Kamu Pasti Nggak Nyangka Kalau 8 Hal ini Bisa Melemahkan Sistem Imun Kamu!

Apakah belakangan ini kamu sering merasa nggak enak badan dan gampang terkena penyakit? Hati-hati, itu adalah tanda-tanda kalau sistem imun kamu lagi lemah banget.

Selain gara-gara doyan begadang dan pola makan yang nggak teratur, ada banyak hal lain yang bisa melemahkan sistem imun. Bahkan beberapa hal tersebut nggak pernah kamu sangka sebelumnya, seperti...

1. Nggak biasa mandi pakai air dingin

air dingin

Kalau kamu selalu mandi pakai air hangat, coba deh, sekali-sekali mandi pakai air dingin. Soalnya, mandi pakai air dingin ternyata punya banyak manfaat buat kesehatan.

Salah satunya adalah melancarkan sirkulasi darah, sehingga membantu meringankan masalah kulit dan kerja jantung. Ketika air dingin menyentuh kulit kamu, peredaran darah yang melewati pembuluh-pembuluh arteri menjadi lebih lancar sehingga akan menurunkan tekanan darah, melancarkan pembuluh darah yang tersumbat, dan membuat sistem imun menjadi lebih baik.

2. Punya pikiran dan sikap negatif

Sebuah studi dari UCLA menemukan bahwa para orang-orang yang punya pikiran positif lebih jarang terserang stres, sehingga mereka bisa merawat diri mereka sendiri dengan lebih baik, dibandingkan orang-orang yang punya pikiran negatif. Hal ini pun akhirnya membuat sistem imun mereka menjadi lebih baik.

3. Menjadi perokok pasif

Pastinya kamu udah paham bahwa rokok punya seribu satu bahaya untuk tubuh. Nggak cuma buat yang merokok, lho, tetapi juga buat orang-orang yang nggak sengaja menghirup asapnya, alias perokok pasif.

Asap rokok berbahaya bagi kesehatan tubuh, karena sangat efektif dalam menyerang sistem imun tubuh. Asap rokok juga dapat memicu asma dan menyebabkan berbagai infeksi saluran pernafasan.

4. Berkendara motor tanpa mengenakan jaket

berkendara motor

Ketika mengendarai motor, dada kamu diterpa angin kencang secara langsung. Angin tersebut punya dampak yang sangat buruk bagi kesehatan, lho! Kalau kamu nggak mengenakan pelindung tubuh seperti jaket atau pelindung dada khusus, suhu tubuh kamu akan jadi nggak stabil, sehingga sistem imun kamu gampang terserang, terutama di bagian saluran pernafasan.

5. Sering mengonsumsi antibiotik

Antibiotik memang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun, KECUALI kalau konsumsinya terlalu banyak.

Para ahli menemukan bahwa pasien yang sering mengonsumsi antibiotik memiliki level hormon sitokin yang rendah. Hormon sitokin ini berfungsi sebagai “pengantar” sistem imun ke seluruh tubuh. Nah, ketika level hormon sitokin rendah, sistem imun di dalam tubuh kamu bakal terganggu, sehingga virus dan bakteri jadi mudah menyerang sel tubuh.

6. Jarang sarapan

Wahai para mahasiswa dan pelajar sibuk yang jarang sarapan, segeralah ubah kebiasaan kamu ya! Selain untuk menghasilkan energi dan menambah konsentrasi, sarapan sangat berguna untuk memproduksi nutrisi yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh. Kalau nggak sarapan, dijamin sistem imun kamu bakal keok banget.

7. Kurang konsumsi lemak

Sebelum kamu berargumen kalau lemak itu nggak baik untuk tubuh, perlu kamu pahami bahwa ada dua jenis lemak yang terdapat dalam makanan. Yang sebaiknya kamu hindari adalah lemak trans jahat, seperti yang banyak ditemukan dalam junk food. Sedangkan lemak sehat, berupa asam amino, sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Asam amino yang terdapat dalam ikan, alpukat, dan kacang-kacangan ini mengandung banyak zat anti-inflammatory yang membantu melancarkan pembaharuan sistem imun kamu.

8. Jarang berinteraksi dengan orang lain

jarang berinteraksi

Iya, gaes, kamu nggak salah baca. Jadi penyendiri dan jarang berinteraksi dengan orang lain bisa banget menyerang sistem imun kamu.

Soalnya, kalau kamu keseringan menghabiskan waktu sendiri, kamu lebih rentan stres, lho. Ada studi yang membuktikan orang yang sering berkomunikasi dengan orang lain lebih jarang terserang penyakit, dibandingkan orang yang sering mengurung diri dan jarang berinteraksi.

Ketika kamu berinteraksi dengan orangtua, saudara, atau teman-teman, otak kamu melepaskan senyawa anti stres yang membuat sistem imun kamu dapat bekerja dengan baik. The more you make connections, the less likely you are going to get sick.

(sumber gambar: dailyhealthpost.com, media.tenor.co, blogspot.com, giphy.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
vegas4D | 15 hari yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 2 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 2 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 3 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 4 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1