5 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Merantau ke Kota Besar untuk Kuliah

Kuliah di kota besar punya dampak yang besar banget, lho, buat hidup kamu. Dari mulai suasana belajar di kampus sampai kesempatan-kesempatan yang bakal kamu dapat selama menjalani masa kuliah. Nggak ada yang bilang ini bakal mudah, tapi hampir semua orang bilang ini pasti seru!

Dari situs Her Campus, saya merangkum lima hal yang harus kamu tahu sebelum merantau ke kota besar untuk kuliah. Check this out!

1. Mungkin kamu belum tahu calon kampus kamu kayak gimana. Go explore!

Udah tahu lokasi fakultas kamu belum? Kostan sekitar kampus? Kantin favorit?

Setiap kampus tentu punya budaya berbeda-beda yang seru untuk diketahui. Jangan malas untuk mencari tahu soal kampus kamu. Kamu bisa lihat review kampus di Youthmanual juga, lho. Atau coba buka-buka situs resmi dari kampus incaran kamu.

Pengalaman saya, nih, jangan tertipu sama foto-foto yang bagus tapi kenyataannya fasilitasnya nggak sekece di foto. Pokoknya, sebelum “hidup bersama” selama kurang lebih empat tahun. Kenali calon kampus luar dalam, ya.

Alaina Leary, seorang mantan mahasiswa di Emerson College, Boston, yang merupakan salah satu kampus di kota besar Amerika Serikat merekomendasikan untuk cari informasi seputar transporatasi umum di sekitar kampus. At least, kamu harus tahu transportatsi umum ke lokasi-lokasi strategis terdekat kayak café atau rumah sakit.

2. Semuanya lebih mahal

Jangan berharap harga gorengan di kota besar sama ama di kampung halaman kamu ya, sob. Meskipun begitu, ada tempat-tempat khusus mahasiswa yang biasanya menjual makanan dengan lebih murah dan porsinya lebih banyak.

“Belajarlah untuk beradaptasi dengan orang lokal dan kehidupan lokal. Supaya kamu nggak menghabiskan biaya besar selama perkuliahan,” saran dari Megan, salah satu mahasiswa yang udah dua tahun kuliah di kota besar.

Kuliah di Kota Besar 1 - Youthmanual

3. Berisik, serba cepat, dan sangat kompetitif

Namanya juga kehidupan kota besar ya, gaes. Berisik, serba cepat dan kompetisi udah jadi makanan sehari-hari. Liat, deh, kehidupan anak-anak Depok yang harus bersaing naik commuter line atau kehidupan anak-anak Bandung yang mulai diserbu kemacetan.

Kalau udah kayak gini, kamar kost atau tempat tinggal bisa jadi sanctuary banget buat kamu. Dekor tempat istirahat senyaman mungkin. Lama-lama kamu bakal terbiasa sama kota besar. Bahkan mungkin kangen kampus ketika kamu pulang ke kampung halaman.

4. Semua kesempatan bisa bikin kamu kewalahaan

Kota besar punya banyak banget acara yang bisa kamu datangi setiap minggu! Kesempatan emas buat nambah ilmu pengetahuan atau networking mungkin bakal bikin kamu kewalahan. Kota besar cenderung berisi orang yang kreatif dan punya motovasi besar.

Banyak juga acara seni dan pendidikan yang bisa kamu ikuti dengan gratis. Biasanya, kamu cuma perlu ongkos ke tempat acara dan uang tambahan untuk beli buku atau merchandise seru di sana. Kesempatan magang di perusahaan besar atau bertemu orang-orang penting juga bisa kamu dapatkan kalau kamu mau.

Belum lagi persaingan di kelas soal urusan akademik. Berbagai macam mahasiswa datang dari berbagai kalangan untuk menjadi unggulan. Kendor dikit aja, kamu cuma jadi mahasiswa biasa.

Kuliah di Kota Besar 2 - Youthmanual

5. Kamu kadang merasa sendirian

Kabar baiknya nih, gaes. Semua orang pasti pernah merasakan itu. Seperti kata Mila Kunis, “Every place can be lonely sometimes”. Begitupun dengan kehidupan perkuliahan di kota besar. Kamu kadang merasa tersingkir, sendirian, kangen teman-teman lama, juga keluarga. Kamu merasa terjebak di rutinitas yang bikin kamu harus berjuang lebih keras dari biasanya.

Tapi jangan berlama-lama terpuruk dong, ah. Ingat bahwa kota besar menawarkan banyak cerita menarik. Kamu bakal ketemu berbagai macam karakter dan hal baru buat kamu. Apalagi masa kuliah adalah masa-masa paling menyenangkan. So get up and enjoy big city!

 

(Sumber gambar: pennstatelaw.psu.edu, studyportals.net, oppinpao.files.wordpress.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1