Arm-Chair

Ahli Biokimia dan Biofisika

Ilmu Pengetahuan & Teknologi


  • Gaji rata-rata

    4.2jt - 7.1jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Ahli Biokimia dan Biofisika?

Mempelajari struktur kimia dan dasar fisika dari sel dan organisme hidup, energi elektrik, dan energi mekanisnya, serta fenomena terkait. Ia dapat mengadakan penelitian untuk memperdalam pemahaman mengenai kombinasi kimiawi kompleks dan reaksinya di metabolisme, reproduksi, pertumbuhan, dan pewarisan keturunan. Ahli biokimia dan biofisila bisa menentukan efek makanan, obat-obatan, serum, hormon, dan zat lainnya pada jaringan dan proses vital pada organisme hidup.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

4.2jt - 7.1jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Ahli Kimia Riset Analitis
Pemimpin Ilmiah
Pemimpin Penelitian Biofisika
Direktur Laboratorium
Profesor Fisika/Peneliti Biofisika
Asisten Riset
Peneliti Asosiasi
Ilmuwan Peneliti
Ilmuwan

Tugas Ahli Biokimia dan Biofisika

Mempelajari dasar fisika dari sel dan organisme hidup serta energi elektrik dan mekanis yang terdapat di dalamnya, mencakup metode dan pengetahuan matematika, fisika, kimia, dan biologi
Membagikan penemuan riset dengan menulis artikel ilmiah atau dengan menyampaikan presentasi pada konferensi ilmiah
Menyiapkan laporan atau rekomendasi berdasarkan hasil penelitian
Mengajar atau memberikan saran kepada siswa tingkat sarjana dan pascasarjana, atau membimbing riset mereka
Mengelola dan mengawasi tim laboratorium

Pengetahuan

Biologi

Pengetahuan tentang organisme tanaman dan hewan, jaringannya, sel, fungsi, saling ketergantungannya, dan interaksinya dengan lingkungan dan satu sama lain.

Kimia

Pengetahuan tentang komposisi, struktur dan properti kimiawi dari zat serta proses dan transformasi kimiawi yang terjadi. Termasuk penggunaan bahan kimiawi dan interaksinya, tanda bahaya, teknik produksi dan metode pembuangan

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Matematika

Pengetahuan tentang aritmatika, aljabar, geometri, kalkulus, statistik, dan aplikasinya.

Fisika

Pengetahuan dan prediksi tentang prinsip fisika, hukum, hubungan antar keduanya, dan aplikasi untuk memahami cairan, bahan, dinamika atmosfer, mekanik, listrik, atom, sub struktur atom dan prosesnya.

Keterampilan

Aktif Belajar

Memahami implikasi dari informasi baru untuk dasar pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah sekarang maupun masa datang.

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Sains

Menggunakan peraturan dan metode ilmiah untuk menyelesaikan masalah.

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 3

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 4

    Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

  • 5

    Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti

  • 6

    Fleksibilitas Kategori - kemampuan untuk menghasilkan atau menggunakan kelompok aturan yang berbeda untuk menggabungkan atau mengelompokkan sesuatu dengan cara baru.

Diskusi terkait profesi Ahli Biokimia dan Biofisika

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1