Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Rencanamu
2 tahun yang lalu

Menarik nih, dulu ada temen aku yg kaya gini. Cara nya adalah meyakinkan orang tua kamu kalau apa yang kamu lakukan sekarang adalah hal positif yang bermanfaat untuk perkembangan kamu. Dan temen aku jg berhasil meyakinkan orang tuanya, semoga berhasil!

By : Yoga - Alumni Akuntansi Telkom University

Baca selengkapnya
0 498
aulia anastasya
3 tahun yang lalu

Halo, Aulia!

Dalam mengatasi ketidakcocokan dengan kemauan orang tua, kamu harus punya strategi agar ortu bisa terbuka dan mendukung pilihanmu. Yang pasti kamu harus bisa berdiskusi baik-baik dengan orang tua sehingga kamu dan ortu bisa menemukan titik tengah dan diskusinya nggak berujung menambah masalah baru.

Youthmanual punya artikel mengenai tips meyakinkan pilihan jurusan ke orang tua, nih! Bisa banget diaplikasikan ke pilihan kamu untuk menjalankan bisnis juga. Selamat membaca.

https://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/pilihan-jurusan-kuliah-nggak-disetujui-ortu-ini-solusinya

Salam,

Valen.

Baca selengkapnya
0 383
Putri Hinami
3 tahun yang lalu

Halo, Putri!

Menurutku, kamu harus punya tujuan yang jelas dulu mengenai jurusan di bidang seni yang mau kamu ambil. Apakah seni memang minat dan kemampuanmu? Nantinya profesi apa yang mau kamu ambil?

Selain itu, kamu harus menunjukkan bahwa kamu bisa dipercaya untuk kuliah di jurusan seni, misalnya dengan menunjukkan hasil karya kamu dan bersungguh-sungguh mempersiapkan diri untuk tes masuk jurusan seni.

Perbanyak juga diskusi dengan ortu. Jelaskan alasan kamu memilih untuk berkuliah di jurusan seni dan nantinya kamu mau mengambil profesi apa. Jangan lupa untuk berbicara dengan baik dan sopan.

Untuk lebih lengkapnya silakan baca artikel-artikel berikut, ya! Semangat!

https://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/berbagai-alasan-kenapa-orang-tua-nggak-setuju-pilihan-jurusan-kuliah-kamu

https://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/bagaimana-cara-meyakinkan-ortu-tentang-jurusan-kuliah-pilihan-kamu

Salam,

Valen.

Baca selengkapnya
0 451
Jasmine Larasati
5 tahun yang lalu

Halo Jasmine!

Wah bagus ya kamu sudah mulai merancang mau masuk jurusan mana :) Apa yang membuat orang tuamu keberatan dengan jurusan pilihanmu? Baca deh artikel http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/berbagai-alasan-kenapa-orang-tua-nggak-setuju-pilihan-jurusan-kuliah-kamu, siapa tahu ada yang sama alasannya. Lalu, untuk meyakinkan orang tua silakan coba tips di http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/bagaimana-cara-meyakinkan-ortu-tentang-jurusan-kuliah-pilihan-kamu ya.

Semoga sukses diskusinya dengan orang tua :)

Terima kasih juga Aldi sudah bantu jawab..
Baca selengkapnya
0 389
Maheswari Kirana
5 tahun yang lalu

Halo, Maheswari Kirana :)


wah keren ya, puya cita-cita untuk jadi Fashion Designer! kenapa mesti malu? Yuk kita buktiin ke orang tua bahwa kita memiliki passion/minat untuk berkarir dalam bidang seni, karena segala bidang ilmu itu pasti bermanfaat kok. Mungkin langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menunjukkan karya-karyamu dalam bidang tersebut. Tunjukkan juga antusiasmemu dalam menggeluti passionmu itu sambil berdiskusi dengan mereka mungkin ketika sedang bersantai.

Mungkin sebagai contoh, kamu juga bisa nih untuk mengenalkan fashion-fashion designer yang sudah sukses dan berhasil ke orang tuamu, dan katakan saja kamu juga ingin sukses seperti mereka.


Oiya, kita juga punya artikel nih :

http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/bagaimana-cara-meyakinkan-ortu-tentang-jurusan-kuliah-pilihan-kamu

Goodluck ya, Maheswari! :)

one thing to remember: "great things never achieved without enthusiasm".

Baca selengkapnya
0 492
Hanna Khairunnisa
5 tahun yang lalu

Halo Hanna!

Tips menentukan pilihan kedua bisa kamu baca di http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/saat-kamu-harus-memutuskan-pilihan-kedua-untuk-sbmptn-gimana-caranya ya. Lalu kalau kamu bertekad bulat mau HI tapi harus di Jakarta, kamu juga bisa pertimbangkan kuliah di perguruan tinggi swasta di Jakarta lho! Baca ya di artikel http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/jurusan-hubungan-internasional-terbaik-di-indonesia-dengan-kampus-berakreditasi-a perguruan tinggi mana saja yang berkualitas baik jurusan Hubungan Internasionalnya.

Semoga membantu :)

Baca selengkapnya
0 379
Fathia Rahmawati
5 tahun yang lalu

Halo Fathia!

Terima kasih ya sudah bertanya :) Sebelum jawab pertanyaanmu, saya mau tanya dulu. Sebetulnya yang kamu rasa ga cocok jurusannya (ilmu yang dipelajari, mata kuliahnya, tugas-tugasnya) atau lingkungannya (mungkin teman-temannya, dosennya, lokasi kampusnya, atau lainnya)? Saran dari saya akan tergantung sama jawaban kamu untuk pertanyaan itu hehehe..

Tolong balas lagi yaa.. Terima kasih :)

Baca selengkapnya
0 385
Valentine Safana Aulia Miriano
5 tahun yang lalu

Halo Valentine!

Pertama-tama, kamu perlu tahu dulu mengapa orang tua kurang setuju atau kurang yakin dengan pilihanmu. Kalau sudah tahu, barulah kamu sampaikan argumen yang mendukung agar orang tuamu menjadi yakin. Baca tipsnya di sini ya:



Untuk informasi beasiswa, ada baiknya kamu cek langsung ke jurusan dan perguruan tinggi yang kamu minati, apa saja kesempatan keringanan biaya dan beasiswa yang ada di sana.

Semoga membantu :)

Baca selengkapnya
0 390
Febiola K
5 tahun yang lalu

Halo Febiola!

Memilih jurusan memang butuh banyak pertimbangan. Baca artikel ini ya untuk membantumu mempertimbangkan pilihan..

Terkait prospek kerja, menurutmu apakah kalau masuk Geodesi kamu akan bia menikmati dan mau menekuni sehingga saat lulus kamu memiliki kemampuan yang baik dan bisa bersaing di bidang itu? Kalau menurut saya, prospek kerja itu bisa diciptakan, asalkan kamu punya sikap dan keterampilan pendukung yang baik. Kalau kamu tidak suka dan akhirnya kurang bsia bersaing di Geodesi karena selama kuliah kamu tidak bersemangat mengasah keterampilan, saya pikir belum tentu mudah dapat kerja juga lho setelah lulus.. 

Mengenai perbedaan keinginan dengan orang tua, baca artikel ini ya:

Semoga membantu :)
Baca selengkapnya
0 358
Ilham Dailimi Pebriana
5 tahun yang lalu

Halo Ilham,

Coba baca tiga artikel ini ya. Di artikel kedua dan ketiga, cari poin tentang "meyakinkan orangtua". Semoga membantu!

http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/bagaimana-cara-meyakinkan-ortu-tentang-jurusan-kuliah-pilihan-kamu

http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/cara-mengatasi-berbagai-kendala-masuk-ke-jurusan-kuliah-incaran

http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/mau-kuliah-di-perantauan-baca-ini-dulu-gaes

Baca selengkapnya
0 328
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1