Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada di Jurusan Ilmu Ekonomi

Jurusan Ilmu Ekonomi atau Ekonomi dan Sosial Pembangunan (I/ESP) adalah salah satu jurusan yang banyak bikin orang galau. Soalnya, banyak banget yang minat sama jurusan ini, tapi nggak tau nanti bakal belajar apa di sana.

Beidewei, pertama-tama kamu harus pahami dulu nih mitos dan fakta yang ada seputar jurusan Ilmu Ekonomi. Dan biar makin jelas, simak juga pilihan konsentrasi apa aja yang bisa kamu ambil di jurusan ini di bawah ini.

1. Ekonomi Perancangan dan Pembangunan

ekonomi pembangunan

Di konsentrasi ekonomi perancangan dan pembangunan, kamu bakal belajar banyak tentang pertumbuhan ekonomi di suatu negara dan aspek-aspeknya serta kontribusinya dalam perancangan dan pembangunan wilayah secara riil. Cocok banget, nih, sama kamu yang udah punya prospek mau jadi tenaga perencana wilayah!

Tujuan konsentrasi ini tentunya untuk memahami dan menganalisa perkembangan wilayah serta pentingnya mekanisme pasar sebagai sarana untuk pembangunan, juga pentingnya campur tangan pemerintah dalam pembangunan kota serta daerah.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Keuangan Negara
  • Ekonomi Kelembagaan
  • Teknik Perancangan Pembangunan
  • Ekonomi Lingkungan
  • Ekonomi Sumber Daya Manusia
  • Pembangunan Perkotaan dan Daerah

2. Ekonomi Moneter dan Perdagangan Internasional

Konsentrasi ini merupan konsentrasi ilmu ekonomi yang menitikberatkan tentang sifat, fungsi serta pengaruh uang terhadap kegiatan ekonomi. Di sini kamu bakal belajar gimana mekanisme penciptaan uang, naik-turun tingkat bunga, pasar uang, sistem dan kebijaksanaan moneter serta yang mempengaruhi kinerja perdagangan, baik dalam skala nasional maupun internasional.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari tentang bagaimana perdagangan barang dan jasa antar negara serta aliran modal internasional, perekonomian negara-negara yang berbeda yang menjadi lebih terikat satu sama lain. Hmm, pas banget buat kamu yang mau jadi ekonom yang mau ngeberesin isu ekonomi internasional yang nggak pernah “adem”, nih!

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Bank dan Lembaga Keuangan
  • Kebanksentralan
  • Ekonomi Keuangan
  • Ekonomi dalam Hubungan Internasional
  • Teknik Perdagangan Internasional
  • Studi Ekonomi Kawasan

3. Ekonomi Publik

ekonomi publik

Ilmu Ekonomi Publik adalah cabang Ilmu Ekonomi yang menelaah masalah-masalah ekonomi khalayak ramai dari sudut pandang kepentingan publik dan pemerintahan, seperti kebijakan subsidi/pajak, regulasi/deregulasi, nasionalisasi/privatisasi, sistem jaminan sosial, ketahanan, pangan, kebijakan teknologi, pertahanan dan keamanan, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.

Di konsentrasi ini, kamu bakal banyak nemuin fenomena ekonomi dengan campur tangan pemerintah. Secara, segala kekayaan negara kita diatur oleh pemerintah, gaes! Buat kamu yang ingin ngebantu pemerintah kita buat mengoptimalkan kinerja ekonomi di sektor publik, nggak salah banget kalau ngambil konsentrasi ini.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Ekonomi Lingkungan
  • Akuntansi Sektor Publik
  • Ekonomi Kesehatan
  • Ekonomi Sumber Daya dan Energi
  • Ekonomi Pendidikan
  • Komunikasi Publik

4. Ekonomi Bisnis dan Industri

Dari namanya, pasti udah ketebak kalau konsentrasi ini menitikberatkan pada pertumbuhan dan perkembangan ekonomi dari segi administrasi bisnis dan kewirausahaan. Singkatnya, kamu bakal mengupas tuntas bagaimana keuangan suatu bisnis yang sangat terkonsentrasi bisa berjalan dan mempengaruhi ekonomi makro dan mikro.

Sedangkan Ekonomi Industri ruang lingkupnya jauh lebih besar karena sudah mencapai tingkat pasar, yang mempunyai pokok bahasan tentang pelaku bisnis dalam suatu industri serta dampaknya terhadap industri dan konsumen. Yang siap jadi entrepreneurial analyst, cus pilih konsentrasi ini, deh!

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Ekonomi Manajerial
  • Bisnis Internasional
  • Teori Lokasi
  • Teori Permainan
  • Teori Portofolio dan Analisis Investasi
  • Kewirausahaan

***

Selain keempat konsentrasi di atas, kamu juga bisa menemukan pilihan konsentrasi lain yang lebih spesifik seperti Ekonomi Islam, Ekonomi Sumber Daya, dan Ekonomi Kependudukan di universitas-universitas tertentu.

Selamat menentukan pilihan!

Baca juga:

(sumber gambar: businessmedialive.co.za, wordpress.com, blogspot.com)

LATEST COMMENT
Fatimah Ibtisam | 8 jam yang lalu

Maksudnya mengulang mata kuliah dengan nilai C+? Hal tersebut disesuaikan dengan peraturan kampusmu. Untuk memastikan, konsultasi lah dengan pembimbing akademik.

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
Zanita Safitri | 2 hari yang lalu

Bismillah masuk farmasi

25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA
Naufal Ganteng | 3 hari yang lalu

Sama gua juga ijin ke guru Dan guru nya izinin

Perlu, Nggak, Sih, Pelajar Bawa Kendaraan Pribadi Ke Sekolah?
Siti Nur Halimah | 3 hari yang lalu

Halo, izin bertanya, Kak! Jika lulusan SMK mendaftar UTBK SBMPTN dengan pilihan prodi SAINTEK, apakah UTBK-nya hanya SAINTEK/IPC? Terima kasih

Lintas Jurusan di SBMPTN 2021 dan Peluangnya
Ariel Mickey | 4 hari yang lalu

Permsi min saya mau nanya, kalau kategori nya B terus seseorang dapat C+ Itu diajukan remedial nggak min Terimakasih.

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1