Menu

5 Jenis Prodi di Bidang Teknik yang Sepi Peminat tapi Banyak Dibutuhkan

Saat penerimaan maba alias mahasiswa baru, sejumlah program studi favorit tentunya banyak diminati oleh calon mahasiswa, tapi karena daya tampungnya terbatas sehingga mereka harus bersaing ketat. Begitu pula di bidang teknik. Nah, dalam artikel 10 Prodi dengan Peminat Terbanyak dan Persaingan Terketat Pada SBMPTN 2019, salah satu program studi yang paling banyak diminati oleh mahasiswa SBMPTN 2019 adalah Teknik Kimia.

Anyway, program studi di bidang teknik itu nggak melulu Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Mesin, ataupun Arsitektur aja, lho. Ada program studi lain yang peminatnya kurang, tapi sebenarnya memberikan peluang kerja yang cukup menjanjikan setelah lulus nanti. Apa sajakah program studi teknik tersebut? Simak informasinya di bawah berikut ini.  

1. Teknik Pengelasan

teknik pengelasan

Teknik pengelasan merupakan salah satu jurusan yang berada di bidang permesinan. Di program studi yang namanya kurang keren ini kamu akan mempelajari simbol pengelasan, geometri sambungan dan diskontinuitas pada pengelasan, menguasai welding code, dan menguasai konsep perencanaan dan pengkoordinasian kebutuhan material, tenaga kerja, penjadwalan serta perhitungan biaya dalam pekerjaan-pekerjaan di bidang pengelasan.

Fyi, lulusan dari Teknik Pengelasan memiliki peran penting dalam dunia industri. Sebab, bisa dikatakan bahwa semua mesin dan bangunan dalam suatu sistem produksi harus tersambung. Salah satu caranya adalah dengan dilas.

That’s why, tenaga ahli dalam pengelasan itu dibutuhkan—apalagi masih sedikit industri yang mampu mensiagakan para pekerja di bidang listrik untuk menjaga kecakapan mesin-mesin yang ada di perusahaan, seperti di pabrik mobil dan sepeda motor, elektronik, peralatan rumah tangga, lokasi pertambangan, dan lainnya.

Kampus dengan program studi Teknik Pengelasan dengan akreditasi A dari BAN-PT: Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

2. Teknik Perpipaan 

teknik perpipaan

Teknik Perpipaan merupakan program studi selanjutnya yang masih jarang diketahui oleh banyak orang, gaes. Program studi ini akan mempelajari bidang rekayasa perpipaan serta aplikasinya di bidang maritim dan industri—mulai dari material, desain, analisa desain dan manajemennya.

Lulusan dari program studi Teknik Perpiaan adalah menjadi seorang Piping Engineer. Dan lingkup kerja seorang Piping Engineer itu sangatlah luas karena hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat membutuhkan sistem perpipaan, seperti di rumah tinggal, gedung perkantoran, industri kimia, industri perkapalan, hingga perminyakan dan pertambangan.

Kampus dengan program studi Teknik Perpipaan dengan akreditasi A dari BAN-PT: Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

3. Teknik Perkapalan 

teknik perkapalan

Sama halnya dengn dua program studi yang disebut di atas, Teknik Perkapalan pun masih belum banyak yang mengenalnya. Namun, bukan berarti karena sepi peminat sehingga program studi ini nggak prospektif, lho, gaes. Justru banyak lulusannya ditunggu oleh perusahaan perkapalan serta tambang minyak dan gas di tengah laut.

Oyaa, program studi Teknik Perkapalan mempelajari seluk beluk tentang perancangan dan pembangunan kapal (naval architecture and shipbuilding). Dimulai dari bentuk kapal, struktur, produksi, perbaikan, pengoperasian kapal yang sudah siap menjadi alat transportasi hingga pengembangan sistem transportasi dan bisnis pengoperasian armada kapal.

Kampus dengan program studi Teknik Perkapalan dengan akreditasi A dari BAN-PT: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Hasanuddin, Universitas Diponegoro, dan Universitas Indonesia

4. Teknik Metalurgi 

teknik metalurgi

Program studi Teknik Metalurgi memang kalah populer kalau dibandingkan dengan teknik perkapalan. Bahkan saat mendengar namanya saja, mungkin kamu akan merasa asing.

Di program studi Teknik Metalurgi, kamu akan belajar bagaimana merancang logam, mempelajari sifat logam dan memecahkan masalah dalam bidang manufaktur. Kalau kamu lulus dari program yang satu ini, kelak kamu akan menjadi seorang Insinyur di bidang metalurgi. Kamu juga akan sering bekerja sama dengan insinyur pertambangan dalam proses ekstraksi bijih logam setelah ditambang.

Kampus dengan program studi Teknik Perkapalan dengan akreditasi A dari BAN-PT: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

5. Teknik Kelautan 

teknik kelautan

Kata sapa, program studi Teknik Kelautan berhubungan dengan biota dan jenis-jenis hewan di laut? Eitss, itu pemahaman yang kurang tepat. Soalnya, di program studi ini, kamu justru akan mempelajari tentang sistem konstruksi.

Btw, Teknik Kelautan dengan Teknik Sipil itu hampir sama, gaes. Tapi, di Teknik Kelautan lebih spesifik mempelajari struktur-struktur di garis pantai dan lepas pantai serta belajar tentang desain konstruksi bangunan, perpipaan, dan hal lain yang berhubungan dengan itu di tengah laut atau yang biasa disebut anjungan lepas pantai.

Biasanya, lulusan program studi ini akan bekerja di perusahaan yang berhubungan dengan pertambangan minyak dan gas di laut. Gaji yang ditawarkan pun terbilang cukup besar. Sayangnya, nggak banyak orang yang berminat masuk program studi ini, padahal lulusannya masih terus dibutuhkan dalam dunia kerja.

Kampus dengan program studi Teknik Kelautan dengan akreditasi A dari BAN-PT: Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Hasanuddin

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: karriere.at, mmitank.com, wisegeek.com, ciresblogs.colorado.edu, europem.net, web.uri.edu)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©