Arm-Chair

Koreografer

Seni dan Desain


  • Gaji rata-rata

    3.7jt - 6.5jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Koreografer?

Menciptakan dan membuat rangkaian gerakan yang digunakan dalam tarian dan pertunjukan. Koreografer tidak hanya menciptakan gerakan tarian, tetapi juga berlatih atau melatih tarian, mengarahkan serta merancang pertunjukan.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

3.7jt - 6.5jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Sutradara Artistik
Koreografer
Pengarah Tarian
Pengarah Tari
Penari

Tugas Koreografer

Merancang tarian untuk penari individual, perusahaan tari, teater musikal, opera, pertunjukan fashion, film, tim produksi televisi, acara spesial, dan untuk penari pemula maupun profesional
Mempelajari musik dan alur cerita sebuah pertunjukkan, agar bisa menerjemahkan ide dan emosinya menjadi sebuah gerakan tarian
Memilih musik, efek suara, atau narasi untuk mengiringi suatu tarian Ia juga membuat tarian yang cocok dengan musik yang digunakan
Bekerja dengan produser, perancang kostum, direktur musik, serta direktur seni
Mengaudisi penari
Mengajar dan melatih para penari tentang langkah-langkah serta teknik tarian yang harus dilakukan

Pengetahuan

Pendidikan dan Pelatihan

Pengetahuan tentang prinsip dan metode dalam mendesain kurikulum, pelatihan, pengajaran, dan instruksi untuk individu dan kelompok, serta pengukuran efek pelatihan.

Sosiologi dan Antropologi

Pengetahuan tentang perilaku dan dinamika kelompok, tren dan pengaruh masyarakat, migrasi manusia, etnis, budaya, sejarah, dan asal-usul

Seni Murni

Pengetahuan tentang teori dan teknik yang dibutuhkan untuk menciptakan, memproduksi, dan melakukan karya musik, tarian, seni visual, drama, dan pahatan.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Menginstruksi

Mengajar orang lain cara melakukan sesuatu

Memantau

Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Kemampuan

  • 1

    Kelancaran Ide - Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide adalah yang terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas).

  • 2

    Koordinasi Tubuh - Kemampuan untuk mengkoordinasikan gerakan lengan, kaki, dan badan secara bersamaan pada saat seluruh tubuh bergerak.

  • 3

    Koordinasi Angota-Anggota Tubuh - Kemampuan untuk mengkoordinasi dua atau lebih anggota tubuh (seperti dua lengan, dua kaki, atau satu kaki dan satu lengan) ketika duduk, berdiri, atau berbaring. Hal ini tidak termasuk melakukan aktivitas saat seluruh tubuh sedang bergerak.

  • 4

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 5

    Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan

  • 6

    Daya Tahan Tubuh - Kemampuan untuk menggunakan seluruh kekuatan fisik tubuh dalam jangka waktu yang panjang tanpa merasa kehabisan napas.

  • 7

    Kekuatan Tubuh - Kemampuan untuk menggunakan otot perut dan otot punggung bawah untuk menopang bagian badan secara terus menerus tanpa merasa kelelahan.

  • 8

    Orisinalitas - Kemampuan untuk mendatangkan ide-ide yang tidak biasa atau ide cemerlang terhadap topik atau situasi yang diberikan, atau untuk mengembangkan cara-cara kreatif dalam memecahkan masalah.

  • 9

    Sensitivitas Pendengaran - Kemampuan untuk mendeteksi atau memberitahukan perbedaan antara suara yang berbeda nada dan kenyaringan.

  • 10

    Keseimbangan Tubuh - Kemampuan untuk menjaga keseimbangan tubuh atau menyeimbangkan tubuh atau berdiri tegak ketika berada pada kondisi yang tidak stabil.

Diskusi terkait profesi Koreografer

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1