Menu
Arm-Chair

Manajer Pemasaran

Pemasaran, Penjualan, dan Pelayanan


  • Gaji rata-rata

    10.7jt - 12.6jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Manajer Pemasaran?

Merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasikan kebijakan dan program pemasaran, antara lain melihat permintaan untuk produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dan pesaingnya serta mengidentifikasi pelanggan potensial. Seorang manajer pemasaran juga mengembangkan strategi harga dengan tujuan memaksimalkan keuntungan atau pangsa pasar perusahaan. Ia juga memastikan kepuasan pelanggan perusahaan. Manajer pemasarn mengawasi perkembangan produk atau memantau tren yang menunjukkan kebutuhan untuk produk dan layanan baru.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

10.7jt - 12.6jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Supervisor Akun Keuangan
Manajer Brand
Direktur Pengembangan Bisnis
Manajer Pengembangan Bisnis
Manajer Area Komersial
Eksekutif Pengembangan Pasar
Koordinator Marketing
Direktur Marketing
Manajer Marketing
Manajer Produk

Tugas

Mengidentifikasi, mengembangkan, atau mengevaluasi strategi pemasaran, berdasarkan pengetahuan dari tujuan berdirinya perusahaan, karakteristik pasar, biaya, dan faktor kenaikan harga
Merumuskan, mengarahkan, atau mengkoordinasi kegiatan atau kebijakan pemasaran untuk mempromosikan produk atau jasa
Bekerja dengan manajer iklan atau promosi
Mengevaluasi aspek keuangan dari pengembangan produk, seperti anggaran, pengeluaran, penelitian dan pengembangan alokasi, laba atas investasi serta proyeksi laba-rugi
Mengembangkan strategi harga, menyeimbangkan antara tujuan perusahaan dan kepuasan pelanggan
Mengumpulkan daftar penawaran produk atau jasa

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Penjualan dan Pemasaran

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.

Keterampilan

Aktif Belajar

Memahami implikasi dari informasi baru untuk dasar pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah sekarang maupun masa datang.

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Kepekaan Sosial

Menyadari reaksi orang lain, kemudian memahami mengapa mereka bertindak seperti itu.

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 3

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 4

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 5

    Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan

  • 6

    Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

  • 7

    Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti

Cerita terkait profesi ini

Indi Raisa Girsang

Nutrifood Indonesia

Q:Deskripsi profesi?
A:Orang yang bekerja di bidang Marketing biasa disebut sebagai Marketer. Detail peran marketer bisa berbeda-beda tergantung tipe dan seberapa besar perusahaan tersebut. Akan tetapi secara umum, marketer bertanggungjawab dalam mengembangkan dan menciptakan campaign untuk mempromosikan produk-produk yang dimiliki oleh perusahaan agar pembeli tertarik untuk menggunakan produk tersebut.
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©