Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

julia
4 tahun yang lalu

Kamu harus mengetahui segala macam kepentingan yg ada di jurusan mu,, agar memudah kan kamu mempelajari jurusan yg kamu pilih .

Baca selengkapnya
0 1841
Slamet Muhammad Rahmat
4 tahun yang lalu

Halo Slamet! Perkenalkan, namaku Shania. Hmm aku sebenernya belum terlalu lancar public speaking sihh hihi, tapi izinin aku berbagi pengalaman yaa. Berdasarkan pengalamanku, public speaking bisa diperlancar dengan cara-cara yang dekatt banget dengan rutinitas/keseharian kita, yaituu:

1. harus berani!. ini yang harus dipatri dalam diri dari awal. jangan malu-malu, be confidentt;).

2. kapanpun di manapun ketika lagi berinteraksi sama orang (entah ke ke satu orang atau ke banyak orang) tu tatap matanya. Jangan menghindar dari mata-mata orang yang sedang berinteraksi sama kita. Ini ngebantu ngebangun percaya diri sih menurutkuu.

3. ketika berbicara, bicaralah dengan jelas, pastikan suaramu terdengar dengan jelas. pilihan kata, intonasi juga penting, agar apa yang kamu mau sampaikan bisa diterima oleh orang lain sesuai dengan maksudmu.

4. sering-sering liat orang melakukan public speaking, analisis, 'ambil'-lah apa yang bisa kamu ambil (in the positive way).

ohiya, poin 1, 2, dan 3 bisa dipraktekkan langsung ketika kamu presentasi. kan sering tuu di sekolah suka ada tugas presentasi, nah ini bisa jadi kesempatan latihan public speaking :).

Mungkin itu dari akuu. Semoga membantu yaa :)

Baca selengkapnya
0 591
Olga febiana
4 tahun yang lalu

Halo, Olga!

Menurutku, pertama kamu harus pasang mindset bahwa belajar bahasa asing itu bukan sebuah beban atau paksaan. Kalau kamu punya minat dan motivasi yang baik untuk belajar bahasa asing, kamu pasti akan lebih gigih dalam belajar dan bisa dapat banyak manfaat dari kemampuan berbahasamu.

Selain itu, masih ada banyak tips untuk meningkatkan kemampuanmu. Silakan baca artikel-artikel ini dan diterapkan ilmunya. Selamat belajar!

https://www.youthmanual.com/post/sudut-pandang/kenapa-belajar-bahasa-inggris-penting-bagi-pelajar-dan-mahasiswa-zaman-now

https://www.youthmanual.com/index.php/post/fun/did-you-know/manfaat-yang-pasti-kamu-alami-kalau-kamu-jago-bicara-bahasa-asing

https://www.youthmanual.com/index.php/post/life/how-to/5-kesalahan-paling-umum-dalam-belajar-bahasa-asing-yang-bisa-membuat-kamu-demotivasi

https://www.youthmanual.com/index.php/post/life/how-to/13-tips-belajar-dan-menguasai-bahasa-asing

Salam,

Valen.

Dijawab 1 menit yang lalu
Baca selengkapnya
0 569
M Gibran Al Ghani
4 tahun yang lalu

Halo Gibran! Pada dasarnya tidak ada ketentuan untuk jurusan HI mahir bahasa Inggris atau bahasa asing tertentu. Namun, benar bahwa banyak materi perkuliahan atau skill di dalam jurusan ini yang membutuhkan kita belajar dan paham bahasa Inggris. 

Tidak masalah kok kalau memang belajar bahasa inggris sembari masa perkuliahan di jurusan HI. Semangat :)

Baca selengkapnya
0 2024
Hilyatul Muthiah
4 tahun yang lalu

Halo Hilyatul!

Jangan merasa salah jurusan dulu cuma karena soal hitungan, rugi!

Menurutku, kalau kamu memang menyukai ekonomi, kamu harus perjuangkan pendidikan ekonomi yang sudah kamu ambil. Ingat kembali apa alasan kamu menyukai ekonomi. Lagi pula, hitung-hitungan di ekonomi tidak serumit di jurusan teknik kok. Asal kamu fokus dan berusaha, kamu pasti bisa! Jangan minder dulu karena merasa kurang bisa hitung-hitungan ya.

Untuk tups agar asik dalam mengerjakan hitungan, sebenarnya ya kamu harus yakin dulu kalau kamu mampu. Kamu bisa keterima, artinya kamu punya kemampuan! Dan coba fokus pada konteks ilmu ekonominya. Hitungan adalah bagian kecil dari ilmu ekonomi yang kamu suka. Semoga pandanganmu terhadap hitungan jadi berbeda dan tidak merasa beban ya.

Semangat!

Baca selengkapnya
0 958
Ahm Fozzy
4 tahun yang lalu

Hi! Memang benar kalau teknik kimia dan teknik nuklir sangat dominan dengan fisikanya, untuk kimianya relatif sedikit. Jika kamu mau di salah satu jurusan tersebut, kamu harus lebih tekun dan banyak berlatih tentang pelajaran fisika. Pasti bisa kamu, good luck!

Baca selengkapnya
0 873
Cindi Meizoya
4 tahun yang lalu

Hi Cindi! Kata teman-teman aku di jurusan akuntansi, kamu hanya perlu menguasai matematika dasar (aljabar, + : x -, dll). Untuk matematika tingkat atas atau kalkulus, umumnya dipelajari oleh anak-anak FMIPA, FT, ataupun FK. 

Baca selengkapnya
0 1109
Arliany Any
4 tahun yang lalu

Hi Arliany! Dalam jurusan farmasi memang kamu dituntut untuk pandai hitungan, terutama dalam mata kuliah kimia. Pandai berhitung akan membantu kamu untuk mendapat nilai yang tinggi. Jika kamu tidak terlalu jago berhitung, kamu dapat berlatih terus-menerus dan memiliki target agar pandai berhitung. Good luck!

Baca selengkapnya
0 1555
Rinda serly
4 tahun yang lalu

Halo, Rinda!

Kalau kamu jago gambar, bagus dong! Justru itu salah satu modal utama untuk masuk ke jurusan DKV. Di jurusan DKV, pada semester awal, kamu akan banyak belajar dan mengerjakan tugas-tugas menggambar tangan dan prakarya. Belum masuk ranah digital. Nah, nanti di tahun berikutnya baru masuk ke desain menggunakan komputer.

Kalau kamu merasa kesulitan sekarang, nggak masalah kok karena justru nanti belajarnya kan waktu di kuliah. Tapi, nggak ada salahnya kamu mulai belajar desain menggunakan komputer dari sekarang. Kamu bisa mulai belajar dengan melihat tutorial di Youtube misalnya.

Mahal atau nggak itu relatif sih. Tapi memang akan ada bahan-bahan untuk tugas kuliah, beli cat minyak, cat air, dan pewarna lain, kuas, kanvas, dan lainnya. Untuk komputer, kamu perlu memperhatikan spec terutama di VGA dan RAM-nya.

Untuk lebih jelas tentang perkuliahan dan cerita mahasiswa DKV, kamu bisa baca disini ya:

https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/seni/desain-komunikasi-visual

Semoga membantu!

Baca selengkapnya
0 1458
Salsabilaa Zuhdi
4 tahun yang lalu

Halo! Berdasarkan apa yang saya pelajari di teknik kimia, ketertarikan dan kemampuan dalam pelajaran fisika sangat krusial karena banyak mata kuliah di teknik kimia yang terkait dengan fisika, khususnya materi fisika seperti termodinamika, mekanika fluida dan partikel, serta perpindahan kalor.

Jujur saya bukan orang yang paling pintar dalam fisika, namun saat SMA saya tertarik dengan materi fisika seperti yang saya sebutkan di atas. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk masuk jurusan teknik kimia. Selama saya belajar di teknik kimia, tentu materi tersebut terasa berat bagi saya, namun karena dorongan dari dalam diri saya yang kuat untuk ingin belajar, saya akhirnya mampu menguasainya.

Jadi, pertanyaan di atas saya kembalikan ke kamu. Jika kamu merasa sangat tertarik namun kemampuannya tidak 'wah', menurut saya tidak masalah masuk jurusan teknik kimia. Karena inti dari proses pembelajaran adalah bukan untuk menjadi yang terbaik dalam kelasnya, namun adalah seni menikmati pembelajaran itu sendiri dan seni berproses dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu sesuatu. Jika dari awal minat kamu tidak sebesar itu, saya tidak menyarankan untuk masuk jurusan teknik kimia daripada kamu merasa tertekan saat belajar begitu banyak fisika di jurusan ini.

Semoga pengalaman yang saya bagikan di sini cukup untuk menjawab pertanyaan kamu. Semangat ya! :)

Baca selengkapnya
0 1111
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1