8 Persiapan SBMPTN 2022 Bagi yang Mengulang

Pasukan yang berniat mengulang SBMPTN 2022 (dan seleksi mandiri PTN)  demi masuk perguruan tinggi dan prodi idaman, mana suaranya? Ya, artinya kamu mesti persiapan dari SEKARANG. Yup, beberapa langkah lebih maju dibanding para pesaing dong, ya. Inilah yang perlu kamu siapkan dalam waktu kurang dari setahun ke depan.

1. Kelola kesibukanmu.

Situasi memang lebih menguntungkan jika tahun ini kamu fokus persiapan masuk perguruan tinggi tahun depan. Namun jika tahun ini kamu sudah kuliah (namun tetap berniat mengulang seleksi masuk PTN) atau sedang bekerja, maka perlu mengatur kesibukan agar persiapan PTN tetap bisa dilakukan.

Ini juga sih, manfaat mempersiapkan diri dari sekarang (bulan Agustus 2021). Biar belajarnya bisa dicicil serta dapat menentukan strategi yang tepat.

2. Pastikan pilihan prodi dan perguruan tinggi tepat.

Salah satu persiapan yang sangat penting adalah soal penentuan pilihan. Bagus banget jika kamu sudah mantap. Yang menjadi pertimbangan adalah:

a. Minatmu

b. Kemampuanmu

c. Karier/profesi yang ingin ditekuni

d. Persaingan

e. Hal lain yang penting bagi dirimu

Dari pengalaman pribadi, saya mengulang seleksi masuk PTN ketika sudah berkuliah di prodi D3 Komunikasi (Penyiaran). Nah, salah satu pertimbangan ketika memilih prodi dan PTN adalah harus bisa dijalani berbarengan dengan kuliah yang sedang dijalani. Jadi saya berniat kuliah di 2 prodi D3 dan S1 secara berbarengan di PTN yang sama.

Lain halnya dengan teman saya yang memang fokus “menganggur” 1 tahun untuk persiapan seleksi masuk PTN. Dia mengeksplorasi prodi yang paling tepat untuknya, namun persaingannya tidak terlalu ketat.

Jadi, berikan ruang dan waktu untuk mengeksplorasi pilihan prodi dan PTN.

3. Jika memungkinkan, ambil kursus intensif.

Seorang teman yang gagal masuk Fakultas Kedokteran UI memutuskan untuk gap year. Ia pun langsung mendaftar bimbingan belajar persiapan masuk PTN.

Menurutnya, satu keunggulan dari calon mahasiswa yang mengulang dengan calon mahasiswa yang masih sekolah (kelas 12) adalah yang mengulang persiapannya sudah lebih awal. Ya, sejak awal dia sudah tahu bahwa ia akan mengulang. Jadi bisa gaspol persiapan SBMPTN/seleksi mandiri dari awal.

Bisa juga yang ingin masuk prodi seni mengambil kursus yang mengasah kemampuan sebagai bekal mengajukan portofolio.  

Walau demikian, ada juga sih yang nggak memilih bimbel karena berbagai hal. Nah, kamu bisa mengikuti langkah selanjutnya.

4. Target selain SBMPTN

Jika goal kamu adalah masuk PTN dan prodi yang diidamkan, maka selain SBMPTN kamu perlu cek juga seleksi mandiri. Jadi, tentukan seleksi mandiri apa saja yang akan kamu ikuti. Cari tahu juga info materi seleksinya, karena bisa jadi ada perbedaan dengan SBMPTN.

Dengan mengetahui seleksi yang akan diikuti kamu jadi tahu apa saja yang perlu disiapkan dan dipelajari.

5. Belajar secara terstuktur dan teratur

Ini penting banget, terutama bagi yang nggak ikutan bimbel. Kamu perlu membuat sistem belajar. Misalnya, belajar per materi atau per subjek ujian. Trus, dijadwalkan waktunya setiap hari. Jangan cuma seminggu sekali, ya. Itu persiapan SBMPTN atau nonton Doraemon, kok seminggu sekali. Ehehe.

Pokoknya istiqomah alias konsisten dalam persiapan SBMPTN dan seleksi mandiri.

6. Latihan soal

Cara terbaik untuk mempersiapkan ujian tertulis seperti UTBK adalah dengan Latihan mengerjakan soal. Jangan cuma asal ngerjain dan mencocokkan jawaban ya. Tapi kamu mesti tahu mengapa jawabannya demikian. Dengan kata lain, benar-benar memahami soal dan jawabannya.

Latihan soal ini juga harus sering dilakukan, ya.

7. Try out

Try out berbeda dengan Latihan soal. Latihan soal adalah cara buat belajar, sedangkan try out merupakan simulasi ujian sungguhan. Dengan try out kamu bisa mengukur kemampuanmu, mengetahui penguasaan materi, serta membuatmu terbiasa dengan suasana tes.

8. Update informasi UTBK, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri

Ini juga nggak kalah pentingnya. Biasanya ada saja informasi terbaru seputar UTBK, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Mulai dari rangkaian jadwalnya (jangan sampe kelewatan!), daya tampung (bisa berubah dibandingkan tahun lalu), keketatan persaingan dan passing grade tahun lalu (sebagai gambaran), hingga perubahan aturan main. No worries, Rencanamu akan terus mengupdate soal ini semua, ya.

Bagi Angkatan 2021 dan 2020 yang mengulang di SBMPTN/seleksi mandiri 2022, persiapkan dirimu dengan sebaik-baiknya. Terus berdoa agar kamu diberikan yang terbaik.

(Sumber gambar: Photo by Brett Jordan from Pexels)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Allysa Kamalia Putri | 13 hari yang lalu

ka mau tanya kalo dari smk keehatan apa bisa ngambil kedokteran hewan?

Mengenal Lebih Dekat Dengan Program Studi Kedokteran Hewan
Nina Syawalina | 1 bulan yang lalu

Kak, ada ga univ yang punya jurusan khusus baking and pastry aja?

5 Program Studi yang Cocok Buat Kamu yang Suka Makanan
AVERILIO RAHARJA | 2 bulan yang lalu

semangat terusss https://sosiologi.fish.unesa.ac.id/

5 Jurusan yang Diremehkan, Tetapi, Memiliki Prospek Kerja yang Bagus
Averilio Raharja | 2 bulan yang lalu

semoga selalu bermanfaat kontennya https://sosiologi.fish.unesa.ac.id/

5 Jurusan yang Diremehkan, Tetapi, Memiliki Prospek Kerja yang Bagus
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1