Tips Sukses Presentasi 10/20/30 Versi Guy Kawasaki
Apakah tanganmu suka berkeringat saat berbicara di depan banyak orang? Sering tiba-tiba nge-blank pas maju di depan? Yang kamu rasakan itu juga yang dirasakan oleh sebagian besar orang, lho.
Berbicara di depan umum, alias public speaking, sering ditakuti oleh banyak orang. Walau udah berusaha mempersiapkan diri, tapi tetap aja grogi pas sudah maju. Ditambah lagi, kalau teman-temanmu nggak antusias mendengarkan. Komplet.
Nah, saya akan berbagi tips presentasi dari Guy Kawasaki, seorang marketing specialist dan mantan karyawan Apple. Tips dari Om Guy ini oke banget buat kesuksesan presentasi kamu.
Jadi, dia punya suatu metode khusus yang dinamakan aturan 10/20/30. Metode ini diterapkan Guy selama lebih dari 40 kali dalam setahun saat menjadi keynote speaker. Maklum do'i memang laris manis sebagai pembicara. Menurut Guy Kawasaki, kamu nggak perlu takut presentasimu berantakan jika menerapkan metode 10/20/30.
Apa sih, maksudnya 10/20/30? Artinya adalah: 10 slide presentasi, 20 menit berbicara, dan minimal ukuran font tulisan 30.
10 Slide Presentasi
Menurut Kawasaki, total slide presentasimu nggak boleh lebih dari 10 lembar. Soalnya, otak manusia sebenarnya nggak bisa menangkap lebih dari 10 konsep sekaligus dalam satu pertemuan. Jadi usahakan kamu membuat materi presentasimu sepadat mungkin, ya.
20 Menit Waktu Presentasi
"in a perfect world, you give your pitch in twenty minutes, and you have forty minutes left for discussion." (Guy Kawasaki)
Dua puluh menit adalah waktu yang diperlukan untuk menyampaikan presentasi yang singkat, padat, dan jelas. Intinya nggak perlu penjelasan yang panjang lebar. Nggak perlu juga basa-basi kepanjangan. Kalau isi presentasimu memang menarik untuk didengarkan, kamu nggak perlu menjelaskannya berulang-ulang.
30 = Ukuran Font
"because it requires you to find the most salient points and to know how to explain them well." (Guy Kawasaki)
Salah satu kesalahan terbesar presenter adalah memasukkan ukuran huruf yang kecil di slide presentasi. Biasanya ini dilakukan kalau kamu punya kecenderungan pengen memasukkan lebih banyak informasi di slide. Tujuannya pengen se-informatif dan selengkap mungkin, sih. Tapi malah jadi kelihatan penuh serta sulit terbaca.
Lagipula, kalau terlalu banyak teks, kamu akan cenderung membaca slide dan bukan berbicara atau menjelaskan presentasi. Tentu ini bukan hal yang baik dalam presentasi. Etapi, ngomong sambil baca ini juga efektif, lho! Yup, efektif bikin yang mendengar jadi ngantuk. Waduh!
Menurut saya, metode kawasaki ini cocok banget untuk mengatasi rasa takut atau nervous berlebih saat presentasi. Sebab metodenya sederhana, mudah dilakukan, namun bisa bikin fokus.
Nah, jika kamu fokus dengan apa yang akan disampaikan dan tampil percaya diri, orang-orang akan mendengarkan, gaes.
(sumber gambar : medium.com, youtube.com)
gimana? udh wisuda?
Ciri-Ciri Proposal Skripsi yang Baik dan Berkualitas (dan Nggak Bakal Bikin Kamu Dibantai Dosen Penguji)ka mau tanya kalo dari smk keehatan apa bisa ngambil kedokteran hewan?
Mengenal Lebih Dekat Dengan Program Studi Kedokteran HewanKak, ada ga univ yang punya jurusan khusus baking and pastry aja?
5 Program Studi yang Cocok Buat Kamu yang Suka Makanansemangat terusss https://sosiologi.fish.unesa.ac.id/
5 Jurusan yang Diremehkan, Tetapi, Memiliki Prospek Kerja yang Bagussemoga selalu bermanfaat kontennya https://sosiologi.fish.unesa.ac.id/
5 Jurusan yang Diremehkan, Tetapi, Memiliki Prospek Kerja yang Bagus