Apa itu Management Trainee (MT)?
Management Trainee (MT) adalah karyawan dari suatu perusahaan (umumnya perusahaan established) yang menjalani serangkaian program khusus percepatan karier yang dibutuhkan untuk regenerasi jabatan-jabatan strategis di perusahaan terkait. Selama 6-12 bulan, MT diberikan pelatihan dan pengetahuan yang berkaitan dengan prosedur operasional perusahaan, keahlian perencanaan, pengendalian usaha, manajemen risiko, perencanaan manajerial, serta On-the-Job Training (OJT) atau praktek kerja langsung berdasarkan divisi atau lini yang ditugaskan sebelum akhirnya dievaluasi dan dinyatakan lulus atau tidak. Dalam berbagai perusahaan dan Industri, program Management Trainee dikenal juga dengan Management Training Program (MTP), Management Development Program (MDP), Officer Development Program (ODP), atau Program Pengembangan Staf (PPS), dan lain-lain.
Jenjang pendidikan minimal
N/A
SMK
D3
S1
S2
Gaji rata-rata
Contoh dari Jabatan Pekerjaan
Tugas Management Trainee (MT)
Pengetahuan
Administrasi dan Manajemen
Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.
Komunikasi dan Media
Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.
Bahasa Inggris
Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.
Bahasa Asing
Pengetahuan tentang struktur dan konten dari bahasa asing (selain Bahasa Inggris), termasuk arti dan pengejaan kata, aturan komposisi dan tata bahasa, serta pelafalan.
Keterampilan
Aktif Belajar
Memahami implikasi dari informasi baru untuk dasar pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah sekarang maupun masa datang.
Penyelesaian Masalah yang Kompleks
Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.
Koordinasi
Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.
Berpikir Kritis
Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani
Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan
Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.
Persuasi
Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran dan perilaku mereka.
Pemahaman Membaca
Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.
Kepekaan Sosial
Menyadari reaksi orang lain, kemudian memahami mengapa mereka bertindak seperti itu.
Berbicara
Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif
Manajemen waktu
Mengatur waktu pribadi dengan waktu orang lain
Penentuan Masalah
Menentukan penyebab dari kesalahan operasi, dan memutuskan tindakan apa yang perlu dilakukan.
Negosiasi
Membawa orang lain bersama-sama dan berusaha untuk mendamaikan perbedaan.
Kreatif
Kemampuan berimajinasi dan menciptakan ide-ide orisinil terutama terkait pekerjaan yang bersifat artistik.
Kemampuan
- 1
Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.
- 2
Kelancaran Ide - Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide adalah yang terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas).
- 3
Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).
- 4
Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).
- 5
Negosiasi - Membawa orang lain bersama-sama dan berusaha untuk mendamaikan perbedaan.
- 6
Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan
- 7
Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan
- 8
Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.
- 9
Pemahaman Pembicaraan - Kemampuan untuk mengidentifikasi dan memahami pembicaraan orang lain.
- 10
Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan
- 11
Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti
Diskusi terkait profesi Management Trainee (MT)
Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.