Arm-Chair

Dokter Hewan (Veterinarians)

Ilmu Kesehatan


  • Gaji rata-rata

    4.4jt - 6.3jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Dokter Hewan (Veterinarians)?

Mendiagnosa, merawat, atau melakukan penelitian terhadap penyakit dan cedera hewan. Tugas dokter hewan juga dapat mencakup riset dan pengembangan bidang kesehatan hewan, memeriksa ternak, atau merawat hewan peliharaan.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

4.4jt - 6.3jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

: Dokter Hewan Asosiasi
Doktor Kedokteran Hewan
Dokter Hewan Gawat Darurat
Dokter Hewan Kuda
Dokter Hewan Campuran
Dokter Hewan Kecil
Dokter Hewan
Dokter Hewan Bedah

Tugas

Memeriksa hewan untuk mendeteksi dan menentukan sifat penyakit atau cedera
Mengobati hewan yang sakit atau terluka dengan resep obat, pengaturan tulang, membalut luka, atau melakukan operasi
Mengumpulkan jaringan tubuh, kotoran, darah, urin, atau cairan tubuh lain pada hewan untuk kebutuhan pemeriksaan dan analisa
Menyuntik hewan untuk mencegah/mengatasi berbagai penyakit seperti rabies atau distemper
Memberikan penjelasan kepada klien tentang kematian hewan peliharaan mereka atau tentang keputusan euthanasia untuk hewan peliharaan mereka

Pengetahuan

Biologi

Pengetahuan tentang organisme tanaman dan hewan, jaringannya, sel, fungsi, saling ketergantungannya, dan interaksinya dengan lingkungan dan satu sama lain.

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Ilmu Kedokteran dan Kedokteran Gigi

Pengetahuan tentang informasi dan teknik yang diperlukan untuk mendiagnosa dan mengobati luka manusia, penyakit, dan kelainan bentuk. Ini termasuk gejala, pengobatan alternatif, sifat obat dan interaksi, dan langkah-langkah kesehatan preventif.

Keterampilan

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Sains

Menggunakan peraturan dan metode ilmiah untuk menyelesaikan masalah.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Kemampuan

  • 1

    Ketangkasan Jari - Kemampuan membuat koordinasi gerakan jari dari satu atau kedua tangan dengan tepat, yang akan digunakan untuk menggenggam, menggerakkan, atau memasang objek yang sangat kecil.

  • 2

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 3

    Ilmu Kedokteran dan Kedokteran Gigi - Pengetahuan tentang informasi dan teknik yang diperlukan untuk mendiagnosa dan mengobati cedera, penyakit, dan cacat manusia. Hal ini termasuk gejala, alternatif pengobatan, sifat dan interaksi obat, dan langkah-langkah pencegahan kesehatan.

  • 4

    Penglihatan Jarak Dekat - Kemampuan untuk melihat detil dalam jarak dekat (jarak beberapa kaki dari objek).

  • 5

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 6

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 7

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 8

    Reaksi yang Cepat - kemampuan untuk merespon secara cepat (dengan tangan, jari, atau kaki) pada sebuah sinyal (suara, cahaya, gambar) ketika sinyalnya muncul.

  • 9

    Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan

  • 10

    Pemahaman Pembicaraan - Kemampuan untuk mengidentifikasi dan memahami pembicaraan orang lain.

Cerita terkait profesi ini

Hizriah Alief Jainudin

Pusat Kesehatan Hewan DKI

Q:Deskripsi profesi?
A:Profesi dokter hewan bekerja mendiagnosa penyakit hewan baik hewan kecil (anjing dan kucing) maupun hewan eksotik seperti (landak, hamster, kelinci, burung, kura-kura,dll) dan kemudian memberikan terapi pengobatan dan treatment khusus seperti tindakan operasi.
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©