Pilihan Kado Akhir Tahun dari Market & Museum

Holiday season is coming up! Udah nyicil beli kado belum? Yup, dengan adanya hari besar Natal dan Tahun Baru, akhir tahun memang biasanya identik dengan acara tukeran kado.

Kebetulan, salah satu local market paling aktif di Indonesia, Market & Museum, kembali hadir weekend ini, tanggal 27-29 November 2015 di Lippo Kemang Village. Wah, bisa ajang hunting kado, nih. Lucu kali, ya, kalau tahun ini, semua kado kita berasal dari brand lokal. Itung-itung sekalian menggerakkan Usaha Kecil Menengah Indonesia. Ya, nggak?

Nggak sempat mampir ke Market & Museum? Nggak masalah. Toh biasanya, produk-produk tenant-nya bisa didapat secara online.

Selain itu, Youthmanual pun menyempatkan diri mampir ke Market & Museum dan memilihkan beberapa produk keren yang patut kamu lirik.

Canvas Living

Zaman nenek moyang kita, kanvas adalah salah satu materi yang paling banyak digunakan dalam keseharian. Kenapa? Soalnya kanvas itu murah, tapi tahan banting banget!

Sekarang, kanvas sudah banyak tergantikan oleh bahan-bahan sintetis. Tapi bagi Selly, seorang alumni jurusan Desain Grafis, kanvas tetaplah bahan yang paling oke untuk keseharian—murah, ramah lingkungan, dan gampang dikreasikan karena mudah dilukis atau disablon.

Maka pada tahun 2006, Sally dan suaminya, Herry, mendirikan Canvas Living, sebuah brand yang menjual berbagai produk sehari-hari dari bahan kanvas, mulai dari aneka ragam tas, stationary, sampai home goods. Semua motif print-nya dibuat sendiri oleh Sally secara manual, lewat teknik sketsa tangan dan sablon.

Bagi Youthmanual, daya tarik Canvas Living adalah karena produk-produknya terkesan homemade tapi berkualitas tinggi. Desainnya yang kalem dan “Jepang banget” juga down-to-earth, simpel, dan unisex.

Produk favorit Sally? “Card album, karena aku punya banyak kartu-kartu member. Daripada ngerusak dompet, lebih baik disimpan terpisah di card album ini.”

Meanwhile, we’re loving this melancholic beagle print, yang ternyata terinspirasi dari anjing peliharaan keluarga Selly sendiri. Gmz! *borong*

Our pick: Beagle print series, Rp84,000 - Rp,459,000

Our pick: Birds of Indonesia print series, Rp84,000 - Rp,459,000

Kisaran harga: Rp84,000 - Rp,459,000

Cocok dijadikan kado untuk: si kakak yang baru masuk kerja, dan perlu stationary kantor lucu buat penyemangat.

Canvas Living bisa didapat di: website mereka, The Goods Dept, Debenhams, Dia.lo.gue, Bobobobo, Localbrand.co.idlocal market Finders Fair, dan Shopdeca.

Klen & Kind

Belakangan ini, lini skincare berbahan natural dan organik lagi booming banget, ya. Dan kenapa enggak? Memang lebih bagus untuk kesehatan, kecantikan dan alam, kok!

Kalau kamu salah satu penggemar kosmetik berbahan natural dan organik, cobain produk dari Klen & Kind, deh. Semua bahannya all-natural, nggak mengandung deterjen, parfum serta SLS sama sekali. Mereka hanya mengandalkan natural oils seperti olive oil, coconut oil, dan berbagai essential oils untuk wangi-wangiannya.

Jenis produk Klen & Kind ada beragam, mulai dari produk perawatan tubuh, bibir, sampai produk yang bersifat aromaterapi. Beberapa produk andalan mereka adalah dry shampoo, lip scrub, castile soap, dan bath & body oil.

Yang nggak kalah menarik adalah range produk mist mereka. Ada yoga mist, linen mist, tapi yang paling seru, sih, period oil, sebuah produk spray yang bisa menenangkan gejala PMS pada cewek-cewek, seperti perut kram dan kembung.

Bisa meredakan gejala marah-marah juga nggak, sih? Kalau iya, cowok-cowok buruan borong, deh. Trus, begitu pacar kamu ngomel karena PMS, langsung semprotin aja sebadan-badan!

*lalu diputusin*
*emangnya pacar kamu nyamuk?*

Our pick: Ode to Spring bath & body oil, Rp150,000

Untuk akhir tahun ini, Klen & Kind menyediakan Christmas Gift Box, yang terdiri dari 1 liquid castile soap, 1 bath and body oil, dan 1 lip balm. Harganya? Cuma Rp300,000 per kotak!

Our pick: Christmas Gift Box, Rp300,000

Kisaran harga: Rp50,000-Rp300,000

Cocok dijadikan kado untuk: cewek kamu yang manis dan feminin… tapi galak banget pas PMS.

Klen & Kind bisa didapat di: website mereka, local market Finders Fair, dan Shopdeca.

Negarawan

Label kemeja batik dan tenun Negarawan tercipta gara-gara founder-nya, Mas Nugra, kesulitan nyari kemeja batik dan tenun cowok yang keren tapi dengan harga terjangkau.

Maka lahir, deh, Negarawan, yang menawarkan kemeja-kemeja batik serta tenun yang terlihat eksklusif dan berkelas, dengan harga bersahabat. Cutting-nya pun modern dan fit, nggak gombrong ala kemeja bapak-bapak zaman dulu.

Gimana, sih, taktik Negarawan supaya harga produk mereka nggak melambung tinggi? Caranya adalah dengan mendapatkan supplier benar-benar sampai ke hulu, sehingga mereka bisa memangkas biaya “perantara”. Jadi biaya pembuatan kemeja mereka bisa minimal, tanpa mengorbankan kualitas.

Sejauh ini, Negarawan punya tiga pilihan fitting—Pejabat fit, Negarawan fit, Perwira fit.

Pejabat fit adalah tenun kemeja lengan panjang dengan potongan loose fit, Negarawan fit adalah tenun kemeja lengan panjang dengan potongan slim fit, sementara Perwira fit adalah tenun hem batik pria lengan pendek yang cocok dipakai sehari-hari. Tersedia dalam ukuran S sampai XL, dengan bahan katun, semi sutra, dan sutra. Lengkap, sob!

Nggak puas juga? No worries! Tahun depan, mereka bakal meluncurkan Garuda by Negarawan, sebuah layanan exclusive personalized tailoring. Jadi kemeja kamu bisa di-custom made sepenuhnya.

Bestseller dari Negarawan? Kemeja-kemeja batik dan tenun yang coraknya cenderung polos dan simpel. Sementara favorit Mas Nugra sendiri adalah batik tulis sutra.

Our pick: Motif garis Hasanuddin, Rp760,000

Our pick: Motif garis Senyawa Khatulistiwa, Rp855,000

Kisaran harga: Rp400,000-Rp600,000 untuk kemeja lengan pendek, dan Rp600,000-900,000 untuk kemeja lengan panjang.

Cocok dijadikan kado untuk: abang kamu yang perlente, atau bokap kamu yang tua-tua keladi, makin tua makin trendi!

Negarawan bisa didapat di: website mereka, serta di Promenade 20, Jl Bangka Raya no 20, Jakarta. Tahun depan, mereka bakal hadir di Balikpapan, Makassar, dan Banjarmasin.

Paberik Kayu

Paberik Kayu adalah sebuah produsen wooden houseware asli Indonesia, tapi dengan desain dan kualitas internasional. Banyak, ya, retail yang ngaku-ngaku mutu produk mereka internasional, tapi untuk Paberik Kayu, they are truly on the international level.

Produk-produk Paberik Kayu—yang mayoritas adalah perkakas makan dan dapur dari kayu—didesain oleh  dua design studio, Amara dan Uddo. Nah, produk desain Amara khusus untuk pasar Singapura, sementara produk desain Uddo khusus untuk pasar Korea dan Jepang. Paberik Kayu juga memasarkan barang-barang mereka ke Eropa.

Wah, Singapura? Korea? Jepang? Eropa? Diekspor ke luar negeri semua, gitu?

Yap! Sejak 2008. Mereka malah baru masuk ke Indonesia setahun terakhir ini. Dan ketika sudah masuk Indonesia, mereka langsung jadi supplier di banyak restoran, kafe, bahkan hotel. Keren!

Karena pasarnya internasional, Paberik Kayu juga nggak main-main dalam hal keamanan produk mereka.

Sebagai gambaran, Paberik Kayu menggunakan kayu oak impor dari Amerika, kayu maple impor dari Kanada, kayu red wood serta jati dari Indonesia. Workshop mereka di Cimahi dan Padalarang pun menggunakan mesin, bukan tangan orang, demi menjaga kesterilan. Trus, coating-nya juga coating food grade bersertifikat… di lima negara! Yaitu Amerika, Uni Eropa, Swiss, Jepang, dan Korea.

Selain itu, produk-produk Paberik Kayu nggak perlu perlakuan khusus. Kena air panas? Nggak masyalaaah. Nggak akan jadi beracun seperti beberapa produk kayu lain, juga nggak akan berjamur.

Bestseller Paberik Kayu adalah animal plates mereka, yang didesain dengan sangat detail dan kids-friendly oleh Uddo. And to be honest, we love them, too.

Our pick: Animal plates, Rp150,000 - Rp,250,000

Kisaran harga: Rp50,000-Rp300,000

Cocok dijadikan kado untuk: Mama kamu yang masakannya nggak pernah nggak enak!

Paberik Kayu bisa didapat di: kontak mereka di +628122045143. Di Singapura, produk Paberik Kayu bisa didapat di Wheelock Place, Westgate, West Mall, Katong Shopping Center.

***

More of our Market Museum picks below!

Kacamata hitam Okuri Shades, Rp449,000, karena Indonesia panas banget, sob.

Kue cinnamon roll dari Cinnabomb, Rp25,000 per buah, karena apalah artinya perayaan akhir tahun tanpa kue-kue enak?

Mainan kaleng nostalgia dari The Tin Industry, cocok buat teman kamu yang cinta vintage collectibles! Harga bervariasi.

(sumber foto: Laila Achmad, @klenandkind, @cinnabomb_id, @okurishades, @thetinindustry, @canvasliving, Negarawan)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1