Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain


4 tahun yang lalu
Tidak karena mengikuti seleksi PTN jalur SBMPTN itu tentang kemampuan kita bukan karna tingkatan sekolah 
Baca selengkapnya
0 812
Dhea Miranda Widana Putri
4 tahun yang lalu

Halo Dhea!

Kualitas belajar kamu nggak selalu ditentukan dengan buku yang kamu gunakan, lho. Sebelum membeli buku, kamu bisa mengunduh (download) beberapa soal yang bisa digunakan untuk belajar. Untuk melatih Tes Potensi Skolastik (TPS) kamu bisa mengerjakan modul kemampuan di Youthmanual untuk memetakan kemampuan yang masih perlu dikembangkan, sementara untuk Tes Kemampuan Akademik (TKA) silakan download contoh soalnya dengan login ke halaman contoh soal UTBK dengan log in ke http://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id

Semoga membantu ya

Baca selengkapnya
0 12948
Anastasya Nuhfebria
4 tahun yang lalu

Halo, Anastasya!

SNMPTN dan SBMPTN hanya berbeda di jalur masuk PTN. SNMPTN menggunakan nilai rapor selama SMA, selama SBMPTN melalui ujian tulis.

Di Universitas Indonesia, keduanya termasuk dalam program Reguler, sehingga saat Kegiatan Awal Mahasiswa Baru, keduanya bercampur dan berbeda jadwal dengan program Paralel. Untuk beberapa mata kuliah wajib UI seperti MPKT (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi), mahasiswa Reguler juga bercampur sehingga tidak ada yang berbeda. Dalam segi biaya pun keduanya mendapatkan hak yang sama.

Hal yang berbeda adalah NPM (Nomor Pokok Mahasiswa). Untuk angkatanku (2017), mahasiswa jalur SNMPTN memiliki 17069 sebagai 5 nomor pertama, sementara SBMPTN dan jalur lainnya memiliki 17060 sebagai 5 nomor pertama.

Fun fact: Perbedaan kecil yang terlihat adalah beberapa mahasiswa jalur SNMPTN lupa dengan pelajaran SMA seperti Kalkulus, karena sudah lama tidak di refresh. :D

Semangat! Semoga membantu.

Baca selengkapnya
0 987
Maya Athifah Rahma
4 tahun yang lalu

setau saya boleh banget, 

karena memang kuota sekolah untuk jalur snptn kan tidak 100 persen mengikuti. maka jalur yang bisa ditempuh lainnya ya sbmptn, jika sudah dibuka yang langsung daftar saja langsung

semoga bermanfaat

Baca selengkapnya
0 612
Lutfiah maulidzah
4 tahun yang lalu

Hai Lutfiah,

soal ada kesempatan atau nggak, semua balik lagi ke tujuan kamu: apakah tujuan kamu cuma sampai sebatas lolos SNMPTN/SBMPTN, atau ingin berkuliah di jurusan impian agar bisa mencapai cita-cita kamu?

Kalau tujuan kamu adalah yang pertama, jawabannya jelas nggak ada kesempatan. Kalau tujuan kamu adalah yang kedua, jawabannya masih ada jutaan kesempatan untuk kamu. Asal tujuan kamu jelas, ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk mencapainya. Kamu bisa ikutan Seleksi Mandiri, daftar ke PTS, ambil beasiswa ke luar negeri, ambil gap year dan ikutan kursus biar pengetahuan dan kemampuanmu untuk mencapai cita-cita terus meningkat, dan lainnya. Dan semua balik lagi ke kamu: kamu harus tahu dulu apa yang menjadi tujuanmu, dan apakah kamu mau berusaha untuk mengejarnya.

Biar nggak bingung, yuk kenali diri dulu dan rancang tujuan kamu di masa depan di www.youthmanual.com. Setelah ikutan tes minat bakat dan tahu apa rekomendasi jurusan dan profesi yang kamu banget, kamu pun juga bisa baca berbagai informasi dan kesempatan yang bisa kamu ikuti untuk mewujudkan cita-cita kamu di masa depan di www.youthmanual.com/post. Tenang aja, ada banyak jalan menuju Roma. Yang penting mau berusaha (untuk cari tahu) atau tidak :)

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 970
Fitriya N W
4 tahun yang lalu

Hai Fitriya,

sampai saat ini, belum ada ketentuan bahwa untuk memasuki program studi tertentu lewat jalur SBMPTN harus memiliki nilai yang baik di subjek tes tertentu. Jadi, jika kamu ingin berkuliah di program studi Oseanografi lewat jalur SBMPTN, nggak ada jalan lain selain belajar dengan tekun untuk menghadapi UTBK agar mendapatkan skor yang maksimal untuk mengikuti SBMPTN dan memilih program studi kuliah pilihan.

Yang nggak kalah penting, jangan lupa lihat kecocokan minat dan kemampuanmu dengan program studi Oseanografi dengan mengikuti tes minat bakat di www.youthmanual.com ya.

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 861
Putri khofifah
4 tahun yang lalu

AHalo Putri, bantu menjawab ya.

Kamu harus mengambil tes dengan jurusan IPA. Terdiri dari TPA dan tes IPA. Kamu bisa mencari artikelnya di sini https://www.youthmanual.com/post/terkini/berita/teknis-lengkap-pelaksanaan-sbmptn-2019-dan-mengapa-sistem-seleksi-perguruan-tinggi-di-indonesia-sudah-sepatutnya-diubah


Apa yg pelu kamu persiapkan adalah memperbanyak informasi.

https://www.youthmanual.com/post/dunia-kerja/persiapan-kerja/infografik-perjalanan-panjang-seorang-dokter

Itu ada banyaj artikel yg sudah membahasnya.

Aku juga mau kasik kamu tips biar semangat.

https://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/tips-efektif-belajar-mandiri-dengan-latihan-soal-untuk-para-pejuang-sbmptn-yang-mau-tembus-sbmptn-tanpa-bimbel


Semoga membantu. Kalo ada pertanyaan lagi. Kamu bisa kontak kita


Baca selengkapnya
0 3279
Alfhis Halimatus Sa'diah
4 tahun yang lalu

Halo Alfhis, perkenalkan aku Hasna Nadiyah, kali ini aku akan menjawab pertanyaan kamu ya.

Untuk SBMPTN tahun ini seleksi seharusnya menggunakan nilai UTBK, pilihan jurusan SNMPTN tidak akan memengaruhi seleksi SBMPTN. Namun, untuk informasi yang lebih lanjut dan pasti, sebaiknya kamu menanyakan kepada pihak LTMPT terkait hal tersebut.

Semangat!

Baca selengkapnya
0 876
Salsabila disa
4 tahun yang lalu

Halo, Salsabila!

Kalau kamu mau masuk ke jurusan desain interior, kamu perlu mulai belajar menggambar teknik supaya nanti nggak kesulitan semasa kuliah. Kamu juga perlu banget mulai membiasakan dan meningkatkan kemampuan visual 3 dimensi dan kreativitas.

Kalau dari pelajaran sekolah, yang dominan perlu kamu fokuskan adalah matematika, seni/budaya, juga prakarya. Fisika ada sih, tapi nggak terlalu berat kok fisika di desain interior.

Jangan lupa, banyak-banyakin wawasan dan referensi tentang interior dan furnitur, bisa jadi bahan ide kamu nanti!

Semoga membantu

Baca selengkapnya
0 989
Rio Kusuma
4 tahun yang lalu

Halooo Rio, kenalin aku tria. Aku mau jawab pertanyaan kamu ya. Dulu aku juga pernah berjuang di Sbmptn, hehe. 

Oh iya, dulu aku ga pernah belajar sendirian karena aku tipe orang yang males dan bingung mau ngapain. Makanya aku les di lembaga bimbingan belajar gitu. Aku les khusus SBMPTN mulai dari awal masuk kelas 12. Setiap hari minggu aku les dari jam 9 sampe jam 3 sore untuk latihan soal2 SBMPTN dan itu rutin sampe sebelum UN. 

Sampai pada akhirnya aku UN dan fokus ke UN dulu. Jadi aku tuh lebih banyak fokus ke SBMPTN dibandingkan UN. 

Nah, setelah UN itu aku belajar SBMPTN lagi tapi beda program. Aku ikut progran yang 1 bulan full setiap hari  mulai dari jam 9 sampe jam 3 sore. Jadi aku punya waktu 3 jam untuk latihan soal2 dan pembahasannya, dan 3 jam juga untuk review materi SBMPTN. 

Kalo saranku, kalo km emang bingung harus nglakuin apa, carilah metode belajar yang diarahkan oleh mentor yang dalam hak ini ga harus dari lembimbjar langsung gapapa kok, km mungkin bisa pake metode belajar online atau buka2 youth manual mengenai kiat2 atau metodenya. 

Dan kamu juga bisa menyusun target setiap hari apa aja yang harus kamu lakukan dan apa yang akan kamu capai di hari tersebut. 

Semangattt ya! Pasti bisa!! 

Baca selengkapnya
0 1043
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1