentang interior dan furnitur, bisa jadi bahan ide kamu nanti!

Semoga membantu

Baca selengkapnya
0 949
sumsori
4 tahun yang lalu

Halo, Sumsori!

Ada 2 tahapan seleksi masuk STAN.

  1. Tahap 1: Ujian tertulis
    Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bahasa Inggris (TBI)
  2. Tahap 2: Ujian kesehatan dan kebugaran
Baca selengkapnya
0 890
Ansalma
4 tahun yang lalu

Halo Ansalma!

Perlu ketekunan dan usaha besar nih buat lolos masuk ke sekolah kedinasan/perguruan tinggi kedinasan (PTK). Pertama, pahami kemampuan dan minat mu. Banyak sekali pilihan PTK, tetapi ada beberapa PTK yang mensyaratkan mu untuk memilih hanya satu dari beberapa PTK di bawah Kemenpan-RB. Atur strategi mu dengan matang.

Kedua, kamu harus memahami dulu tes apa saja yang akan kamu lewati di PTK yang kamu inginkan. Misal, PKN STAN pada 2018 hanya mensyaratkan Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKK) bagi beberapa jurusan saja, tidak seperti tahun sebelumnya sementara beberapa PTK mensyaratkan TKK bagi seluruh pendaftar. Dengan memahami alur seleksi, kamu akan lebih mudah merencanakan latihan. 

Ketiga, aturlah latihan-latihan seperti soal-soal, kesamaptaan atau fisik. Akan lebih baik jika dimulai dari jauh hari untuk memaksimalkan kemampuan mu. Atur waktu supaya latihan dan belajar mu bisa lebih fokus dan tertata.

Last but not least, jangan lupa berdoa dan selalu minta restu orang tua. Percaya atau tidak, tapi ini merupakan salah satu faktor utama keberhasilan diri dimanapun dan kapanpun bagi mu. 

Untuk menambah referensi kamu bisa cek link dibawah ini ya:

https://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/ragam-jenis-tes-masuk-perguruan-tinggi-kedinasan


Semoga jawaban di atas dapat membantu kamu ya. Semoga sukses!
Dijawab kurang dari 1 menit yang lalu
Baca selengkapnya
0 775
ridwan rahmatullah
4 tahun yang lalu

Halo, Ridwan!

Kalau kamu ingin masuk jurusan ekonomi pembangunan, kamu bisa mulai dengan rajin membaca info atu berita terkini tentang dunia ekonomi. Wawasan ini penting buat kamu saat kuliah karena di perkuliahan akan banyak tugas yang namanya membuat makalah ekonomi dan juga presentasi.

Kamu juga harus mulai belajar membaca grafik-grafik data ekonomi supaya waktu kuliah nanti nggak kaget. Dan ketika kamu baca informasi tentang berita ekonomi, usahakan buat rangkuman atau kesimpulan untuk melatih penalaran kamu dalam mencerna informasi.

Coba biasakan dulu, jadi saat kuliah nanti kamu nggak kaget dan kesulitan ya.


Baca selengkapnya
0 835
Dina
4 tahun yang lalu

Haloo, Dina. Aku mau bantu jawab pertanyaanmu ya :) Kenalin, aku Tria. Mahasiswa semester 4 fakultas hukum Undip. 

Dulu aku pernah daftar SNMPTN dan belum ketrima, hehe. Akhirnya aku banting setir ke SBMPTN. 

Aku mempersiapkan SBMPTN semenjak 1 bulan sebelum tes SBMPTN. 1 bulan itu tepat saat waktu jeda antara UN dan SBMPTN. 

Gak ada yang perlu diunggulkan dalam materi tertentu kok Dina. Hanya saja, km harus bisa mengerti kelebihan kemampuanmu. Jadi usahakan kemampuanmu itu bisa mendongkrak nilaimu (tapi seimbangkan juga yang lainnya). 

Misalnya ketika kamu bisa geografi, berarti km harus mampu menargetkan sampe mana poin geografimu. Begitupun yang lainnya. Apalagi dengan sistem SBMPTN sekarang. 

Selalu update pula soal2 yg km pelajari. Dan banyak2 latihan soal ya. Km juga harus tekun dan jangan malas untuk trus berlatih mengerjakan segala tipe soal. 

Dan yang paling utama adalah doa. Berdoalah dan minta diberikan yang terbaik oleh Tuhan. 

Jangan lupa untuk baca2 artikel youth manual ya Dina! Semangat untuk mengejar jurusan yang kamu impikan!


Baca selengkapnya
0 1482
Permatha Hati Putri Akyani
3 tahun yang lalu

Haloo Permatha :) aku mau coba jawab pertanyaanmu yaa.. 

Mengenai indikator nilai agar diterima di jurusan atau universitas tertentu itu masih belum transparan hingga saat ini. Sehingga yang perlu kamu lakukan untuk mempersiapkan diri agar masuk di jurusan dan kampus yang kamu impikan, kamu harus terus berlatih, berdoa, dan sering2 update youth manual ya! 

Semangatttt

Baca selengkapnya
0 1128
ARIF MUDA HASIBUAN
3 tahun yang lalu
Izin menjawab. Bisa kok. Hanya saja emang tetap harus berlatih berinteraksi dengan manusia lainnya, karena komunikasi dengan sangatlah penting. Minimal mampu bersosial, latihan saja ketika berkuliah di dalamnya. Saya meyakini jika memang punya keyakinan kuat menjadi seorang praktisi hukum, dia akan memancing diri agar tetap bisa bicara, minimal dalam keseharian ataupun diskusi. 
Baca selengkapnya
0 2088
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1