5 Hal yang Tanpa Kamu Sadari Dapat Mempengaruhi Mood-mu

Mood merupakan suatu hal yang pasti dimiliki oleh setiap orang. Mood itu sendiri bisa juga disebut sebagai suasana hati. Nah, kalau ngomongin mood, pasti kamu sudah biasa dong misalnya seperti kamu merasa semangat, merasa senang, merasa sedih dan kesal? Nah, perasaan-perasaan ini lah yang disebut sebagai mood.

Mood itu sendiri merupakan perasaan atau emosi yang nggak bertahan lama alias temporer. Pada pagi hari, kamu bisa saja merasa sedih dan kesal karena suatu hal namun di siang hari kamu akan merasa senang. Nah, kalau mood-mu sering sekali berubah dalam satu hari, hal tersebut bernama moody.

Sebagian besar dari kita, mood pasti dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Kalau kamu memiliki mood yang baik, pasti kamu akan bekerja dan belajar dengan baik, mau berinteraksi dengan teman-temanmu, nggak gampang marah dan ramah, selalu tersenyum dan sebagainya. Coba bayangkan kalau kamu sedang nggak mood, pasti kamu akan merasa malas belajar atau bekerja, malas berinteraksi banyak-banyak dengan orang lain dan sebagainya.

Selain mood dapat mempengaruhi aktivitasmu, mood itu sendiri sangat dengan mudah terpengaruh oleh hal-hal tertentu yang bahkan nggak kita sadari. Mau tahu apa saja hal yang bisa mempengaruhi dirimu tanpa kamu sadari? Cek dulu, yuk!

1. Cuaca

cuaca dapat mempengaruhi mood

Tanpa kamu sadari, cuaca dapat mempengaruhi mood-mu, lho. Mau cuaca di luar sedang panas atau pun hujan, cuaca tersebut pasti dapat mempengaruhi mood-mu. Misalnya gini, kamu baru pulang kuliah. Saat kamu di kampus, kamu belajar banyak hal dan pelajaran yang kamu ikuti pada hari itu merupakan pelajaran yang sulit. Belum lagi kalau sang dosen menjelaskannya hingga sangat detail sehingga kamu merasa mengantuk dan bosan.

Ketika kamu menyelesaikan mata kuliah tersebut dan kamu ingin pergi ke suatu tempat, ternyata cuaca di luar gedung sangatlah panas terik. Yang tadinya kamu sudah merasa bosan, eh, ketemu cuaca yang super panas, pasti kamu akan merasa kesal dan ngedumel sendiri.

Saya pun tanpa disadari merasakan hal yang sama, lho. Ketika saya berangkat kerja, pada malam harinya saya semangat dan mulai memilih pakaian apa yang akan saya kenakan pada esok harinya. Nah, ternyata, keesokan harinya ternyata hujan deras. Yang tadinya saya semangat untuk berangkat kerja, eh, setelah melihat keluar ternyata cuacanya hujan, akhirnya saya pun merasa kesal karena pastinya akan repot untuk berangkat kerja.

2. Media sosial

Perlu kamu ketahui, nih, gaes, terlalu banyak membuka media sosial pun nggak baik, lho. Dengan keseringan membuka media sosial dapat mempengaruhi mood-mu. Lho? Kenapa bisa begitu? Well, bisa saja, gaes. Misalnya, nih, kamu sedang buka media sosial dan trending topic yang muncul di media sosial adalah suatu hal yang nggak menyenangkan.

Mungkin yang tadinya kamu merasa sedang biasa-biasa saja, eh, karena membaca trending topic yang kurang menyenangkan, akhirnya kamu malah merasa ikut-ikutan kesal atau sedih membaca hal yang sedang sering dibicarakan di media sosial tersebut.

Selain itu, bagi saya media sosial nggak hanya dijadikan alat untuk bertukar kabar, tapi ada juga orang-orang lainnya yang menggunakan media sosial sebagai media untuk memamerkan sesuatu. Nah, kalau kita nggak wise dalam menggunakan media sosial, bisa saja kamu merasa kesal dan jadi nggak mood gara-gara posting-an dari orang lain.

3. Makanan dan minuman yang kamu makan

makanan dan minuman yang dapat mempengaruhi mood

Kamu pasti tahu, dong, ada beberapa makanan dan minuman yang dapat mempengaruhi mood-mu? Salah satunya adalah cokelat. Ketika kamu nggak mood pada hari itu, setelah kamu makan cokelat, pasti kamu akan merasa lebih bahagia dan bersemangat dalam menjalani harimu. Selain cokelat, kamu juga bisa makan buah seperti alpukat. Kamu pun bisa makan makanan kacang-kacangan untuk meningkatkan mood-mu.

Minuman pun dapat meningkatkan mood-mu, misalnya minuman berkafein seperti kopi dan teh. Minuman berkafein ini dapat menstimulasi sistem saraf. Hal ini ternyata dapat membuat aliran darah menuju otak dan ke seluruh tubuh lebih lancar.

Meskipun makanan dan minuman yang disebutkan ini dapat mempengaruhi mood-mu, akan tetapi jangan biasakan memakan atau meminumnya terlalu banyak, ya. Ketika kamu makan dan minum makanan dan minuman yang telah disebutkan di atas terlalu banyak, kamu bisa mendapatkan berbagai efek samping mulai dari nggak bisa tidur sampai ke penyakit tubuh.

4. seberapa banyak tidur berkualitasmu

Kalau kamu keseringan tidur malam untuk menyelesaikan tugas atau kamu memang nggak bisa tidur, kamu harus mengurangi kebiasaan ini, gaes. Pada nyatanya, ketika kamu kekurangan jam tidur yang berkualitas, kamu akan memiliki mood yang cendurung nggak baik.

Misalnya gini, ketika kamu begadang untuk mengerjakan tugas sampai dini hari dan kamu baru tidur di jam dua pagi, keesokan harinya pasti kamu akan merasa ngantuk dan malas sekali berangkat ke sekolah atau kuliah. Selain rasa malas, kamu pun akan merasa kesal karena kamu merasa baru saja tidur dan kamu sudah harus bangun dan bersiap-siap kembali untuk ke sekolah mau pun ke kampus.

Ketika menjalani aktivitasmu, kamu pun akan merasa lemas dan kurang bisa berkonsentrasi dalam mengerjakan semua aktivitasmu. Nah, dengan begitu, akhirnya kamu akan merasa mood-mu kurang baik. Nggak mau kan merasa mood kurang baik seharian?

5. Seberapa banyak kamu bergerak

Kalau kamu kebanyakan diam, biasanya kamu akan merasa bete, lho. Maka dari itu, supaya kamu nggak terus-terusan bete, coba deh bergerak. Bayangkan kalau kamu setiap harinya harus duduk di sekolah, kampus maupun kantor tanpa bergerak, pastinya bikin bete, dong?

Maka dari itu, di luar jam sekolah, kuliah dan kantor, cobalah untuk mencari aktivitas yang dapat membuatmu banyak bergerak seperti ikut futsal, nari Zumba, nge-gym dan sebagainya. Seperti yang kita tahu, olahraga dapat membuat kita menjadi lebih happy karena dengan olahraga dapat meningkatkan hormon kebahagiaanmu.

***

Nah, itu dia hal-hal yang bisa mempengaruhi mood-mu tanpa kamu sadari. Hal-hal tersebut merupakan hal-hal yang sering banget ditemui di kehidupan sehari-hari. Nggak hanya ditemui, namun juga dirasakan oleh semua orang.

Meskipun hal yang dapat mempengaruhi moodmu merupakan hal-hal yang sering banget ditemui, akan tetapi, jangan selalu jadikan hal yang sudah disebutkan di atas sebagai alasanmu untuk moody, yah. Perlu kamu ketahui, ketika kamu memiliki kebiasaan moody, kamu akan capek sendiri, lho.

Kok, bisa? Wah, jelas dong bisa. Coba bayangkan dalam setiap harinya kamu sering kali mengubah suasana hatimu. Dari yang tadinya senang dan produktif dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan, eh tiba-tiba malah kesal dan nggak produktif. Selain itu, jadi orang yang moody-an akan membuat orang lain nggak nyaman dengan dirimu, lho. Maka dari itu, jangan jadi orang yang moody-an, ya, gaes!

(Sumber gambar: sisternet.co.id, irishtimes.com, wired.co.uk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 29 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1