Menu
Arm-Chair

Peneliti Tanah dan Tumbuhan

Pertanian dan Pangan


  • Gaji rata-rata

    3.8jt - 6.2jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Peneliti Tanah dan Tumbuhan?

Mengadakan penelitian pada penyilangan, fisiologi, produksi, penghasilan, dan manajemen tanaman dan tumbuhan agrikultura seperti pohon, semak, dan persediaan bibit, dan lain sebagainya. Peneliti tanah da tumbuhan dapat mengklasifikan dan memetakan tanah serta mempelajari efeknya pada praktek alternatif pada tanah dan produktivitas tumbuhan.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

3.8jt - 6.2jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Agronomis
Manajer Penelitian Agronomi
Spesialis Agronomi
Ilmuwan Nutrisi Tumbuhan
Spesialis Pelatihan Tanah dan Tumbuhan
Ilmuwan Mikrobiologi Tanah
Ilmuwan Riset Tanah
Spesialis Pelatihan Kesuburan Tanah dan Tumbuhan

Tugas

Mengkomunikasikan hasil penelitian atau proyek pada profesional lain atau pada publik Dapat pula memberikan kelas, seminar, atau workshop pada bidang yang berkaitan
Mengadakan eksperimen untuk mengembangkan atau meningkatkan varian tumbuhan lapangan, berfokus pada karakteristik seperti produksi, kualitas, ketahanan penyakit, nilai gizi, serta adaptasi pada tanah atau cuaca tertentu
Mengembangkan atau meningkatkan metode produk kontrol gulma, penyakit tumbuhan, atau hama serangga
Memberikan informasi atau rekomendasi pada petani atau pemilik lahan mengenai bagaimana mereka bisa menggunakan lahan, meningkatkan pertumbuhan tanaman, atau meghindari atau memperbaiki masalah seperti erosi
Mengembangkan metode yang ramah lingkungan untuk produk kontrol gulma, penyakit tumbuhan, atau hama serangga

 

Pengetahuan

Biologi

Pengetahuan tentang organisme tanaman dan hewan, jaringannya, sel, fungsi, saling ketergantungannya, dan interaksinya dengan lingkungan dan satu sama lain.

Kimia

Pengetahuan tentang komposisi, struktur dan properti kimiawi dari zat serta proses dan transformasi kimiawi yang terjadi. Termasuk penggunaan bahan kimiawi dan interaksinya, tanda bahaya, teknik produksi dan metode pembuangan

Rekayasa dan Teknologi

Pengetahuan tentang aplikasi praktis dalam ilmu rekayasa dan teknologi. Hal ini termasuk penerapan prinsip, teknik, prosedur, dan peralatan untuk mendesain dan memproduksi berbagai barang dan jasa.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Keterampilan

Aktif Belajar

Memahami implikasi dari informasi baru untuk dasar pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah sekarang maupun masa datang.

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Sains

Menggunakan peraturan dan metode ilmiah untuk menyelesaikan masalah.

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 3

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 4

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 5

    Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

  • 6

    Fleksibilitas Kategori - kemampuan untuk menghasilkan atau menggunakan kelompok aturan yang berbeda untuk menggabungkan atau mengelompokkan sesuatu dengan cara baru.

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©