Ujian Nasional (UN) 2017, Segala Hal yang Perlu Kamu Tahu!

Bagi kelas 12, pasti udah mulai menghitung hari menuju  Ujian Nasional (UN) 2017. Bagi yang lain, sepertinya "kepo-kepo hepi", antara penasaran dengan pelaksanaan UN 2017, dan hepi karena libur sepanjang UN.

Sebelum UN dimulai kamu perlu tahu dulu, nih, informasinya. Seperti, berapa nilai standar kelulusan UN? Trus, gimana nanti kalau ada gangguan teknis di hari-H? Dan lainnya. Simak deh, tanya-jawab mengenai segala hal yang perlu kamu ketahui tentang Ujian Nasional.

Tahun ini UN-nya menggunakan komputer, ya? Kenapa, sih?

Yass! Pelaksanaan UN tahun ini memang dengan komputer, alias Ujian Nasional Berbasis Komputer. Jika di sekolahnya nggak ada fasilitas yang memadai, maka bisa ujian di sekolah lain yang ditunjuk. Apabila tidak bisa dengan UNBK, maka akan dilakukan secara tertulis. Targetnya sih, sebanyak-banyaknya dengan UNBK, atau sekitar 85 persen.

Dengan UNBK diharapkan pelaksanaan ujian akan lebih efektif dan efisien. Nggak perlu lagi mencetak banyak soal dan membuang kertas, ribet membagikan soal ke pelosok tanah air, dan sebagainya. Belum lagi kalau lembarannya dicuri (atau diintip pas lagi mengerjakan dengan dalih minjem rautan a.k.a nyontek #eeaak!).

UNBK diharapkan bisa meminimalisir kecurangan dan pemeriksaan hasil pun lebih mudah dan lebih cepat karena langsung input komputer. Lagian tangan kamu nggak perlu pegel ngebunderin lembar jawaban, kan?

Kalau komputernya lemot/mati/error, Gimana dong, nasib UN saya?

Seandainya mengalami kejadian apes kayak begini, kamu harus tetap tenang. Laporkan saja pada pengawas. Nanti ereka yang akan membereskan.

Jangan khawatir, waktu pengerjaan kamu nggak bakal dipotong, kok, dan jawaban kamu akan tersimpan secara otomatis.

Katanya, tahun ini UN nggak dilaksanakan serentak. Kapan jadwalnya?

Ya, tahun ini SMA dan SMK nggak melaksanakan UN barengan. SMK duluan, yakni 3-6 April, sementara SMA/MA 10-13 April. Pastikan jadwal mata pelajarannya. Jangan sampai tertukar harinya. Misalnya udah pede belajar Bahasa Inggris, tapi ternyata yang diujikan di hari tersebut Matematika. Waduh!

jadwal un smk

Yang ini jadwal untuk kamu-kamu yang SMA/MA

jadwal ujian SMK

Catat juga jadwal ujian susulannya ya.

Ngaruh nggak sih, mata pelajaran pilihan di UN dengan jurusan yang diambil saat kuliah?

"Nggak, tuh! Intinya UN ingin mengukur kemampuan kamu yang terbaik. Selanjutnya kamu bebas menentukan pilihan jurusan kuliah."

Batas nilai untuk lulus UN berapa? Ada ujian perbaikan?

Ujian nasional nggak menentukan kelulusan. UN digunakan pemerintah untuk melihat sejauh mana pencapaian pelajar. Jadi, nggak ada batas nilai untuk kelulusan.

Tahun ini juga nggak ada jadwal khusus untuk mengulang ujian alias Ujian Nasional Perbaikan. Namun yang nilainya di bawah 55 boleh mendaftar untuk melakukan perbaikan, dan ujian barengan dengan yang susulan.

Di UN ada soal esai nggak sih?

Nggak kok, soalnya pilihan ganda, yang dibuat oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud. Trus, untuk menjaga kerahasiaan soal dan mencegah kecobocoran, Kemendikbud bekerja sama dengan Lembaga Sandi Negara. Lagian ngapain banget nyari bocoran? Ingat yang penting jujur, bos!

Apakah pelaksanaan dan tatacara Ujian Nasional tahun depan (UN 2018) akan seperti tahun ini?

Dari yang Youthmanual amati, tiap tahun ada semacam evaluasi pelaksanaan UN. Jika ada yang dianggap kurang efektif, ada kemungkinan diubah. Misalnya, soal Ujian Nasional Perbaikan (UNP). Tahun 2016, ada jadwal khusus untuk UNP. Namun dari banyak pelajar yang mendaftar hanya 10 persen saja yang benar-benar datang di hari H. Belajar dari pengalaman tersebut, tahun ini nggak ada UNP.

Jadi, kemungkinan perubahan tetap ada.

Bocoran sedikit dong mengenai soal-soal UN 2017?

Soal UN diambil dari kurikulum 2016 dan 2013. Kamu bisa kok, lihat "bocoran" kisi-kisi UN 2017 di sini. Good luck, ya!

(sumber gambar: Kemendikbud)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 10 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1