Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Rencanamu
2 tahun yang lalu

Haii dik! Semua pekerjaan di bidang kreatif membutuhkan portofolio untuk membuktikan sejauh mana kamu bisa melakukan pekerjaan tersebut. Untuk isinya, sesuai dengan kemampuan dan target yang dituju. Contohnya, jika kamu ingin menjadi fotografer, isinya foto2 kamu, jika kamu ingin menjadi desainer, isi2nya dengan design2 yg sudah kamu buat. Dari beberapa sumber yg aku baca, portofolio hanya di isi dengan karya2 terbaik kamu saja yaa. Semangatt :)

By : Ayu - Mahasiswa Seni Rupa Telkom University



Baca selengkapnya
0 1842
Rencanamu
2 tahun yang lalu

Hai dek! aku pernah di posisi itu, memang kalau kita lg diposisi itu, kita harus lebih cape dan lebih effort. Dan juga jangan nunda kerjaan ya secape apapun kamu. Nanti pasti kamu yang merasakan manfaatnya. Cara bagi waktunya adalah dengan menentukan prioritas kita mau kemanaa.

By : Yoga - Alumni Jurusan Akuntansi Telkom University

Baca selengkapnya
0 690
Freya
3 tahun yang lalu

Halo Freya, perkenalkan aku Hasna Nadiyah, kali ini aku akan menjawab pertanyaan kamu ya.

Untuk menemukan jurusan yg cocok, kamu harus mengenali dirimu sendiri dengan baik. Mulai dari kepribadian, minat, serta kemampuan. Youthmanual bisa menjadi sarana kamu untuk menemukan ketiga hal tersebut loh.

Apakah kamu sudah mengisi semua asesmen Youthmanual? Jika sudah, kamu dapat mengamati kembali hasil asesmen yg kamu peroleh, ya. Kamu juga dapat membaca rekomendasi jurusan sesuai minat dan kemampuanmu di https://www.youthmanual.com/cari-jurusan

Semangat! Semoga kamu menemukan jurusan terbaikmu bersama youthmanual!

Baca selengkapnya
0 1856
Salsabila disa
3 tahun yang lalu

Halo, Salsabila!

Kalau kamu mau masuk ke jurusan desain interior, kamu perlu mulai belajar menggambar teknik supaya nanti nggak kesulitan semasa kuliah. Kamu juga perlu banget mulai membiasakan dan meningkatkan kemampuan visual 3 dimensi dan kreativitas.

Kalau dari pelajaran sekolah, yang dominan perlu kamu fokuskan adalah matematika, seni/budaya, juga prakarya. Fisika ada sih, tapi nggak terlalu berat kok fisika di desain interior.

Jangan lupa, banyak-banyakin wawasan dan referensi tentang interior dan furnitur, bisa jadi bahan ide kamu nanti!

Semoga membantu

Baca selengkapnya
0 704
Hanif Rabbani Zubair
3 tahun yang lalu

Halo, Hanif!

Bisa banget kok. Yang terpenting adalah bagaimana kamu mempersiapkan diri agar bisa mengerjakan soal-soal soshum di SBMPTN. berikut adalah beberapa tipsnya:

https://www.youthmanual.com/post/panduan-masuk-smk/panduan-persiapan-kuliah-untuk-lulusan-smk/apa-yang-harus-dipersiapkan-anak-smk-sebelum-memasuki-dunia-kuliah

https://www.youthmanual.com/post/panduan-masuk-smk/panduan-persiapan-kuliah-untuk-lulusan-smk/lulusan-smk-lanjut-kuliah-bisa-kok

Kalau kamu masih bingung memilih jurusan, ada baiknya kamu jangan asal-asalan memilih. Coba ikuti asesmen yang ada di youthmanual hingga kamu bisa melihat kecocokan minat dan kemampuanmu pada jurusan ti/si/komunikasi. Pokoknya pilihlah sesuai minat dan kemampuanmu. Jangan hanya terpaku pada karena kamu lulusan TKJ, maka kamu harus mengambil komputer.

Baca selengkapnya
0 2943
Nur Hasanah
3 tahun yang lalu

Hi Nur Hasanah,

Terima kasih sudah mengajukan pertanyaan di Tanya Youthmanual, dengan senang hati kami mencoba menjawab pertanyaannya ya.

Pada dasarnya, jurusan Hubungan Internasional khususnya di kampus-kampus di Indonesia tidak mengharuskan mahasiswanya untuk bisa berbahasa asing, bahkan tidak semua kampus menyediakan mata kuliah bahasa asing, termasuk bahasa Inggris. Namun, karena jurusan ini membahas tentang su-isu internasional dan dapat memberikan kamu kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan di luar negeri, minimal kamu harus mampu berbahasa Inggris. Sehingga kamu dapat memahami buku-buku dan referensi kuliah yang dituliskan dalam bahasa Inggris dan juga dapat berinteraksi dengan banyak orang yang mungkin kamu temui dikampus atau kegiatan didalam maupun luar negeri.

Dunia kerja saat ini juga menuntut untuk setiap orang bisa berbahasa Inggris lho, jadi pastikan kamu mau belajar untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mu.

Kalau kamu ingin masuk ke jurusan ini, pastikan kalau kamu memang punya minat dan kemampuan di dunia hubungan internasional. Untuk mengetahui kecocokanmu dengan jurusan Hubungan Internasional, ikuti assessment Youthmanual dan eksplorasi program studi Hubungan Internasional dan program studi lainnya disini https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/humaniora/hubungan-internasional

Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca beberapa artikel Youthmanual tentang jurusan Hubungan Intenasional disini https://www.youthmanual.com/post?src=hubungan%20internasional

Semoga dapat menjawab 2 pertanyaan kamu sekaligus ya. Terima kasih dan good luck!


Baca selengkapnya
0 565
Dwiky Putra
3 tahun yang lalu

Hi Dwiki!

Kecocokan yang hanya dua bintang bisa disebabkan oleh 2 hal: kamu belum terlalu minat atau kemampuan kamu saat ini belum memadai.

Lalu harus apa?
Coba eksplorasi lagi deh jurusan yang masih mirip dengan cyber security.
Masih ingin di jurusan ini? Go for it. Setidaknya saat ini kamu sudah tau kemampuan kamu bagian mana yg masih kurang cocok dengan Cyber Security kan? Nah, fokusin deh untuk meningkatkan kemampuan tersebut.

Silakan baca Final Report untuk berbagai tips lebih detil mengenai aktivitas yg harus kamu coba yaa.

Good luck!

Baca selengkapnya
0 412
Fadilla Yahya
5 tahun yang lalu

Hai, Fadilla Yahya :)

Untuk beasiswa di PTN itu sebetulnya sangat banyak dan beragam. Jenis beasiswa yang ditawarkan dan persyaratannya pun banyak yang berbeda di setiap universitas. Misalnya, ada beasiswa dari alumni, dari dikti, dan lain sebagainya. Mungkin salah satu jenis beasiswa untuk PTN yang cukup umum dari dikti di PTN ada salah satunya yang dinamakan beasiswa bidikmisi. Biasanya di website universitas juga ada kok, informasi mengenai beasiswa tersebut. Jadi, jangan ragu untuk cari informasi sebanyak-banyaknya, yaa :)


http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/akademik/apa-sih-beasiswa-kuliah-bidikmisi-itu-dan-bagaimana-cara-mendapatkannya


Sebagai bahan referensi, kita punya artikel nih mengenai beasiswa bidikmisi. Semoga bermanfaat yaa :)


Baca selengkapnya
0 463
afina syifa
5 tahun yang lalu

Halo Afina!

Wah kamu harus belajar time management nih. Pertama, kamu harus tahu dulu gaya belajar kamu. Setiap orang punya gaya belajar berbeda-beda lho. Nah setelah itu, coba deh kamu bagi waktu. Misal, kamu efektif belajar 2 jam setelah pulang sekolah. Lalu dalam seminggu, cobalah alokasikan 3 hari untuk pelajaran IPA, 3 hari untuk IPS, dan 1 hari untuk istirahat. Mendekati Ujian Sekolah, tambahlah porsi belajar IPA-nya. Nah, setelah ujian sekolah usai, kamu bisa tuh mulai intensif belajar SBMPTN.

Temukan juga teman belajar yang asik agar kamu makin semangat belajar ya! Berikut beberapa artikel seru yang bisa kamu baca:

http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/persiapan-menghadapi-sbmptn-2017-yang-perlu-kamu-lakukan-dari-sekarang


http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/timeline-menuju-sbmptn-dan-seleksi-perguruan-tinggi-2017-yuk-mulai-atur-jadwal-belajar-kamu


http://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/walaupun-sederhana-berikut-5-tips-persiapan-sbmptn-yang-perlu-kamu-perhatikan

Good luck! :)

Baca selengkapnya
0 567
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1