Arm-Chair

Teknisi Las

Arsitektur dan Konstruksi


  • Gaji rata-rata

    -

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Teknisi Las?

Pekerja Las bekerja menggunakan alat pengelasan manual atau elektronik untuk menggabungkan komponen logam atau untuk mengisi rongga, lekukan, atau sambungan dari suatu produk berbahan dasar logam.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Pengelas Aluminium
Pengelas Fabrikasi

Tugas Teknisi Las

Mengelas komponen logam dalam posisi mendatar, vertikal, atau di atas kepala
Mengikuti aturan dan peraturan keselamatan dan kesehatan kerja untuk menciptakan lingkungan kerja yang bersih dan aman
Memposisikan, menyelaraskan, dan mengamankan bagian dan rakitan sebelum perakitan menggunakan penggaris lurus, penggaris siku, dan kaliper
Memeriksa hasil kerja dengan penggaris/templat untuk memastikan kesesuaian dengan spesifikasi dan menghindari cacat produk
Mengenali, memasang, dan mengoperasikan alat-alat pengelas
Mengelas aluminium, baja tahan karat, besi tuang, dan logam lainnya bersamaan ataupun secara terpisah
Memilih dan memasang ujung obor las, dan batangan pengisi sesuai dengan spesifikasi jenis pengelasan, atau logam

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Desain

Pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar dan model.

Rekayasa dan Teknologi

Pengetahuan tentang aplikasi praktis dalam ilmu rekayasa dan teknologi. Hal ini termasuk penerapan prinsip, teknik, prosedur, dan peralatan untuk mendesain dan memproduksi berbagai barang dan jasa.

Matematika

Pengetahuan tentang aritmatika, aljabar, geometri, kalkulus, statistik, dan aplikasinya.

Mekanis

Pengetahuan tentang mesin dan peralatan, termasuk desain, fungsi, perbaikan, dan perawatan.

Produksi dan Pengolahan

Pengetahuan tentang bahan mentah, proses produksi, kontrol kualitas, biaya, dan teknik lainnya dalam memaksimalkan keefektifan manufaktur dan distribusi barang.

Keterampilan

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Memantau

Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.

Operasi dan Kontrol

Mengontrol perlengkapan dan sistem operasi.

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Kemampuan

  • 1

    Kestabilan Lengan dan Tangan - Kemampuan untuk menjaga tangan dan lengan tetap stabil ketika lengan bergerak atau ketika memegang lengan dan tangan dalam satu posisi.

  • 2

    Presisi Kontrol - Kemampuan untuk dengan cepat dan secara berulang memastikan kontrol dari mesin dan kendaraan untuk posisi yang tepat.

  • 3

    Kedalaman Persepsi - Kemampuan untuk menilai mana dari beberapa objek yang lebih dekat atau lebih jauh dari anda, atau untuk menilai jarak antara anda dan objek.

  • 4

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 5

    Ketangkasan Manual - Kemampuan dengan cepat memindahkan tangan, tangan dan lengan secara bersamaan, atau kedua tangan untuk menggenggam, memanipulasi, dan memasang objek.

  • 6

    Koordinasi Angota-Anggota Tubuh - Kemampuan untuk mengkoordinasi dua atau lebih anggota tubuh (seperti dua lengan, dua kaki, atau satu kaki dan satu lengan) ketika duduk, berdiri, atau berbaring. Hal ini tidak termasuk melakukan aktivitas saat seluruh tubuh sedang bergerak.

  • 7

    Penglihatan Jarak Dekat - Kemampuan untuk melihat detil dalam jarak dekat (jarak beberapa kaki dari objek).

  • 8

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 9

    Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan ke sekeliling atau ketika bagian-bagiannya dipindahkan atau diatur ulang.

Diskusi terkait profesi Teknisi Las

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Jurusan Terkait

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1