Apa itu Manajer Sosial Media?
Secara umum bertanggung jawab terhadap pemasaran dan interaksi yang terjadi media sosial. Merancang dan melakukan interaksi dengan pelanggan dan calon pelanggan dengan memberikan konten-konten yang interaktif, menganalisa, melakukan pengujian, mengoptimalkan strategi, dan memantau dengan tujuan membangun kesadaran merek. (Brand Awareness)
Jenjang pendidikan minimal
N/A
SMK
D3
S1
S2
Gaji rata-rata
Contoh dari Jabatan Pekerjaan
Tugas Manajer Sosial Media
Pengetahuan
Komunikasi dan Media
Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.
Komputer dan Elektronik
Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.
Layanan Pelanggan dan Personal
Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.
Bahasa Inggris
Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.
Penjualan dan Pemasaran
Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.
Keterampilan
Koordinasi
Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.
Berpikir Kritis
Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani
Memantau
Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.
Operasi dan Kontrol
Mengontrol perlengkapan dan sistem operasi.
Kepekaan Sosial
Menyadari reaksi orang lain, kemudian memahami mengapa mereka bertindak seperti itu.
Kemampuan
- 1
Kedalaman Persepsi - Kemampuan untuk menilai mana dari beberapa objek yang lebih dekat atau lebih jauh dari anda, atau untuk menilai jarak antara anda dan objek.
- 2
Kelancaran Ide - Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide adalah yang terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas).
- 3
Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).
- 4
Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan
- 5
Orisinalitas - Kemampuan untuk mendatangkan ide-ide yang tidak biasa atau ide cemerlang terhadap topik atau situasi yang diberikan, atau untuk mengembangkan cara-cara kreatif dalam memecahkan masalah.
Diskusi terkait profesi Manajer Sosial Media
Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.