GiaWS
8 tahun yang lalu
8 tahun yang lalu
Gimana sih cara mengatur waktu antara perkuliahan dengan kegiatan berorganisasi?
waktu kuliah, gimana sih cara kk mengatur waktu antara perkuliahan dengan kegiatan berorganisasi? salah satunya pernah keteteran gak?
5 Jawaban
Dari pertanyaan pertama kamu saja sudah merefleksikan sebagai anak management banget nih :) Anyway, hal yg bisa saya point out disini adalah Time Management. Saya selalu percaya dan memakai sebuah tool untuk me-manage waktu agar efisien, tool tersebut ialah Prioritas. Sangat setuju dengan kak Iqbal, cara yg ampuh dalam mengatur waktu itu adalah dengan set your priority. Gia dan temen2, saya personally punya sedikit trik untuk nge-set prioritas, dengan membagi menjadi 4 kelompok: - Penting dan Mendesak, e.g. 3 hari lagi ada Midterm yg pelajarannya susah-susah, berarti harus belajar dong. Udah penting, mendesak pula. - Penting namun Tidak Mendesak, e.g. Midterm satu bulan lagi. Kalo ada kerjaan yg mendesak, boleh dikerjain dulu dah ;) - Tidak Penting tapi Mendesak, e.g. film Captain America-Civil War hari sabtu besok udah abis di bioskop. Fyi, saya suka banget nonton film, apalagi di bioskop. Namun ga sebegitu penting kalo dibandingin dengan belajar, beribadah, dll jadi masuk kelompok tidak penting namun mendesak karna sabtu besok udah ga ditayangin lagi nih di bioskop. - Tidak Penting dan Tidak Mendesak, e.g. pergi ke mall tanpa keperluan apa apa dan sedang tidak stress. Tool itu boleh dipake untuk nge-set prioritas. So, sesibuk apapun kamu, tetep bisa well-managed time.
Waktu kuliah pernah banget keteteran seingetku waktu semester 6 nih. Dulu terlalu workaholic sampai bener-bener yang pake jatah bolos itu diatur sampai abis buat kegiatan organisasi diluar haha sebenernya sih kalau cara saya ngatur waktu sama kuliah selalu yang jadi acuan aku adalah maksimal kita tuh harus punya 3 prioritas utama yang dikerjain, maksimal ga boleh lebih. Kamu juga harus ngukur dari 3 kesibukan itu mana yang makan banyak waktu dan banyak impact buat hidup kamu, darisanalah kamu atur jadwal. Saya sih biasanya waktu kuliah semester 1-4 pake tuh buat berorganisasi didalem dan jangan lupa banyak main juga sama temen, baru semester 5 keatas cari kegiatan diluar kampus. Biar koneksinya makin banyak. Cara atur jadwal yang paling saya sering pake sampai sekarang adalah nyusun agenda mingguan saya mau ngapain, sampe jam2nya, tapi ga perlu terlalu ketat banget yang fleksibel aja tapi buat kamu disiplin biar mulai terbiasa sibuk sama banyak kesibukan tapi ga keteteran dan hasilnya sesuai yang kamu mau
<p><span style="color: rgb(38, 38, 38); font-family: -apple-system, BlinkMacSystemFont, "Segoe UI", Roboto, Helvetica, Arial, sans-serif; font-size: 14px;">Halo,semua ini tergantung sama kemampuan diri sendiri, nggak bisa membandingkan dengan orang lain. Ya kita harus mawas diri sebelum daftar organisasi, kalau manajemen waktunya kurang baik sebaiknya daftar 1-2 aja, jangan didaftarin semua hahaha. Tapi rata2 anak FK UI ikut minimal 1 organisasi kok, dan masih bisa maintain belajarnya. Pro tip : jangan nunda kerjaan. Pas kegiatan akademis jangan ngelakuin kegiatan organisasi, pas kegiatan organisasi jangan malah ngerjain pr. Intinya tau waktu aja.</span></p><p><b>By : Devina - Jurusan kedokteran UI</b></p><p><br></p>
<p><span>Hai! Dulu pas aku masih kuliah, yang pertama aku lakuin adalah
tentuin dulu prioritas kamu dan yang kedua adalah buat jadwal kegiatan
kamu. Dulu aku buat jadwalnya pake papan tulis plastik terus aku tempel
dikamar. Nanti dari jadwal itu kamu bisa tau, sudah balance belum
pembagian waktu kamu. Itu tips dari aku, semoga bermanfaat yaa</span></p><p><span><b>By : Yoga - Alumni Jurusan Akuntansi Telkom University</b><br></span><br></p>
<p><span class="">Kalo time management itu butuh pengalaman sih. Aku
sendiri dari awal nggak punya rumus khusus, tapi seiring berjalannya
waktu tbtb nemu sendiri. Lama2 aku tau jam2 efektif buat aku nugas dan
jam2 efektif buat aku ngerjain hal lain, jadi ngatur waktunya
berdasarkan itu aja. Lain halnya kalo tugasnya berkelompok. Itu pasti
kita harus menyesuaikan sama jam temen2 kita, jadi yang harus
dikorbankan kegiatan personal kita yang sifatnya non akademik</span></p><p><span class=""><b>By : Dinni - Alumni Psikologi Universitas Indonesia</b><br></span><br></p>
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©