Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Rencanamu
2 tahun yang lalu

Wah pertanyaan menarik! Ikhlaskan yang sudah terjadi. Niatkan dalam hati, kamu harus berubah. Cicil sedikit2 pekerjaanmu. Jika malas, ingat saja pengalaman2 yang dulu sebagai motivasi

By : Ayu - Mahasiswa Seni Rupa Telkom University

Baca selengkapnya
0 2008
Rencanamu
2 tahun yang lalu

Haii dik! Semua pekerjaan di bidang kreatif membutuhkan portofolio untuk membuktikan sejauh mana kamu bisa melakukan pekerjaan tersebut. Untuk isinya, sesuai dengan kemampuan dan target yang dituju. Contohnya, jika kamu ingin menjadi fotografer, isinya foto2 kamu, jika kamu ingin menjadi desainer, isi2nya dengan design2 yg sudah kamu buat. Dari beberapa sumber yg aku baca, portofolio hanya di isi dengan karya2 terbaik kamu saja yaa. Semangatt :)

By : Ayu - Mahasiswa Seni Rupa Telkom University



Baca selengkapnya
0 1842
Rencanamu
2 tahun yang lalu

Hai! Aku juga dulu tidur sehari itu cuma 3-5 jam. Ga baik sih. Tapi dulu aku punya mindset bahwa setiap orang punya waktu yang sama sehari, 24 jam. Kalau kita ngegunain waktu kita sama kaya yang lain, apa value added kita ? Tapi cara aku ngimbanginya dengan makan sehat dan olahraga, itu bisa nge recover tubuh kita lebih cepet lho!

By : Yoga - Alumni Jurusan Akuntansi Telkom University

Baca selengkapnya
0 1148
Rencanamu
2 tahun yang lalu

Hai dek! aku pernah di posisi itu, memang kalau kita lg diposisi itu, kita harus lebih cape dan lebih effort. Dan juga jangan nunda kerjaan ya secape apapun kamu. Nanti pasti kamu yang merasakan manfaatnya. Cara bagi waktunya adalah dengan menentukan prioritas kita mau kemanaa.

By : Yoga - Alumni Jurusan Akuntansi Telkom University

Baca selengkapnya
0 690
Rencanamu
2 tahun yang lalu

Menarik nih, dulu ada temen aku yg kaya gini. Cara nya adalah meyakinkan orang tua kamu kalau apa yang kamu lakukan sekarang adalah hal positif yang bermanfaat untuk perkembangan kamu. Dan temen aku jg berhasil meyakinkan orang tuanya, semoga berhasil!

By : Yoga - Alumni Akuntansi Telkom University

Baca selengkapnya
0 500
Diana
2 tahun yang lalu

Kalau kamu mau cari jurnal2 kamu bisa search di google scholar disitu biasanya banyak jurnal2 internasional juga, kalau ebook aku suka dapet dari line square farmasi atau dari dosen dan kating hehe

By : Agustina - Alumni PoltekKes Kemenkes Bandung 

Baca selengkapnya
0 433
Sri Yulyani
3 tahun yang lalu

Halo, Sri!

Di jurusan Teknik Informatika, tugasnya dapat berupa project membuat aplikasi, robot, konfigurasi jaringan atau semacamnya. Ujian tetap seperti biasa, ada yang berupa essay atau pilihan ganda. Selain itu, ada juga praktikum, analisis sistem, presentasi, laporan, dan lain sebagainya tergantung kebijakan dosen dan universitas.

Selengkapnya bisa kamu cek di sini, ya!

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/komputer-teknologi/teknik-informatika

Salam,

Valen.

Baca selengkapnya
0 2015
Muthi ishlah rizky
3 tahun yang lalu

Hai Muthi,

hal yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui pengalaman mahasiswa yang berkuliah di jurusannya adalah menanyakan langsung ke kakak-kakak alumni sekolahmu yang berkuliah di jurusan yang mungkin juga kamu incar. Selain bisa mendapatkan jawaban yang objektif, kamu pun bisa mengulik informasi apapun yang kamu butuhkan terkait jurusan berdasarkan pengalaman pribadi mereka.

Tapi, pasti nggak semua orang punya jejaring alumni yang luas ataupun kenalan yang berkuliah di jurusan incaranmu. Jangan khawatir, kamu bisa eksplorasi review ratusan jurusan kuliah di www.youthmanual.com/cari-jurusan langsung dari mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di Indonesia.

Jangan sampai malas untuk mencari tahu, ya. Sebenarnya, semua informasi yang kamu butuhkan ada di internet, tinggal tergantung kamu yang mau berusaha untuk mencari tahu atau cuma mau nunggu dibantuin (dan nggak tau kapan bakal dibantu) :)

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 475
Sulthan Dimas
3 tahun yang lalu

Hai Sulthan,

anak SMK punya kesempatan yang sama dengan anak SMA/sederajat lainnya dalam mengikuti SNMPTN. Tapi, merujuk ke masalah peluang diterima atau tidaknya, ada banyak faktor yang akan menentukan berupa:

  • rata-rata nilai rapor semester 1-5
  • rekam jejak alumni sekolahmu yang diterima berkuliah di PTN terkait
  • prestasi akademin&non akademik lainnya yang relevan
  • pilihan jurusan kuliah yang serumpun dengan jurusan SMK
  • pertimbangan lain selain hal di atas yang berlaku di masing-masing PTN

Perihal temanmu yang tidak diterima SNMPTN meskipun punya nilai yang tinggi, mungkin saja hal tersebut berdasarkan pertimbangan-pertimbangan lainnya yang berlaku di PTN tersebut (seperti memprioritaskan putra daerah atau lainnya). Makanya, peluang kamu untuk menembus PTN impian lewat SNMPTN tidak bisa diprediksi karena masing-masing PTN tidak pernah memberikan transparansi terhadap sistem penilaian.

Tapi, asal kamu sudah punya cita-cita dan tujuan yang jelas, kesempatan yang bisa kamu ikuti nggak hanya SNMPTN doang, kok. Kalau mau berusaha, ada banyak jalan menuju Roma.

Jangan lupa baca panduan dan serba-serbi kuliah untuk anak SMK di bawah ini agar kamu nggak sampai salah informasi. Cari tahu juga kira-kira jurusan kuliah apa yang paling cocok dengan minan dan kemampuanmu (dan sejalan dengan jurusan SMK-mu) di www.youthmanual.com ya.

https://www.youthmanual.com/post/panduan-masuk-smk/panduan-persiapan-kuliah-untuk-lulusan-smk/apa-yang-harus-dipersiapkan-anak-smk-sebelum-memasuki-dunia-kuliah

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 1103
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1