Arm-Chair

Ahli Teknik Kimia

Ilmu Pengetahuan & Teknologi


  • Gaji rata-rata

    3.8jt - 6.5jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Ahli Teknik Kimia?

Merancang peralatan pabrik kimia dan proses perangkat untuk pembuatan bahan kimia dan produk, seperti bensin, karet sintetis, plastik, deterjen, semen, kertas dan bubur kayu, dengan menerapkan prinsip-prinsip dan teknologi kimia, fisika dan teknik.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

3.8jt - 6.5jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Ahli Kimia
Ilmuwan Teknik
Ahli Kontrol Proses
Ahli Pengembang Proses Ahli Proses
Insinyur Proyek
Ahli Proses Kilang Minyak
Ilmuwan

Tugas Ahli Teknik Kimia

Mengembangkan prosedur keamanan untuk digunakan oleh pekerja yang menggunakan peralatan operasi atau yang bekerja dekat dengan reaksi kimia
Memecahkan masalah pada proses manufaktur kimia
Mengevaluasi peralatan dan proses kimia untuk mengidentifkasi cara-cara untuk mengoptimalkan kinerja atau untuk memastikan kepatuhan terhadap keselamatan dan peraturan lingkungan
Melakukan penelitian untuk mengembangkan dan meningkatkan proses manufaktur kimia baru
Menentukan pengaturan operasi yang paling efektif seperti pencampuran, penghancuran, perpindahan panas, distilasi, dan pengeringan
 

Pengetahuan

Kimia

Pengetahuan tentang komposisi, struktur dan properti kimiawi dari zat serta proses dan transformasi kimiawi yang terjadi. Termasuk penggunaan bahan kimiawi dan interaksinya, tanda bahaya, teknik produksi dan metode pembuangan

Rekayasa dan Teknologi

Pengetahuan tentang aplikasi praktis dalam ilmu rekayasa dan teknologi. Hal ini termasuk penerapan prinsip, teknik, prosedur, dan peralatan untuk mendesain dan memproduksi berbagai barang dan jasa.

Matematika

Pengetahuan tentang aritmatika, aljabar, geometri, kalkulus, statistik, dan aplikasinya.

Fisika

Pengetahuan dan prediksi tentang prinsip fisika, hukum, hubungan antar keduanya, dan aplikasi untuk memahami cairan, bahan, dinamika atmosfer, mekanik, listrik, atom, sub struktur atom dan prosesnya.

Produksi dan Pengolahan

Pengetahuan tentang bahan mentah, proses produksi, kontrol kualitas, biaya, dan teknik lainnya dalam memaksimalkan keefektifan manufaktur dan distribusi barang.

Keterampilan

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Sains

Menggunakan peraturan dan metode ilmiah untuk menyelesaikan masalah.

Analisis Sistem

Menentukan bagaimana sistem seharusnya bekerja dan bagaimana pengaruh perubahan kondisi, operasional, dan lingkungan bagi hasil yang dicapai.

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 3

    Penalaran Matematika - Kemampuan untuk memilih metode dan formula matematika yang tepat untuk menyelesaikan masalah.

  • 4

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

Diskusi terkait profesi Ahli Teknik Kimia

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1