Ke halaman sebelumnya
Foto Mbak Misclon
Mbak Misclon
5 tahun yang lalu

Bagaimana cara c mental buat tetap semangat meskipun pernah gagal sbmptn?

kak persiapan mental kan penting nih, gimana kakak persiapan mental buat tetap semangat meskipun pernah gagal sbmptn juga?

2 Jawaban
Anthony Widjaja
Mentor
5 tahun yang lalu

Persiapan mental memang harus dimulai sedini mungkin. Jika kamu sempat gagal SBMPTN dan ingin mencoba kembali tahun depan, maka hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengevaluasi letak kesalahan. Karena “tak ada gading yang tak retak” tentunya kita pasti punya alasan untuk setiap masalah yang kita hadapi. Kebetulan, saya memiliki kesalahan dengan terlalu berharap dan optimis pada SNMPTN, sehingga saya termotivasi untuk memperbaiki kesalahan saya dengan belajar tekun demi menghadapi SBMPTN tahun berikutnya. Boleh dibilang saya ingin “balas dendam” atas kesalahan saya sendiri :D Melalui sikap ingin “balas dendam” inilah saya mengungkapkan keinginan saya kepada orangtua dan meyakinkan diri saya sendiri bahwa saya akan belajar dengan sungguh-sungguh dan bersemangat. Terkadang, hingar bingar dari berbagai pihak yang menanyakan,  “Kamu kuliah dimana?” “Sudah semester berapa?” seringkali membuat semangat kita turun dan jengkel. Namun, tidak usah khawatir. Kembali pada tekad dan mimpi kita masing-masing, apakah kita akan terbawa suasana, atau justru kita bisa mendobrak pintu kelulusan di hadapan mereka. Mengutip quotes, “Action speaks louder than words” saya berharap kamu dapat menyalakan kembali api semangat dan membuktikan kepada mereka bahwa kamu bisa! Semoga membantu ya Regards
Yoga Febrian Pratama 
Mentor
5 tahun yang lalu

Halo, Tidak bisa diipungkiri gagal sbmptn itu membuat saya kena mental breakdown tahun lalu. Tapi, saya segera sadar kalau ga bisa kaya gini terus. Akhirnya saya cari temen dan komunitas yang sama sama berjuang dan menemukan kalau gak cuman saya yang gagal. Kami berakhir saling memotivasi dan kami pun jadi teman dekat. Yang kedua, ingatkan diri kita soal passion kita, soal tujuan kita, mimpi mimpi kita. Percaya deh, mereka bener bener jadi penyemangat nomor satu. Ketika kita inget soal passion kita, kita bakal rela ngapain aja buat mendapatkannya. Itu yang membantu saya untuk bangun dari kegagalan saya dulu dan kembali mengejar saya. Sekaligus menjawab pertanyaan kamu yang lain, untuk masuk UI lewat SBMPTN tentu perlu usaha keras dan skor yang tinggi karena UI salah satu PTN favorit dan kamu ga bisa maju dengan usaha seadanya. Kalau lewat SNMPTN, nilai yang tinggi akan membantu kamu pastinya, tapi apakah memastikan kamu lolos? Tidak juga, karena banyak sekali variabel penilaian yang tidak diketahui oleh khalayak ramai selain panitia SNMPTN sendiri.
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1