Menu
Arm-Chair

Media Buyer

Media dan Periklanan


  • Gaji rata-rata

    4.1jt - 7.3jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Media Buyer?

Bertanggung jawab dalam membeli slot iklan di berbagai media (koran, majalah, televisi, radio, film, situs internet, aplikasi mobile, dan sebagainya) untuk menampilkan iklan kliennya. Pada dasarnya, membantu klien dalam menjalankan kampane periklanan untuk mencapai audiens yang sebanyak-banyaknya lewat eksposur di media, dengan biaya yang seefisien mungkin.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

4.1jt - 7.3jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Media Buyer
Pembeli Media
Media Planner and Buyer

Tugas

Mengidentifikasi target audiens di media tertentu, dan memutuskan cara terbaik untuk berkomunikasi dengan audiens tersebut
Menjadi penghubung antara klien dengan perusahaan penjualan media Kemudian, bernegosiasi dengan pihak media untuk mendapatkan slot dan harga terbaik
Memastikan bahwa iklan klien tayang secara akurat, sehingga pesannya sampai pada audiens
Up to date dengan angka penelitian industri media, termasuk angka distribusi (koran dan majalah) dan angka penonton/pembaca/pelanggan (televisi, radio, dan media digital)
Melaporkan pengaturan anggaran eksposur di media
Mengumpulkan dan menganalisa data penjualan serta data konsumen Kemudian mengevaluasi efektivitas kampanye iklan, dan menggunakan hasil evaluasi sebagai patokan kampanye iklan di masa depan

Pengetahuan

Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Ekonomi dan Akuntansi

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dan akuntansi, pasar keuangan, perbankan, serta analisa dan laporan data keuangan.

Penjualan dan Pemasaran

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.

Keterampilan

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Persuasi

Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran dan perilaku mereka.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Negosiasi

Membawa orang lain bersama-sama dan berusaha untuk mendamaikan perbedaan.

Kemampuan

  • 1

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 2

    Negosiasi - Membawa orang lain bersama-sama dan berusaha untuk mendamaikan perbedaan.

  • 3

    Kemampuan Berhitung - Kemampuan untuk melakukan perhitungan tambah, kurang, kali, bagi dengan cepat dan tepat.

  • 4

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 5

    Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©