21st Century Skills, Kemampuan yang Penting Dimiliki Anak Muda Agar Sukses

Kemampuan tiap orang tentu berbeda-beda. Namun, ada beberapa beberapa kemampuan yang penting untuk diasah dan dimiliki oleh tiap orang. Nah, kemampuan yang perlu dikuasai di zaman sekarang, biar kamu bisa sukses di masa depan adalah 21st century skills. Kemampuan ini nggak kalah penting dibandingkan kemampuan teknis dan akademis, lho.

Apa itu 21st century skills?

Menurut psikolog Youthmanual Shanti Nurfianti Andin M.Psi 21st Century Skills adalah serangkaian soft skills yang diperlukan anak muda untuk belajar, berkarya, dan dan bekerja di zaman sekarang.  Soalnya, soft skill yang dibutuhkan dulu dan sekarang beda, gaes. Yup, tiap zaman memiliki tantangannya masing-masing.

Nah, kumpulan kemampuan abad 21 alias 21st century skills memang disesuaikan dengan challenge zaman sekarang, seperti "tsunami" informasi alias info yang banyak banget (dan belum tentu semua benar/tepat), kemajuan teknologi yang semakin cepat, digitalisasi di mana-mana, berkembangnya ekonomi kreatif, globalisasi, dan lainnya. Jadi, skill abad 21 sangat dibutuhkan untuk menjawab tantangan khas abad 21 tersebut. Tsah!

Apa saja 21st Century Skills?

Nggak ada rumusan baku mengenai penjabaran kemampuannya. Berbagai institusi dan organisasi bisa memiliki istilah dan daftar kemampuan abad 21 yang beragam, walaupun intinya nggak jauh berbeda. Yang jelas 21st Century Skills merupakan sederetan soft skill yang relevan dengan keadaan sekarang. Contohnya adalah:

1. Kemampuan membaca dan menulis dengan efektif

2. Kemampuan berhitung

3. Literasi digital

4. Kepemimpinan

5. Kemampuan beradaptasi

6. Kemampuan bekerja saama

7. Kemampuan berkomunikasi

8. Inisiatif

9. Keingintahuan

10. Keinginan untuk terus belajar

11. Critical thinking

12. Kreativitas

Penting nggak, sih? Apa nggak cukup dengan kemampuan teknis yang mumpuni dan IPK mentereng?

Nah, rangkaian soft skills a la abad 21 inilah yang dicari perusahaan. Nggak cukup sekadar hard skills dan nilai akademis, gaes. Makanya, banyak pengangguran terdidik. Banyak dari mereka yang  dinilai nggak bisa memenuhi kualifikasi perusahaan. Trus, dalam berbisnis ataupun kuliah, 21st century skills juga diperlukan.

Contohnya, jikakamu nggak memiliki critical thinking atau pemikiran yang kritis, sangat mungkin kamu akan terjebak dengan informasi yang sesat. Nah, biar sukses berkarya, bekerja, dan belajar, kamu harus memiliki kemampuan untuk berpikir kritis serta soft skills lainnya.

Kemampuannya berdasarkan bakat atau bisa diasah?

Apakah ada orang yang berbakat memimpin dan ada juga yang “bakat” jadi followers sehingga nggak punya skill leadership? Trus, gimana dengan kemampuan 21st century skills lainnya, apakah bisa dimiliki setiap orang atau bakat-bakatan?

Menurut Shanti M.Psi, kemampuan yang esensial di abad 21 tersebut bisa kok diasah. Jadi semua orang bisa memilikinya.

Trus, kapan seseorang mengasah 21st century skills? Apakah ketika kuliah?

Nope. Ternyata kemampauan tersebut bisa dilatih dan dikembangkan sejak kita kecil sampai sekarang. Dan memang harus dikembangkan dan terus diasah. Caranya, antara lain dengan ikutan kegiatan positif kayak ekskul atau kepanitiaan.

Di antara semua soft skills, apa sih yang penting dimiliki?

Dari sekian banyak skill yang ada, kalau menurut psikolog Youthmanual, Shanti M.Psi yang terpenting adalah keinginan untuk terus belajar. “Karena kalau kita mau untuk terus belajar, maka kita akan bisa mengembangkan diri di berbagai aspek,” ungkap kak Shanti.

Setuju?

(sumber gambar: stratford high school)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Tiara Windi | 26 hari yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 26 hari yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Akun Tum | 1 bulan yang lalu

Hi min bagaimana kalau semester 5 ini gua punya maksimal 24 sks dan sks yg dapat ku ambil cuman 23, nah bagaimana itu klau ada mk wajib 1 yg 3 sks nya saya buang dan menggantikan dengan mk pilihan 2 yang 2 sks-2 sks, untuk mempas kan sks 24.. Menurut mimin bagaimana baiknya

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1