Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Eko Satria Permana
4 tahun yang lalu

izin menjawab ya Eko.

yang perlu dipertanyakan kembali adalah kenapa mengambil jurusan itu ?

silahkan wajab sendiri,

apa cita dan tujuan hidupmu? silahkan jawab sendiri

jika masalah pekerjaan tergantung pada kemampuan diri seseorang, banyak juga tempat yang bukan hanya gelar belaka yang dicari melainkan kemampuan seseorang. 

jadi kemampuan diri dan kesukaan sangat menentukan kita bakal kerja apa.

untuk mengetahui minat, bakat dan kemampuan kita silahkan ikuti tesnya di peta perjalananmu :)

Baca selengkapnya
0 713
Luthfia Puji Rahasti
4 tahun yang lalu

Halo Luthfia!

Saat ini banyak pekerjaan-pekerjaan yang sangat dibutuhkan tapi masih kurang populer terutama di kalangan siswa SMA/SMK. Bukan berarti kita memilih jurusan yang sepi peminat supaya gampang diterima aja, ya. Memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu tetap harus jadi pertimbangan utama ketika memilih jurusan.

Kamu bisa tengok jurusan-jurusan yang peminatnya sepi tapi peluang kerja besar di artikel berikut:

https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/7-jurusan-ini-emang-sepi-peminat-tapi-prospeknya-di-masa-depan-wow-banget

Selamat merancang masa depan!

Baca selengkapnya
0 1704
Irly aprinia
4 tahun yang lalu

Haii aku bantu jawab yaa sobat :). Jadi jawabannya adalah "IYA" bisa. Lulusan ilmu komunikasi itu bisa bekerja sebagai PNS. Kalian bisa daftar dan mengikuti tes CPNS. Contoh pekerjaan atau profesi yang bisa kalian ambil yaitu sebagai dosen. Selain itu kalian juga bisa bekerja di beberapa instansi atau kementrian yang membuka lowongan CPNS seperti : Badan Intelejen Negara, Badan Kepegawaian Negara, dll. Info lengkapnya dapat kamu lihat di http://makassar.tribunnews.com/2017/09/12/anda-lulusan-s1-ilmu-komunikasi-berikut-rangkuman-beberapa-instansi-yang-membuka-lowongan-cpns?page=2

Hehe semoga membantu yaa infonya :), Tetep Semangat! <3

Baca selengkapnya
0 9752
Alya Whyn
4 tahun yang lalu

Hi Alya! Jika kamu kuliah di pendidikan sosiologi kamu tetap bisa bekerja di pemerintahan. Contohnya kamu bekerja di Kementrian Pendidikan, Kementrian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak, dan lainnya. Untuk seleksi menjadi PNS sangat ketat dan sulit, maka harus mempersiapkan dengan maksimal.

Baca selengkapnya
0 1164
Trisna Gunawan
4 tahun yang lalu

Halo, Trisna!

Kalau soal buta warna parsial, lebih baik kamu cek jurusan di kampus yang kamu inginkan langsung karena setiap kampus memiliki standar dan syarat yang berbeda-beda.

Baca selengkapnya
0 10781
Pranadita Kusuma Jaya
4 tahun yang lalu

Halo, Pranadita!

Ada banyak lulusan Sistem Informasi yang dibutuhkan di masa depan, karena banyak perusahaan yang membutuhkan solusi untuk sistem, terutama karena sudah Revolusi Industri 4.0. Tetapi kalau menurutku, profesi yg sangat dibutuhkan adalah Business Analyst dan System Analyst.

Sebagai seorang Business Analyst, kamu akan mengidenfitikasi kondisi perusahaan sekarang lalu membantu merencanakan masa depan dan membuat solusi yang sesuai dengan tujuan perusahaan tsb. 

Sebagai seorang System Analyst, kamu akan menggunakan komputer dan sistem untuk merancang solusi terbaru menggunakan IT, lalu memodifikasi, meningkatkan atau mengadaptasi sistem yang ada dan mengintegrasikan perbaikan baru, semuanya dengan tujuan meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis.

Hal yang perlu kamu persiapkan yang pasti soft skill dan hard skill kamu. Dalam soft skill, kamu harus meningkatkan kemampuan analisis, logika, dan menyelesaikan masalah, serta meningkatkan cara berkomunikasi kamu untuk bertemu client nanti. Dalam hard skill, kamu perlu mengerti cara mengolah data, ngoding dengan berbagai bahasa, mengerti tentang bisnis terutama Enterprise Resources Planning dan Customer-relationship Management, dan tentang sistem informasinya sendiri.

Semangat! Semoga membantu.

Baca selengkapnya
0 1978
Arayken Ammuro
4 tahun yang lalu

Hi Arayken!

Langkah pertama agar kamu tidak salah memilih jurusan dan pastinya juga karir kerja mu adalah kamu perlu paham dan mengenali bakat dan minat yang tertanam di dalam dirimu. Nah bagaimana cara nya ya?

Sebelumnya apakah kamu sudah mengenal apa itu Peta Perjalanan yang ada di akun youthmanual mu? Setelah kamu berhasil sign up, kamu akan langsung ditampilkan dengan peta perjalanan tersebut. Peta perjalanan ini akan membantumu untuk mencari tahu apa saja keunikan dan passion yang ada di dalam dirimu. Sehingga kamu perlu untuk menyelesaikannya hingga langkah terakhir dan kemudian kamu akan mendapatkan hasil berupa final report. 

Final report dapat kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan mu untuk memilih jurusan apa yang ingin kamu perdalam di jenjang perkuliah tinggi nanti dan pastinya kamu sudah siap untuk memilih bidang pekerjaan apa yang ingin kamu capai.

Kamu juga dapat mengakses berbagai artikel yang tersedia di youthmanual agar kamu jauh lebih mantap dalam merancang karir mu di masa depan. Selamat mencoba!

1. https://www.youthmanual.com/post/panduan-persiapan-kuliah

2. https://www.youthmanual.com/post/panduan-persiapan-karier

Baca selengkapnya
0 1745
revi pravira pangestuti
6 tahun yang lalu

Hai Revi!

Ini kamu bisa baca baca tentang jurusan administrasi negara di sini http://www.youthmanual.com/cari-jurusan/humaniora/administrasi-negara . Di laman itu juga ada beberapa rekomendasi profesi yang cocok untuk jurusan administrasi negara lho. :)

Baca selengkapnya
0 662
Miga Ramadhanty
6 tahun yang lalu

Halo Miga!

Seperti yang disebutkan di http://www.youthmanual.com/cari-jurusan/budaya-bahasa/arkeologi, lulusan Arkeologi tidak hanya bisa jadi arkeolog tapi juga bisa jadi peneliti dan akademisi. Selain itu, lulusan Arkeologi juga bisa kok kerja di bidang lain yang ga langsung berhubungan dengan Arkeologi. Salah satu teman saya yang lulusan Arkeologi saat ini bekerja sebagai Field Producer di CNN Indonesia.  Kalau mau kerja di bidang yang berbeda dengan jurusan kuliah, baca tipsnya di http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/inilah-penjelasan-lengkap-kenapa-kamu-bisa-banget-bekerja-di-bidang-yang-nggak-nyambung-dengan-jurusan-kuliahmu yaa..

Semangat dan semoga sukses! :)

Baca selengkapnya
0 864
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1