Arm-Chair

Pelaut

Transportasi, Distribusi dan Logistik


  • Gaji rata-rata

    -

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Pelaut?

Pada dasarnya, pelaut adalah seseorang yang berlayar di laut. Maka, profesi pelaut mencakup tugas-tugas yang sangat luas karena menyangkut siapa pun yang bekerja di atas kapal. Pelaut juga seringkali disebut sebagai Anak Buah Kapal (ABK), yang terdiri dari bagian Perwira Departemen Dek, Perwira Departemen Mesin, dan Ratings. Masing-masing bagian pun mempunyai tugas dan tanggung jawab tersendiri, dan tanggung jawab utama terletak di tangan Kapten kapal selaku pimpinan pelayaran.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Kapten
Nahkoda
Mualim
Awak Kapal
Anak Buah Kapal
Juru Mudi
Pandu Pelabuhan
Kelasi
Bosun

Tugas Pelaut

Bertanggung jawab atas pelayaran
Membuat patokan arah navigasi menggunakan pencari kedalaman, radar, lampu penanda, mercusuar, dan cuaca
Mengatur membuat jalur/rute peta pelayaran yang akan dilakukan
Memeriksa dan memelihara semua alat-alat keselamatan kapal
Memeriksa kapal untuk memastikan pengoperasian kapal dan peralatan yang efisien dan aman serta kesesuaian dengan santandar dan peraturan
Mengoperasikan radio/komunikasi serta bertanggung jawab mencegah kapal dari marabahaya, baik itu yang ditimbulkan dari alam ataupun human error
Mengatur muatan dan persediaan air tawar yang cukup untuk semua awak kapal
Membaca alat pengukur untuk memastikan tingkat cairan hidraulik, tekanan udara, atau oksigen dalam batas yang cukup

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Geografi

Pengetahuan tentang prinsip dan metode dalam menjelaskan fitur daratan, laut, dan massa udara, termasuk karakteristik fisiknya, lokasi, hubungan timbal-balik, dan distribusi kehidupan tanaman, hewan, maupun manusia.

Hukum dan Pemerintahan

Pengetahuan tentang hukum, aturan hukum, prosedur pengadilan, preseden, regulasi pemerintah, perintah ekskutif, aturan lembaga, dan proses politik yang demokratis.

Mekanis

Pengetahuan tentang mesin dan peralatan, termasuk desain, fungsi, perbaikan, dan perawatan.

Keselamatan dan Keamanan Publik

Pengetahuan tentang peralatan, kebijakan, prosedur, dan strategi yang relevan untuk mendukung operasi razia/patroli yang efektif bagi keamanan lokal, provinsi, dan nasional, serta melindungi orang, data, properti, dan institusi.

Transportasi

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk memindahkan orang atau barang melalui udara, rel kereta, laut, atau jalan raya, termasuk perkiraan biaya dan manfaat.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Operasi dan Kontrol

Mengontrol perlengkapan dan sistem operasi.

Pemantauan Operasi

Mengamati alat pengukur, tombol penyetel, atau indikator lainnya untuk memastikan mesin bekerja dengan baik.

Kemampuan

  • 1

    Presisi Kontrol - Kemampuan untuk dengan cepat dan secara berulang memastikan kontrol dari mesin dan kendaraan untuk posisi yang tepat.

  • 2

    Penglihatan Jarak Jauh - Kemampuan untuk melihat detil di kejauhan.

  • 3

    Ketangkasan Manual - Kemampuan dengan cepat memindahkan tangan, tangan dan lengan secara bersamaan, atau kedua tangan untuk menggenggam, memanipulasi, dan memasang objek.

  • 4

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 5

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 6

    Orientasi Spasial - Kemampuan untuk mengetahui lokasi anda dalam kaitannya dengan lingkungan atau, untuk mengetahui di mana benda-benda lain dalam kaitannya dengan anda.

  • 7

    Pemahaman Pembicaraan - Kemampuan untuk mengidentifikasi dan memahami pembicaraan orang lain.

  • 8

    Daya Tahan Tubuh - Kemampuan untuk menggunakan seluruh kekuatan fisik tubuh dalam jangka waktu yang panjang tanpa merasa kehabisan napas.

Diskusi terkait profesi Pelaut

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1