Menu

3 Program Studi Rumpun Soshum di UNDIP, UGM dan UI yang Memiliki Tingkat Persaingan yang Tinggi pada SBMPTN 2018

SBMPTN alias Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan agenda selanjutnya yang paling ditunggu-tunggu oleh para murid-murid SMA/K sederajat. Hayoo... Untuk kamu yang SMA/K sederajat, sudah menentukan program studi berserta universitasnya, belum?

Yap, seperti yang kita ketahui, di SBMPTN, program studi dikelompokkan menjadi dua rumpun yaitu rumpun soshum alias sosial humaniora dan juga saintek atau sains dan teknologi.

Nah, baik saintek ataupun soshum, keduanya, pasti memiliki beberapa program studi yang paling diminati dan juga memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat. Hmm... Program studi apa saja, ya, yang memiliki tingkat persaingan yang ketat di rumpun sosial humaniora pada Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia jalur SBMPTN 2018? Yuk, kita bahas satu persatu, top three program studi rumpun soshum yang memiliki tingkat persaingan ketat di UNDIP, UGM dan UI!

1. Ilmu Hukum 

hukum

Program Studi Ilmu Hukum menjadi salah satu ilmu yang memiliki tingkat persaingan yang ketat di rumpun soshum pada SBMPTN 2018. Memangnya kenapa, sih, ilmu hukum ini memiliki daya saing yang tinggi diantara para peminatnya? Well, selain banyak orang menyukai ilmu yang satu ini, ilmu hukum juga memberikan prospek kerja yang luas. Kamu nggak hanya selalu akan menjadi pengacara atau jaksa. Dengan mengantongi lulusan Program Studi Hukum, kamu bisa bekerja menjadi paralegal di perusahaan-perusahaan, hakim, notaris dan masih banyak lagi.

Program studi yang satu ini memiliki tingkat persaingan yang ketat di tiga Perguruan Tinggi Negeri yaitu, pertama, UNDIP yang menyediakan 86 kursi dan diperebutkan oleh 3.647 peminat. Kedua, UGM yang hanya menyediakan 124 kursi dan diperebutkan oleh 3.584 peminat. Ketiga, UI yang hanya menyediakan 175 kursi dan diperebutkan oleh 4.297 peminat.

2. Manajemen 

manajemen

Di tahun 2014, ketika saya duduk di kelas tiga SMA, banyak dari teman-teman saya yang memilih untuk berkuliah di program studi yang satu ini. Bisa dikatakan bahwa Program Studi Manajemen merupakan program studi yang banyak diminati sejak beberapa tahun terakhir. Tahun lalu, manajemen pun menjadi top three program studi yang diminati pada SBMPTN 2018.

Kenapa, sih, kok, Program Studi Manajemen "laku" banget di setiap tahunnya? Well, hampir sama dengan Ilmu Hukum bahwa lulusan Program Studi Manajemen pun memiliki prospek kerja yang luas. Ilmu Manajemen bisa dikatakan ilmu yang fleksibel karena bisa diterapkan diberbagai pekerjaan seperti menjadi manager Sumber Daya Manusia, Pengelola anggaran perusahaan atau organisasi, manager pemasaran dan sebagainya.

Berdasarkan persaingan di UNDIP, UGM dan UI, manajemen menjadi program studi dengan peminat yang cukup tinggi dan ketat. di UNDIP, Program Studi Manajemen hanya menyediakan 105 kursi dan diperebutkan oleh 3.477 peminat. Di UGM peminat Program Studi Manajemen ialah 3.045 peminat dan kursi yang disediakan hanyalah 52 kursi. Sedangkan di UI, peminat Program Studi Manajemen adalah 4.159 peminat dan hanya menyediakan 136 kursi.

3. Psikologi 

psikologi

Yap, dari tahun ke tahun, bisa dikatakan bahwa psikologi merupakan program studi dari rumpun soshum yang selalu memiliki banyak peminat di universitas mana pun. Memangnya kenapa, sih, kok, psikologi banyak sekali peminatnya? Well, psikologi pun merupakan ilmu yang fleksibel dan dapat diterapkan di berbagai pekerjaan seperti di bagian HRD, di lembaga-lembaga kepemerintahan dan masih banyak lagi.

Berdasarkan persaingan di UNDIP, UGM dan UI, Program Studi Psikologi menjadi suatu program studi yang memiliki banyak peminat. Di UNDIP, Program Studi Psikologi diperebutkan oleh 2.776 peminat. Sedangkan, UNDIP hanya menyediakan 85 kursi. Sedangkan di UGM, kursi yang disediakan hanyalah 96 kursi untuk 3.457 peminat. Lalu, UI hanya menyediakan 140 kursi dari 3.843 peminat.

***

Wah-wah... Ternyata persaingan di ketiga program studi dan di ketiga universitas tersebut sangatlah ketat, ya, gaes. Eh, tetapi, dengan adanya informasi seperti ini jangan sampai kamu malah nge-down. Seharusnya, dengan adanya informasi ini, kamu harus lebih semangat belajar untuk meraih universitas dan program studi favoritmu. Semangat!

Baca juga: 

(Sumber gambar: careerguide.com, dictio.id, albaladworld.com, merdeka.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 4 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©