Menu

10 Profesi yang Jarang Terkena Penyakit

Di era yang sekarang ini, nggak sedikt orang yang karena alasan kesibukan—jadi nggak punya momen untuk sedikit meluangkan waktunya buat berolahraga. Tentunya, ini bisa menjadi masalah yang serius untuk kehidupan manusia.

Kenapa saya bisa bilang begitu? Soalnya, olahraga adalah salah satu aktifitas penting untuk menunjang tubuh selalu fit dan sehat.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, ternyata ada, lho, profesi-profesi yang sekiranya paling sehat dan jarang terkena penyakit. Penasaran apa saja? Simak di bawah berikut ini.

1. Atlet 

Nggak bisa dibantah kalau profesi sebagai Atlet memiliki dampak positif terhadap kesehatan tubuh. Aktivitas yang sangat padat dengan latihan dan olahraga, membuat seorang Atlet bisa memiliki tubuh yang sehat.

Selain itu, Atlet diharuskan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sangat bergizi. Hal ini bertujuan agar Atlet memiliki fisik yang kuat dan siap terjun di lapangan. Nggak heran bukan kalau Atlet masuk ke dalam pekerjaan yang paling sehat di dunia?

 2. Pelatih Kesehatan Atlet (Olahragawan) 

Kebanyakan dari kamu mungkin mengira Atlet merupakan profesi yang paling sehat di dunia. Tapi, para Atlet tentunya nggak lepas dari peran seorang pelatih, ‘kan, gaes? Aktivitas fisik Pelatih Atlet bisa dikatakan cukup intens, lho. Kenapa demikian? Soalnya, dia juga harus memiliki fisik yang kuat sehingga bisa melatih para Atlet.

Profesi sebagai Pelatih Atlet harus memberi contoh latihan fisik. Selain itu, para Pelatih juga menjadi seorang guru yang harus memberi teladan terkait performa—khususnya secara fisik. Inilah yang membuat profesi Pelatih Atlet dikatakan sebagai pekerjaan yang menyehatkan.

3. Pelatih Fitness dan Instruktur Aerobik 

Meskipun nggak sekeras Atlit, Pelatih Fitness dan Instruktur Aerobik memiliki aktivitas fisik yang menyehatkan. Seorang Pelatih Fitness dan Instruktur Aerobik bertugas memberikan instruksi atau pelatihan olahraga, baik untuk sekelompok orang maupun individu. Otomatis, dia harus latihan fisik yang cukup intens.

Nggak ketinggalan, asupan bergizi juga menjadi sebuah hal yang harus dipenuhi bagi para Pelatih Fitness dan Instruktur Aerobik. That’s why, profesi ini adalah proesi yang membuat tubuh menjadi bugar dan sehat.

4. Instruktur Yoga

Hampir mirip dengan profesi  Pelatih Fitness dan Instruktur Aerobik, profesi yang satu ini juga menjadi profesi yang bikin kamu sehat. Hanya perbedaannya, Instruktur Yoga lebih berfokus pada kesehatan pikiran daripada kesehatan badan.

Meskipun demikian, Instruktur Yoga tetap bisa membuat kamu sehat secara fisik, kok. Soalnya, gerakan-gerakan dalam yoga tetap menggabungkan aktivitas fisik dengan meditasi.

5. Ahli Diet dan Nutrisi atau Ahli Gizi

Menurut saya, nih, gaes. Jenis-jenis pekerjaan yang termasuk ke dalam daftar profesi paling sehat memang nggak memiliki kesegaraman alasan. Ada profesi yang sehat karena aktivitas fisiknya, ada yang karena psikisnya, dan ada pula alasan lainnya.

Well, profesi Ahli Gizi adalah profesi selanjutnya yang menyehatkan. Kenapa saya bisa bilang seperti itu? Soalnya, seorang Ahli Gizi memiliki pengetahuan tentang makanan dan minuman yang kaya akan zat gizi tertentu. Sehingga, seorang Ahli Gizi memiliki peluang yang lebih besar untuk menerapkan pola hidup sehat untuk dirinya sendiri.

6. Dokter

Yap, benar! Profesi selanjutnya adalah Dokter. Kalau ahli gizi sehat dengan pola makanan yang bergizi. Maka, seorang Dokter dikatakan sebagai salah satu profesi sehat karena dia memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara mencegah dan mengobati suatu penyakit tertentu dengan tepat.

Beragam jenis profesi Dokter—seperti Dokter Gigi, Dokter Pengobatan Fisik dan Rehabilitasi, dan dokter lainnya pasti memiliki pengetahuan yang mumpuni terkait kesehatan dan penyakit-penyakit. Inilah yang membuat profesi Dokter biasanya memiliki tubuh yang lebih sehat.

7. Florist 

Mungkin kebanyakan dari kamu merasa asing dengan profesi Florist. Well, Florist adalah orang yang memiliki profesi terkait dengan bunga. Di Indonesia sendiri, Florist bisa memiliki arti sebagai penanam bunga, penjual bunga, atau pemilik toko bunga.

Mengapa profesi Florist termasuk ke dalam pekerjaan paling sehat padahal dia nggak memiliki aktivitas fisik seberat Atlit atau Pelatih Fitness? Florist adalah pekerjaan yang dikelilingi dengan bunga. Bunga yang ada tersebut, akan membuat seorang Florist memiliki rasa tenang, nyaman, dan menyenangkan sehingga berdampak terhadap kesehatannya.

8. Terapis 

Profesi Terapis cukup mirip dengan florist. Baik Florist maupun Terapis memiliki kesempatan untuk dekat dengan aromaterapi yang membuat tubuh rileks. Cuma bedanya, seorang Terapis dikelilingi oleh aromaterapi yang bukan langsung dari bunga tapi dari ekstrak atau olahan.

Anyway, menjadi seorang Terapis—khususnya Terapi Pijat. Membuat seorang Terapis paham dengan cara-cara merelaksasikan tubuh. Asal kamu tahu, relaksasi tubuh itu bisa meningkatkan kesehatan, lho, karena otot-otot yang tegang menjadi kendur kembali.

9. Penari 

Siapa di sini yang ingin menjadi seorang Penari? Kalau ada di antara kamu yan ingin menjadi penari, maka selamat! Profesi kamu masuk ke dalam daftar profesi paling sehat di dunia, gaes.

Serupa dengan profesi-profesi sebelumnya, seorang Penari dituntut untuk latihan dan gerak fisik secara intens. Para penari, baik penari tarian tradisional maupun modern dance harus bergerak setiap hari. Bahkan, para penari dengan genre jenis modern dance memiliki gerakan tarian yang cukup untuk mengolah fisiknya sehingga menjadi bugar, lho.

Selain membuat tubuh menjadi bugar, seorang Penari akan merasakan kebahagiaan dan kecericaan saat mereka sedang menari. Hal inilah yang membuat profesi sebagai seorang Penari nggak cuma menyehatkan secara fisik tetapi juga menyehatkan secara psikis.

10. Koreografer 

Kamu pasti pernah, mendengar profesi yang satu ini, ‘kan? Yap! Sama seperti pasangan Atlit dan Pelatihnya, Koreografer merupakan pasangan untuk para Penari atau Artis/Penyanyi.

Aktivitas fisik dari seorang Koreografer bisa dibilang lebih berat dari seorang Penari, gaes? Kenapa? Karena Koreografer harus menciptakan dan membuat rangkaian gerakan yang digunakan dalam tarian dan pertunjukan.

Eitss, nggak cuma itu saja. Koreografer juga harus sering berlatih atau melatih tarian kepada seorang Penari atau orangyang memang membutuhkan jasanya serta mengarahkan dan merancang sebuah pertunjukan.

Oyaa, seorang Koreografer biasanya berasal dari penari-penari yang sudah senior dan mampu menciptakan gerakan-gerakan menarik.

***

Itulah profesi-profesi yang dirasa paling sehat. Tentu saja masalah sehat atau nggaknya tergantung dari budaya atau tempat asal pekerjaan itu, gaes.

Bisa jadi seorang karyawan yang bekerja di perusahaan-perusahaan bisa dikatakan lebih sehat karena perusahaan tersebut berusaha menyediakan sarana olahraga, asupan, games, dan fasilitas lainnya yang menyehatkan dan menyenangkan bagi karyawannya.

Ya, intinya, semua profesi sehat atau nggak-nya itu semuanya sangat tergantung dengan situasi dan kondisi.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: healthcarebenefit.net, futurefit.co.uk, indoindians.com, credibly.com)

LATEST COMMENT
Genius Revanza | 1 hari yang lalu

Wahhhh bagus ni kak artikel nya next sma sama smk kak hehe

5 Kemampuan yang Sama-Sama Dimiliki Anak IPA dan IPS
Khusnul Khotimah Hamzah | 6 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©