Arm-Chair

Pelatih dan Pemandu Olahraga

Olahraga


  • Gaji rata-rata

    1jt - 2jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Pelatih dan Pemandu Olahraga?

Menginstruksikan dan melatih grup atau individu tentang dasar-dasar olahraga, serta mendemonstrasikan teknik dan metode partisipasi olahraga. Seorang pelatih dan pemandu olahraga juga dapat menilai atlet yang potensial untuk direkrut, serta mengembangkan teknik mereka dalam rangka persiapan kompetisi. Seorang pelatih dan pemandu olahraga yang memegang gelar pendidikan bisa menjadi guru akademik sesuai bidangnya.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

1jt - 2jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Asisten Pelatih
Pelatih
Direktur Olahraga

Tugas Pelatih dan Pemandu Olahraga

    Menyediakan pelatihan yang mencakup arahan, dorongan, motivasi, dan nasehat tentang nutrisi untuk para atlet, agar mereka siap untuk kompetisi atau perlombaan
Merencanakan, mengorganisir, dan melaksanakan sesi latihan
Menjelaskan dan melaksanakan peraturan dan regulasi keamanan
Merencanakan dan mengarahkan program pengkondisian fisik, agar atlet mencapai hasil maksimal 
Menginstruksikan atlet secara individu atau kelompok mengenai peraturan olahraga, strategi permainan, dan prinsip kerja Misalnya, cara-cara khusus dalam menggerakkan badan, tangan, atau kaki untuk mencapai hasil yang diharapkan
Mengajarkan materi-materi instruksional olahraga dan memberikan saran kepada atlet yang ia latih
Mengevaluasi kemampuan atlet serta mengulas catatan performa mereka, untuk menentukan potensi dan tingkat kebugaran mereka di cabang olahraga tertentu
Mengawasi penggunaan alat-alat olahraga oleh atlet, untuk memastikan penggunaannya aman dan tepat
Menyesuaikan teknik-teknik pelatihan, berdasarkan kekuatan dan kelemahan masing-masing atlet
Selalu tahu perkembangan dan perubahan peraturan, teknik, teknologi, dan filosofi cabang olahraga spesialisasinya

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Pendidikan dan Pelatihan

Pengetahuan tentang prinsip dan metode dalam mendesain kurikulum, pelatihan, pengajaran, dan instruksi untuk individu dan kelompok, serta pengukuran efek pelatihan.

Psikologi

Pengetahuan tentang kinerja dan perilaku manusia; perbedaan kemampuan, kepribadian, dan minat individu; pembelajaran dan motivasi; metode penelitian psikologis; serta penilaian dan pengobatan mengenai gangguan perilaku dan afektif.

Keterampilan

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Menginstruksi

Mengajar orang lain cara melakukan sesuatu

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Strategi Belajar

Memilih dan menggunakan pelatihan/metode instruktusional dan prosedur yang tepat ketika belajar atau mengajar hal yang baru

Manajemen Sumber Daya Personalia

Memotivasi, mengembangkan, mengarahkan staf saat bekerja, serta mengidentifikasi orang-orang terbaik untuk pekerjaan tersebut.

Memantau

Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 3

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 4

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 5

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 6

    Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan

Diskusi terkait profesi Pelatih dan Pemandu Olahraga

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1