21st Century Skills, Kemampuan yang Penting Dimiliki Anak Muda Agar Sukses

Kemampuan tiap orang tentu berbeda-beda. Namun, ada beberapa beberapa kemampuan yang penting untuk diasah dan dimiliki oleh tiap orang. Nah, kemampuan yang perlu dikuasai di zaman sekarang, biar kamu bisa sukses di masa depan adalah 21st century skills. Kemampuan ini nggak kalah penting dibandingkan kemampuan teknis dan akademis, lho.

Apa itu 21st century skills?

Menurut psikolog Youthmanual Shanti Nurfianti Andin M.Psi 21st Century Skills adalah serangkaian soft skills yang diperlukan anak muda untuk belajar, berkarya, dan dan bekerja di zaman sekarang.  Soalnya, soft skill yang dibutuhkan dulu dan sekarang beda, gaes. Yup, tiap zaman memiliki tantangannya masing-masing.

Nah, kumpulan kemampuan abad 21 alias 21st century skills memang disesuaikan dengan challenge zaman sekarang, seperti "tsunami" informasi alias info yang banyak banget (dan belum tentu semua benar/tepat), kemajuan teknologi yang semakin cepat, digitalisasi di mana-mana, berkembangnya ekonomi kreatif, globalisasi, dan lainnya. Jadi, skill abad 21 sangat dibutuhkan untuk menjawab tantangan khas abad 21 tersebut. Tsah!

Apa saja 21st Century Skills?

Nggak ada rumusan baku mengenai penjabaran kemampuannya. Berbagai institusi dan organisasi bisa memiliki istilah dan daftar kemampuan abad 21 yang beragam, walaupun intinya nggak jauh berbeda. Yang jelas 21st Century Skills merupakan sederetan soft skill yang relevan dengan keadaan sekarang. Contohnya adalah:

1. Kemampuan membaca dan menulis dengan efektif

2. Kemampuan berhitung

3. Literasi digital

4. Kepemimpinan

5. Kemampuan beradaptasi

6. Kemampuan bekerja saama

7. Kemampuan berkomunikasi

8. Inisiatif

9. Keingintahuan

10. Keinginan untuk terus belajar

11. Critical thinking

12. Kreativitas

Penting nggak, sih? Apa nggak cukup dengan kemampuan teknis yang mumpuni dan IPK mentereng?

Nah, rangkaian soft skills a la abad 21 inilah yang dicari perusahaan. Nggak cukup sekadar hard skills dan nilai akademis, gaes. Makanya, banyak pengangguran terdidik. Banyak dari mereka yang  dinilai nggak bisa memenuhi kualifikasi perusahaan. Trus, dalam berbisnis ataupun kuliah, 21st century skills juga diperlukan.

Contohnya, jikakamu nggak memiliki critical thinking atau pemikiran yang kritis, sangat mungkin kamu akan terjebak dengan informasi yang sesat. Nah, biar sukses berkarya, bekerja, dan belajar, kamu harus memiliki kemampuan untuk berpikir kritis serta soft skills lainnya.

Kemampuannya berdasarkan bakat atau bisa diasah?

Apakah ada orang yang berbakat memimpin dan ada juga yang “bakat” jadi followers sehingga nggak punya skill leadership? Trus, gimana dengan kemampuan 21st century skills lainnya, apakah bisa dimiliki setiap orang atau bakat-bakatan?

Menurut Shanti M.Psi, kemampuan yang esensial di abad 21 tersebut bisa kok diasah. Jadi semua orang bisa memilikinya.

Trus, kapan seseorang mengasah 21st century skills? Apakah ketika kuliah?

Nope. Ternyata kemampauan tersebut bisa dilatih dan dikembangkan sejak kita kecil sampai sekarang. Dan memang harus dikembangkan dan terus diasah. Caranya, antara lain dengan ikutan kegiatan positif kayak ekskul atau kepanitiaan.

Di antara semua soft skills, apa sih yang penting dimiliki?

Dari sekian banyak skill yang ada, kalau menurut psikolog Youthmanual, Shanti M.Psi yang terpenting adalah keinginan untuk terus belajar. “Karena kalau kita mau untuk terus belajar, maka kita akan bisa mengembangkan diri di berbagai aspek,” ungkap kak Shanti.

Setuju?

(sumber gambar: stratford high school)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1