Menu

Panduan Dalam Mencari Kegiatan Relawan Serta Waktu yang Tepat Untuk Melakukannya

Yang namanya niat baik itu emang paling afdol kalau sampai bisa terealisasi. Nah, buat kamu yang punya niat baik untuk menjaga lingkungan atau membantu sesama, pas banget, dong, rasanya kalau segera gabung dalam kegiatan relawan alias jaddi volunteer.

Tapi, menurut hasil survei singkat yang dilakukan oleh Indorelawan, 80 persen orang bersedia untuk membantu dan terlibat dalam berbagai kegiatan sosial, namun nggak tahu bagaimana cara mencari informasi seputar kegiatan relawan. Belum lagi mencocokkan jadwal dan mencari waktu yang tepat agar nggak sampai mengganggu kegiatan lain. Duh…

So, Youthmanual akan membantu kamu untuk dapat mencari informasi seputar kegiatan relawan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu, serta kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Cekidot!

Mencari Kegiatan Relawan

Sama seperti mencari informasi beasiswa, mencari informasi seputar kegiatan relawan sebetulnya nggak sesulit yang kamu bayangkan, kok. Yang penting adalah kamu harus paham dengan apa yang ingin kamu cari, dan kamu nggak boleh setengah-setengah. Yang namanya niat jangan nanggung, sob!

Idealnya, kamu bisa mencari informasi seputar kegiatan relawan di:

1. Komunitas

Let’s say kamu menaruh perhatian pada suatu bidang. Nah, biasanya bakalan ada kominutas yang berisikan individu-individu yang memiliki minat yang sama dengan kamu. Jika komunitas tersebut menyelenggarakan acara sukarela atau memang bergerak dalam rangka menyalurkan tenaga relawan, pastinya kamu bisa banget menyalurkan niat dan tenaga kamu di sini!

komunitas

2. Lembaga Swadaya Masyarakat

Bisa dibilang NGO (Non-Government Organization) alias Lembaga Swadaya Masyarakat adalah wadah yang membuka banyaaak banget kesempatan bagi kamu yang ingin menjadi relawan. Kegiatannya pun sangat beragam—mulai dari administrasi, edukasi, sampai konservasi. Dijamin pasti ada satu kegiatan dalam satu LSM yang bakal menarik minat kamu.

3. Tanya-tanya sekitar

Nggak ada salahnya kalau kamu memulai niat untuk menjadi relawan dengan membantu lingkungan sekeliling kamu. So, mulailah kepo-kepo ke orang-orang di sekitar kamu jika ada pihak yang sedang membutuhkan bantuan. Siapa tahu kamu bisa bikin komunitas relawan baru yang kece di lingkungan kamu!

4. Internet, dong!

Make internet jangan cuma buat yutuban dan sosmed-an aja, ya, gaes. Jika kamu ingin mencari informasi yang mendalam seputar kegiatan relawan, internet will be your very best friend. Serunya, kamu bisa mencari informasi yang lebih spesifik dengan menggunakan kata kunci yang tepat agar informasi yang kamu dapatkan semakin relevan

Waktu yang Tepat Untuk Menjadi Relawan

Menjadi relawan di masa-masa sekolah atau kuliah itu emang keren banget. Tapi, jangan sampai ketika kamu memutuskan untuk menjadi relawan, waktu kamu untuk mengerjakan hal yang lebih prioritas malah jadi terbengkalai. Kecuali jika kamu memang memutuskan untuk ingin menjadi full-time volunteer, maka kamu nggak perlu mencari waktu yang tepat selain sekarang juga.

Kalau buat kamu anak muda yang masih punya prioritas lain di samping menjadi relawan, hendaknya kamu memilih waktu yang nggak akan mengganggu aktivitas utama kamu, seperti…

1. Ketika mengambil gap year

Mau ngambil gap year tapi nggak punya ide mau ngapain aja selama setahun? Kalau kamu merasa masih belum mengenal diri sendiri dengan baik dan belum menemukan makna hidup (aih), jadi relawan bisa jadi pilihan kegiatan yang pas buat kamu. Selain mendapatkan berbagai soft skill, pastinya pikiran kamu akan semakin terbuka setelah mendapatkan pengalaman penuh inspirasi. Psst, siapa tahu makna hidup kamu bakal terkuak setelah menjalani kegiatan ini!

gap year

2. Ketika libur semester

Kalau udah jadi mahasiswa, pastinya porsi liburan semester kamu jauuuh lebih besar dibanding ketika kamu masih berstatus pelajar. Biar liburan kamu berfaedah, mendingan kamu cari program volunteer dan ikut terlibat di dalamnya. Biar makin afdol, jangan lupa pilih program yang sesuai dengan minat dan concern kamu.

3. Ketika cuti kuliah

Meskipun nggak lazim dilakukan, bukan berarti cuti kuliah merupakan hal yang buruk, kok. Biasanya, mahasiswa yang kerap mengambil cuti kuliah ini adalah mahasiswa yang lagi “buntu” dan “suntuk” dengan kehidupan perkuliahannya. So, nggak salah banget, sih, meluangkan waktu satu semester untuk jadi relawan dan menemukan inspirasi di luar sana.

4. Ketika baru lulus wisuda

Jangan panik kalau sehabis wisuda masih bingung mau kerja apa atau nggak keburu dapetin panggilan kerja. Daripada bengong nggak ada tujuan, lebih baik kamu ikutan program volunteer yang paling “memanggil” jiwa kamu. Hitung-hitung bisa nambahin pengalaman buat ditaro di CV! Hihihi.

(sumber gambar: sandiego.gov, liveuniteddelawarecounty.org, amazonaws.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©