Kenalan Sama Para Inspiring Leaders dari Berbagai Universitas Pemenang Nutrifood Leadership Awards 2016

Seperti yang udah saya bilang sebelumnya, sekalian berkunjung ke acara awarding Nutrifood Leadership Award 2016 minggu lalu, saya berkenalan dengan para inspiring leaders yang berhasil terpilih menjadi 10 besar.

Ke-10 inspiring leaders ini kemudian dibagi menjadi dua kelompok, di mana masing-masing kelompok berkesempatan mengunjungi Desa Nelayan Tanjung Binga, Pulau Belitung dan suku Boti di Nusa Tenggara Timur.

Ngapain aja mereka di Belitung dan Nusa Tenggara Timur?

Melody Grace Universitas Sanata Dharma‍ dan Irfanda Odytia Institut Teknologi Sepuluh Nopember mewakili kelompok 1, berbagi pengalaman jelajah inspirasinya.

“Selama tiga hari berada di Desa Tanjung Binga, kami berupaya mengenalkan potensi Eco-Tourism, untuk dapat mewujudkan Desa Tanjung Binga sebagai destinasi pesisir yang nyaman, khas, dan berbudaya. Kami melakukan edukasi lingkungan sejak dini kepada para anak-anak melalui metode Kartu Kwartet yang menarik dan informatif”.

“Selain itu, kami pun menginisiasi lokasi dan melakukan pengecatan spot “gembok cinta” di pantai Tanjung Binga agar memberikan daya tarik kampung nelayan dengan kondisi daerah yang terlihat indah. Kami mengupayakan agar daya tarik tersebut menjadi sarana promosi viral di media sosial, sehingga semakin banyak orang yang ingin berkunjung ke Tanjung Binga.”

Pengalaman seru lainnya juga datang dari kelompok 2, yang diwakili oleh Sarah Lucia Universitas Katolik Parahyangan‍ dan Andhika Priotomo Universitas Indonesia‍.

“Meski dalam waktu yang dapat dibilang cukup singkat, namun kami berusaha mengoptimalisasi kunjungan kami ke Suku Boti, Nusa Tenggara Timur melalui inisiatif Cahaya Untuk Boti dan Glowing Forest. Program Cahaya Untuk Boti bertujuan untuk membantu penerangan listrik dengan pemanfaatan solar panel”.

“Kami juga memberikan “cahaya” melalui berbagai aktivitas edukatif, seperti bantuan distribusi buku pengetahuan, kegiatan mengajar dan melakukan permainan yang seru dan edukatif bagi anak-anak Suku Boti. Untuk program Glowing Forest, kami menginisasi ruang terbuka untuk para turis dapat berkumpul dan membuat api unggun. Ini akan menjadi daya tarik wisata yang tidak dimiliki daerah wisata lain di NTT. Dengan adanya keunggulan tersendiri, yakni Glowing Forest ini, kami berencana untuk bekerjasama dengan para tur dan travel lokal untuk dapat berkunjung ke Suku Boti selama satu malam”.

Seru banget ya, gaes. Mereka nggak cuma jalan-jalan tapi juga melakukan sesuatu buat tempat yang mereka kunjungi.

Kelompok Cahaya untuk Boti, para inspiring leaders yang akhirnya memenangkan jelajah inspirasi.

Saya juga sempat mewawancarai Boby Tandanajaya Universitas Kristen Maranatha‍ dan Tiara Annisa Institut Teknologi Bandung. Menurut mereka, yang menarik dari program Nutrifood Leadership Award ini adalah karena cuma di Nutrifood yang menyediakan program berupa perjalanan. Biasanya, beasiswa atau award ‘kan hanya memberikan hadiah aja. Kita nggak pernah diencourage untuk berbuat nyata.

"Penilaiannya juga seru banget. Ada games kepemimpinan dan ditantang untuk mengungkapkan pemikiran kita tentang isu-isu yang sedang terjadi," kata Bobby yang mengaku bangga bisa terpilih menjadi salah satu pemenang.

Sementara Tiara bilang, dia tetap bisa menjadi diri sendiri di program Nutrifood Leadership Awards ini. Tiara sendiri bukan tipe cewek yang menonjol dan doyan tampil di depan umum. Tapi Tiara mau melakukan sesuatu yang bermanfaat dan mengambil peran dengan membantu kawan-kawannya.

“Nggak semua pemimpin harus pintar bicara di depan umum atau memenangkan segala kompetisi. Menurut aku, kita bisa menjadi diri sendiri dan tetap menjadi pemimpin.”

Tuh gaes, ini pesan penting dari Tiara untuk kalian yang merasa berkepribadian introvert.

Nah, biar kamu terinspirasi lebih banyak lagi, simak profil singkat para inspiring leaders ini!

Afif Azhar Rahmat 

Bagi anak muda satu ini, Presiden Ir. Soekarno menjadi sosok yang cukup menginspirasi gaya kepemimpinannya. Kemampuan leadership yang dimilikinya saat ini, berawal dari pengalamannya sebagai seorang Ketua OSIS di SMA Negeri 1 Situbondo, hingga saat ini dipercaya menjadi Ketua Umum Forum Mahasiswa Hukum Peduli Keadilan Universitas Brawijaya. Semangat ini mengantarkannya meraih penghargaan Juara 1 Lomba Karya tulis Ilmiah Nasional yang diselenggarakan FH UNAIR. Ia juga merupakan Juara 1 Duta Mahasiswa Jawa Timur 2014, dan pernah dipercaya menjadi Ketua Umum Ikatan Duta Mahasiswa Genre Jawa Timur. Melalui Nutrifood Leadership Award 2016, mahasiswa Jurusan Hukum Universitas Brawijaya ini siap mengembangkan dirinya untuk kebaikan.

Andhika Priotomo

Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Indonesia ini, saat ini merupakan Presiden Ikatan AhliTeknik Perminyakan Indonesia Seksi Mahasiswa Universitas Indonesia. Dengan passionnya di bidang menggambar, ia juga pernah terpilih sebagai Juara 1 Art Attack 2016 dan Juara 1 Biochel (Bioprocess and Chemical Engineering League) 2016 dalam Painting Competition. Ia yakin bahwa seorang leader yang baik adalah dapat berada di tiga sisi timnya; di depan sebagai pemimpin, beriringan sebagai teman, serta tetap berada di belakang untuk mendukung setiap anggota melakukan yang terbaik dalam mencapai tujuan bersama. Inspirasi ini membawa dia ingin lebih banyak belajar melalui Nutrifood Leadership Award 2016

Audy Fathia Indramulya

Anak muda berikut ini membuktikan kemampuan dirinya saat ini sebagai Ketua BEM Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor. Sosok pemimpin yang sesungguhnya, bagi pemuda kelahiran 3 April 1995 ini adalah harus siap untuk mengayomi orang-orang yang berada di dalam naungannya untuk mencapai suatu tujuan bersama, termasuk memberikan rasa nyaman dan berani berkorban. Kini, pemenang Negosiator Terbaik dalam Indonesian Student Leadership Camp UI 2012 ini, siap untuk menajamkan sosok pemimpin teladan dalam dirinya melalui Nutrifood Leadership Award 2016.

Boby Tandanajaya

Founder Maranatha Inspiring & Creative ini selalu berusaha mengasah semangat kepemimpinannya dengan mendisiplinkan diri untuk memperhatikan hal-hal sedetail mungkin. Selain aktif dalam organisasi, ia juga menyeimbangkannya di sisi akademis, terbukti dengan terpilihanya ia menjadi lima besar GPA terbaik di tahun 2013 dan 2014. Mahasiswa yang sangat hobi membaca buku ini, siap belajar di Nutrifood Leadership Award 2016 dan berusaha memberikan yang terbaik.

Irfanda Odytia

Mahasiswa Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh November, merupakan seorang sociopreneur dengan project Wetland Furniture. Proyeknya tersebut mampu membawanya pergi ke Harvard University dan memenangkan penghargaan The Resolution Project at Harvard National Model United Nation 2016. Sejak SMA, Irfanda telah menunjukkan kepeduliannya terhadap isu sosial khususnya terkait anak-anak, kesempatan membuka lapangan pekerjaan, dan lingkungan, dengan bergabung dalam komunitas sosial unruk membangung sekolah di area pedesaan. Kepercayaan bahwa selalu ada ruang untuk berkontribusi membawanya untuk belajar dalam Nutrifood Leadership Award 2016.

Melody Grace Natalie

Pemenang Best Poster and Oral Presentation Public Health dalam ajang International Pharmaceutical Student Federation - Asia Pacific Region 2016 ini, dipercaya sebagai Chairperson World Pharmacist Day. Ia juga saat ini terlibat sebagai anggota organisasi internasional untuk mahasiswa Farmasi. Bagi anak muda ini, pemimpin adalah seorang yang dapat menjunjung tinggi integritas dan sinergi sebagai prioritas. Berlandaskan semangat tersebut, mahasiswi ini berusaha belajar melalui Nutrifood Leadership Award 2016 untuk menjadi pemimpin yang dapat menginspirasi.

Nanda Puji Nugroho

Ketua BEM Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh November ini percaya bahwa pemimpin yang ideal harus dapat merangkul semua elemen yang ada di lingkungan sekitarnya. Baru-baru ini ia menjadi delegasi ITS untuk dapat belajar di University of Malaya. Kini, mahasiswa Jurusan Sistem Informasi ini siap belajar dan berbagi untuk mengasah kepemimpinannya dalam Nutrifood Leadership Award 2016.

Sarah Lucia

Tidak hanya keren di bidang akademik saja sebagai penerima beasiswa penuh di Universitas Katolik Parahyangan, mahasiswi yang satu ini juga pandai mengisi waktunya dalam aktivitas non-akademis, dengan menjadi Wakil ketua Lembaga Kepresidenan Mahasiswa dan Vice of Corporate Project di komunitas StudentxCEOs Chapter Bandung. Baginya, pemimpin yang inspiratif harus dapat berpikir efektif dan strategis, menjawab permasalahan, serta tetap menjalin hubungan baik dengan timya. Kini, mahasiswi ini  ingin menajamkan visi dan kemampuan menyebarkan pengaruh positif Nutrifood Leadership Award 2016.  

Tatag Adi Sasono

Kepedulian mahasiswa Akuntansi Sampoerna University pada anak-anak Indonesia yang mendorongnya untuk menjadi Project Leader dalam memberikan edukasi kesehatan kepada para pemulung anak-anak di Pancoran, Jakarta. Saat ini, ia juga merupakan Presiden Sampoerna Young Investor, dengan berbagai penghargaan di bidang Trading Competition. Ia juga pernah menjadi delegasi Indonesia dalam Annual Business and Social Science Conference 2016 di Bangkok, Thailand. Melalui Nutrifood Leadership award 2016, ia ingin terus menjadi pemimpin muda yang menginspirasi.

Tiara Annisa

Merupakan salah satu Best Participant – Summer School Ugo Out Reach 2015 di University Technical of Malaysia. Kepribadian introvert yang dimilikinya, membuat ia dapat menjadi pengamat situasi dan memimpin secara interpersonal. Kesenangannya untuk berbagi di bidang sosial, mengerakkan ia untuk membangun sekolah informal Rumah Langit. Ia percaya bahwa pendidikan dapat menjadi pintu kemana saja bagi seseorang. Melalui Nutrifood Leadership Award 2016, ia ingin mengasah kepekaan dan kemampuan menyebarkan dampak positif.

Lihat mereka, gaes, masih muda dan sudah banyak melakukan hal hebat buat diri sendiri dan lingkungannya. Kamu, gimana?

 

(Sumber gambar: Nutrifood, Iyank)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1